160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

WoW, Ikan “Gabus” Corak Tubuhnya Indah, Harga Channa Red Barito Bisa Tembus Jutaan Rupiah

Jenis Ikan Channa Barca
Channa Red Barito - marulioides.com

MUARA TEWEH, HARIAN-NEWS.com — Sejak beberapa waktu belakangan ikan hias jenis channa maru begitu populer di kalangan penghobi. Ada banyak jenis channa maru yang dipelihara oleh penggemar ikan hias, salah satunya seperti channa maru red barito. Harga red barito di pasaran pun beragam, bisa mencapai jutaan rupiah untuk ikan yang usianya dewasa dan corak tubuhnya indah.

Menurut penelusuran di situs jual-beli online, harga channa red barito asli dari Kalimantan Tengah ukuran 5-6 cm saja dijual Rp130 ribu per ekor. Kemudian channa maru red barito panjang 7-8 cm Rp170 ribu, ukuran 18-20 cm harganya Rp600 ribu, ukuran 30 cm Rp1 juta, red barito 40 cm full bunga Rp2,5 juta, dan red barito red eye bisa mencapai Rp3,75 juta per ekor. Luar biasa sekali bukan?

Menurut salah seorang penghobi ikan hias, Muhammad Arfa Maulana, ikan channa termasuk keluarga ikan gabus yang memiliki mental bagus. Artinya, ikan channa tak terlalu takut pada manusia seperti ikan pada umumnya. Cara memelihara ikan channa juga menurut Arfa tak terlalu sulit, ia hanya perlu memastikan bahwa air di akuarium selalu bersih. Sedangkan untuk pakan ikan channa biasanya ia memberikan makanan berupa cacing atau pelet premium. “Gampang kok dapet pakannya, di toko-toko ikan hias pasti ada. Harganya juga murah,” tutur Arfa, seperti dilansir Kumparan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sedangkan menurut Bambang Kurniawan, salah satu pegawai di toko ikan hias di Sleman mengatakan bahwa ikan channa sebenarnya lebih tepat disebut predator karena termasuk dalam keluarga snakehead. “Bukan (ikan hias), predator itu,” jelas Bambang.

Bambang menambahkan, ikan channa yang paling banyak dicari adalah jenis maru red sampit, red sentarum, dan yellow sentarum. Maru red sampit adalah jenis yang paling mahal, karena untuk ukuran 20-an cm harganya dapat mencapai Rp400 ribu. Sedangkan yang paling murah adalah jenis yellow sentarum, yaitu kisaran Rp150 ribu untuk ukuran yang sama.

Selain ukuran, faktor lain seperti warna, corak, dan mental juga sangat menentukan harga channa maru. Biasanya channa baru mulai terlihat corak warnanya ketika usia memasuki 5 atau 6 bulan. “Biar warnanya keluar PH air harus diperhatikan betul. Maru itu kan dari air gambut, jadi kadar PH-nya yang rendah,” tutupnya.

Jenis Ikan Channa Barca

Bahkan menurut Pak Joko Widodo (67) ikan Channa kini menjadi ikan Sultan yang diburu untuk dikonsumsi oleh para hartawan. Karena harganya ada yang mencapai puluhan juta per ekor.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Iya harga dari jutaan hingga puluhan juta rupiah,” kata Jokowi pada redaksi HN.com melalui tilp. Whatsapp, Jumat, Legi(15/10/2021) .(nur/red)

POSTED BY: DIAN KARTIKA

 

 

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !