Sabtu, 20 April 2024

Evaluasi PKS Bersama Administratur KPH Blitar

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Administratur KPH Blitar Teguh Jati Waluyo hadir langsung pada evaluasi pelaksanaan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Perhutani KPH Blitar, Harmoni Riset Center dan LMDH Argo Teras Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung di kantor HRC di Jalan Ki Hajar Dewantoro Nomor 4, Kelurahan Sembung, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, Kamis ( 23/2/2023).

Dari tuan rumah HRC tampak hadir Ketua Umum HRC DR. Sunjoto, Sekjen Abdul Wahid, Pimpinan Program PKS Komarudin, Humas Imam , Tri Yuwono dan Ketua III Arief Gringsing.

Sementara itu ketua LMDH Agro Teras Yasroni juga hadir, berikutnya dari KPH Blitar turut mendampingi Adm. Teguh Jati, Kasi Kemitraan Deni, Agung Budiono, Asper BKPH Campurdarat Komarudin dan Mantri Supangi.

Rapat evaluasi dan koordinasi pelaksanaan Kerjasama ketiga pihak itu memasuki tahun kedua di kantor HRC dalam suasana penuh kesederhanaan, namun kondisi tersebut tidak membuat Adm. Teguh Jati dan jajaran tak nyaman.

Mengingat kesepakatan pada rapat ketiga pihak di Balai Desa Ngrejo satu tahun lalu, yang dihadiri tim  HRC, Pengurus LMDH Agro Teras, Kades Ngrejo, Mantri dan pesanggem.

survey dan pendeteksi sumber air

Disepakati akan dilakukan Kerjasama yang saling menguntungkan dan melibatkan semua pihak termasuk para pesanggem (pengelola) lahan berupa Rintisan Agro Wisata.

Untuk merintis usaha Agro Wisata, seperti penanaman bibit buah-buahan bersertifikat sebagai wisata edukasi dan pembangunan warung pedesaan yang mengangkat potensi lokal.

Yakni warung makan dengan menu utama lobster dari Pantai Gerangan, Pantai Brumbum dan pantai-pantai di pesisir selatan lainnya.

Namun pada kenyataannya, masih terjadi berbagai kendala di lapangan, karena masih adanya beberapa pesanggem yang kurang koperatif karena merasa lahan yang masuk PKS itu sebagai lahan garapannya.

Belum mau bekerjasama untuk sinergi membangun usaha bersama.

BACA JUGA :  Pengendara Motor di Pantura Tewas Akibat Terlindas Truk

“Lebih mudah saat pengurusannya tapi pada kenyataannya saat pelaksanaan PKS begitu sulit dilaksanakan,” kata Ketua HRC DR. Sunjoto yang akrab disapa dengan Kung Nyoto, sore itu.

Ditambahkan oleh Sekretaris, kami sudah menggagas agro wisata, untuk warung makan, lahan parkir dan MCK untuk saling menguntungkan dalam pengelolaannya, namun masih ada warga yang sulit diajak berkoordinasi.

“Kami berharap ada dukungan langsung dari Perhutani dan jajaran dan LMDH untuk mengajak beberapa warga yang masih sulit diajak koordinasi,” tegas Wahid.

Ditambahkan Pimpel. Komarudin, PKS itu kan Kerjasama antara Perhutaani, LMDH Agro teras dan Harmoni, dalam hal ini Harmoni ingin selalu melibatkan warga untuk mensukseskan Agro Wisata, namun masih ada warga yang sulit diajak Kerjasama.

“Tolong kami dibantu untuk mengajak warga mau bekerjasama dalam PKS berupa rintisan Agro Wisata,” kata Komarudin.

Administratur KPH Blitar Teguh Jati menyampaikan evaluasinya, walaupun disana sini masih banyak kekurangan, tapi saya tetap mengajak agar komitmen dan semangat dari Agro Teras dan Harmoni Riset Center tidak padam mensuksekan PKS ini.

Dan terus memanfaatkan lahan dengan menanami bibit buah-buahan bersertikat, kembali menanami bibit pohon untuk penghijauan di sepanjang tepi Jalur Lintas Selatan (JLS).

“Harus ada penghasilan penghasilan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang untuk warga (pesanggem), dan itu dibutuhkan adanya pemahaman pemikiran melalui peningkatan pendidikan SDM warga,” kata Adm. Teguh Jati.

Selanjutnya, Teguh Jati menyampaikan, seluruh jajarannya selalu siap untuk mensuskseskan PKS berupa Agro Forestri yang  membawa kebaikan untuk warga dan pemanfaatan lahan.

Asper BKPH Campurdarat Komarudin, kami siap bersama Mantri dan Mandor untuk menindaklanjuti arahan Bapak Adm. untuk mensukseskan PKS LMDH Agro Teras dan Harmoni.

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Pantai Balekambang dan Ngliyep Siap Sambut Wisatawan Libur Lebaran

MALANG, HARIAN- NEWS Com – Pantai Balekambang dan Ngliyep, dua ikon wisata di Malang yang dikelola oleh Perumda Jasa Yasa, telah bersiap untuk menyambut...

Puskesmas Ramah Anak Tulungagung Adalah Puskesmas Beji

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Puskesmas Beji, Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan kesehatannya, khususnya bagi anak-anak. Sebagai puskesmas rujukan ramah anak, Puskesmas...

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis TULUNGAGUNG,HARIAN-NEWS.com - Dalam upaya antisipasi penyakit tidak menular, Posyandu Desa Krosok, Kecamatan Sendang, Tulungagung, Jawa Timur mengadakan Pos...

“Transparansi Dana BOS SMPN 1 Rejotangan, Dipertanyakan?”

  TULUNGAGUNG HARIAN - NEWS.com - Peningkatan nominal Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang seharusnya membawa kabar baik, kini justru menimbulkan tanda tanya besar terkait...

Waspada DBD, Kepala Puskesmas Pagerwojo Ajak Warga Beraksi

  TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com- Menghadapi ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD), Puskesmas Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur berinisiatif melakukan langkah-langkah pencegahan. Umi Rahayu Ningsih, Kepala Puskesmas Pagerwojo bersama Dokter...

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersama

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersam TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pada hari Jum'at, 29 Maret 2024, SMP Negeri 1 Kauman,...

Hasil Sidak Sekda Sidoarjo Jelang Idul Fitri 1445: Mamin Aman dan Berkualitas

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Dr. Fenny Apridawati, M.Kes., Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan sidak makanan dan minuman pada Rabu, 26 Maret 2024. Sidak...

Puskesmas Beji Bergerak Cepat Hadapi Lonjakan Kasus DBD

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Di tengah musim penghujan, Tulungagung menghadapi tantangan serius dalam mengendalikan penyebaran demam berdarah dengue (DBD). UPT Puskesmas Beji telah mengambil langkah...

SMP Negeri 5 Tulungagung Raih Prestasi di Lomba Poster Tingkat Kabupaten

TULUNGAGUNG , HARIAN-NEWS.com- Dalam sebuah pencapaian yang membanggakan, SMP Negeri 5 Kabupaten Tulungagung berhasil meraih juara kedua dalam lomba poster tingkat SMP se-Kabupaten Tulungagung....

Bupati Rini Ungkap Laporan Paripurna Dewan Saat Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

BLITAR, HARIAN- NEWS.com – Bupati Blitar Rini Syarifah melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar,...

Ketua Dewan Suwito Saren Menghimbau Masyarakat Kabupaten Blitar Waspadai Cuaca Ekstrem

BLITAR, HARIAN - NEWS .com – Cuaca ekstrim saat ini yang melanda Kabupaten Blitar dan sekitarnya harus diwaspadai.Hal ini diungkapkan, Ketua DPRD Kabupaten Blitar,...

Takmir Masjid Salsabila : Iman dan Taqwa Wujudkan Profesionalitas Kerja Karyawan Perumda Tirta Kanjuruhan Malang

KABUPATEN MALANG, HARIAN-NEWS.com - Salah satu bangunan pendukung yang berada di area perkantoran Perumda Tirta Kanjuruhan, adalah adanya Masjid Salsabila yang berdiri disisi selatan...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING