160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT


Lama Tak Takbir Keliling, Warga di Jepara Arak-Arakan Patung Raksasa

JEPARA, HARIAN-NEWS.com – Beberapa warga merayakan malam Idul Adha dengan takbiran keliling (takling) tadi malam. Seperti di Desa Troso, Pecangaan, dan Desa Kriyan, Kalinyamatan.

Takbir keliling itu mulai pawai obor hingga patung hewan. Umat muslim di dua desa itu takbir keliling dari musholla atau masjid kemudian kembali ke musholla atau masjid. Juga ada diarak ke lapangan.

Ada lebih dari 28 kelompok perwakilan membawa iring-iringan. Dihiasi lampu berwarna-warni. Ada patung sapi, lobster, naga, monyet, juga tumpeng raksasa, hingga miniatur masjid.

Rata-rata patung berukuran tinggi 1,5 meter. Sementara lebar dua meter. Setiap patung dibawa oleh kelompok masing-masing yang dilombakan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Banyak warga yang melihat takbir keliling. Sehingga ruas jalan di lokasi macet. Yang hadir tidak hanya orang dewasa namun juga anak-anak. Banyak dari mereka didampingi orangtua mereka.

Terpantau, banyak warga berkumpul di Lapangan Troso. Mereka antusias melihat takling yang berada tak jauh di lapangan itu.

Jalan tampak macet mulai dari SPBU Troso hingga jalan menuju rumah kepala Desa Troso. Di Kriyan, Kalinyamatan, Hisyam, koordinator acara mengatakan obor dimaknai sebagai simbol penerangan hati dan jiwa.

”Obor artinya rasa syukur karena telah dipertemukan dengan Idul Adha,” ungkap Hisyam.

750 x 100 AD PLACEMENT

Untuk meminimalisasi kemacetan, pihaknya menutup beberapa titik jalan. Sementara, rute takbiran tak jauh dari Kompleks Masjid Al Makmur Kriyan.

Menurutnya, tahun ini takbiran lebih ramai. Sebab tahun lalu masih pandemi dan pihaknya memilih untuk tidak melaksanakan.

 

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !