160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

5 Tips Menghemat Uang Di Tengah Musim Buwohan

HARIAN-NEWS.com – Sumbangan pernikahan atau yang biasa disebut buwohan merupakan adat atau tradisi nusantara berupa memberi sumbangan saat hajatan pernikahan.

Buwohan menjadi tradisi yang sudah mandarah daging dan tidak elok bila tidak ditunaikan. Pasalnya bisa memicu omongan yang kurang mengenakkan di lingkungan.

Di tengah gempuran pernikahan seperti sekarang ini, buwohan tidak bisa dihindari. Seringkali, tradisi yang satu ini bisa menimbulkan ketidakseimbangan keuangan.

Satu-satunya jalan yaitu meningkatkan sumber pendapatan. Bila sumber pendapatan tidak bisa diakali, Anda bisa melakukan penghematan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Nah, berikut ini HarianNews telah merangkum 5 tips menghemat uang di tengah gempuran buwohan.

5 tips menghemat uang di tengah gempuran buwohan

Pertama, buat rancangan anggaran. Hal ini penting dilakukan agar tidak merogoh kocek berlebihan dalam suatu pembelian atau kegiatan tertentu. Kunci pentingnya adalah rencana anggaran yang dibuat harus benar-benar ditaati. Pengeluaran jumlah anggaran tertentu tidak boleh melebihi batas yang ditetapkan hingga akhir bulan tersebut.

Kedua, jangan tunda menabung dan berinvestasi. Menabung memiliki banyak manfaat salah satunya untuk keadaan darurat. Selain itu, disiplin menabung sejak dini juga sangat berguna. Misalnya akan ada cukup uang untuk menopang hidup saat sudah pensiun nantinya. Apalagi di era gempuran buwohan saat ini.

Ketiga, milikilah tujuan yang jelas untuk menabung. Karena dengan memiliki tujuan yang jelas akan membuat diri semakin termotivasi untuk menabung. Itu juga akan membuat berpikir dua kali sebelum berbelanja tanpa terencana.

750 x 100 AD PLACEMENT

Keempat, lakukan perbandingan harga sebelum membeli sesuatu. Ketika ingin membeli sesuatu, baik itu makanan, pakaian, obat-obatan atau apa pun, sebisa mungkin bandingkan harga terlebih dahulu sebelum membelinya.

Membandingkan harga memang butuh sedikit kesabaran. Tapi dengan membandingkan harga dan membeli produk dengan harga yang paling murah tentu ini akan membantu menghemat pengeluaran.

Terakhir, pelajari berbagai teknik Do It Yourself (DIY). Dengan mempelajari berbagai teknik DIY, ini dapat menghemat uang untuk kebutuhan lainnya. Misalnya, jika menemukan lubang di baju, Anda dapat menjahitnya sendiri daripada harus pergi ke penjahit.

Sama halnya jika ingin menanam tanaman dan membutuhkan pot, ini bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan kaleng cat bekas. Daripada harus mengeluarkan uang untuk membeli pot tanaman.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berikut 5 tips menghemat uang di tengah gempuran buwohan. Semoga bisa membatu mengatasi permasalahan keuangan Anda di tengah gempuran buwohan. (Amina)

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !