160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Umat Buddha di Lasem Memperingati Hari Raya Maha Puja Asadha

Puluhan warga dari umat Buddha melakukan ibadah dengan khidmat di Vihara Vidyaloka Kebon Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem, pada Minggu (17/7/2022) sore

REMBANG, HARIAN-NEWS.com – Umat Buddha di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah memperingati Hari Raya Suci Maha Puja Asadha, pada Minggu (17/7/2022) sore.

Maha Puja Asadha merupakan salah satu hari suci agama Buddha untuk memperingati pertama kalinya Buddha Gautama mengajarkan Dhamma kepada lima petapa.

Terpantau, puluhan warga dari umat Buddha berkumpul di lokasi Vihara Vidyaloka Kebon Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem pada pukul 15.00 WIB.

Mereka tampak bersiap mengarak sembilan gunungan menuju ke Kompleks Vihara Ratanavana Arama yang lokasinya sejauh 2,5 kilometer dari Vihara Vidyaloka Kebon, namun masih berada di satu desa. Sementara sejumlah gunungan diangkut menggunakan kendaraan pikap.

750 x 100 AD PLACEMENT

Gunungan itu berupa makanan ringan, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Umat Buddha, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlihat antusias mengikuti arak-arakan gunungan.

Dalam arahannya, Bhikkhu Piyadhiro Thera salah satu pemuka agama di Vihara Ratanavana Arama mengatakan, sesampainya di Candi Sudhammo Mahathera di Kompleks Vihara Ratanavana Arama, para umat Buddha diminta secara bersama-sama membacakan paritta.

“Setelah itu mengelilingi candi searah jarum jam, sambil membaca doa-doa. Dan dilanjutkan lagi membaca paritta,” tuturnya.

Hingga pukul 17.38 WIB, pantauan di lokasi, kegiatan ibadah masih berlangsung khidmat dan lancar.

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !