160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT


SD Insan Kamil Tuban Borong Juara Lomba Maket Masa Depan Kabupaten Tuban

TUBAN, HARIAN-NEWS.com – Pemerintah Kabupaten Tuban sukses menyelenggarakan lomba maket Kabupaten Tuban masa depan pada Kamis (16/11/2023), sebuah kompetisi yang diikuti oleh para pelajar dari jenjang SD hingga SLTA.

Lomba ini bertujuan untuk merangsang kreativitas dan memberikan wadah bagi para generasi muda untuk berkontribusi dalam membangun masa depan Kabupaten Tuban.

Salah satu sekolah swasta di Tuban, SD Islam Insan Kamil, turut berpartisipasi dengan mengirimkan dua kelompok peserta. Alhasil, kelompok putri meraih Juara Kedua dan kelompok putra meraih Juara Ketiga.

Kelompok pertama dari SD Islam Insan Kamil yang terdiri dari santri kelas 5 SD, berhasil menciptakan maket berjudul “Futuristic City Tuban.”

750 x 100 AD PLACEMENT

Dalam karya mereka, tergambar ide-ide segar dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, lingkungan, sosial, dan infrastruktur.

Konsep ini melibatkan pertanian ramah lingkungan, destinasi pariwisata kelautan inovatif, desain lingkungan yang berkelanjutan, serta infrastruktur transportasi publik modern seperti MRT.

Sementara itu, kelompok kedua dari siswa kelas 5 SD mengusung tema “Modernity Of Tuban.” Mereka menyoroti pentingnya pengelolaan Sumber Daya Alam Tuban dengan merancang konsep pabrik bahan bakar Eco Fuel yang ramah lingkungan.

Gagasan ini menjawab tantangan terhadap sumber daya alam yang terbatas dan menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, desain lingkungan, sanitasi, dan ruang hijau juga menjadi fokus dalam maket mereka.

750 x 100 AD PLACEMENT

Pada pengumuman pemenang yang dilakukan pada Kamis (16/11/2023), SMAN 1 Kabupaten Tuban berhasil meraih Juara Pertama, sementara SD Islam Insan Kamil Tuban memborong Juara Kedua dan Juara Ketiga untuk kelompok putri dan putra mereka.

Dalam keterangannya, Kepala Sekolah SD Islam Insan Kamil Tuban, Siti Halimah, menyatakan rasa syukur atas prestasi yang diraih oleh para siswanya.

Ia menyampaikan bahwa partisipasi dalam lomba ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk semakin tekun dalam belajar.

“Ide dan gagasan segar dari siswa SD Islam Insan Kamil Tuban diharapkan mampu memberikan kemajuan besar bagi pertumbuhan dan kemajuan Kabupaten Tuban. Lalu juga memotivasi anak-anak agar semakin tekun belajar,” kata Halimah.

750 x 100 AD PLACEMENT

Ketua Umum Yayasan Bina Insan Kamil Tuban, KH Imam Mawardi Ridlwan, mengungkapkan rasa bangga terhadap kreativitas dan kerja keras santri SD Islam Insan Kamil.

Ia menekankan pentingnya memberi apresiasi pada generasi muda dan berharap ide-ide segar yang dihasilkan dari lomba ini dapat menjadi inspirasi bagi pembangunan Kabupaten Tuban yang lebih baik di masa depan.

“Prestasi yang diraih oleh SD Islam Insan Kamil Tuban dalam lomba maket ini menjadi bukti nyata potensi dan kreativitas anak-anak muda sebagai kontributor penting bagi pembangunan daerah,” pungkas KH Imam Mawardi Ridlwan.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !