Jumat, 1 Maret 2024

Tips Merencanakan Biaya Pembangunan Rumah yang Ramah di Kantong

HARIAN-NEWS.comSaat ini kebutuhan akan hunian terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Bagi pasangan muda seringkali merasa bingung ketika dihadapkan pada pilihan untuk membeli rumah baru yang sudah jadi atau membangun rumah sendiri. Kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tapi semua dikembalikan pada kebutuhan masing-masing orang akan hunian yang nyaman dan ideal, karena kebutuhan akan hunian antara orang satu dengan lain tentu tidak sama.

Masih bingung antara ingin membeli rumah siap huni atau membangun rumah sendiri ? yuk, simak tips merencanakan biaya pembangunan rumah yang ramah di kantong.

Membangun rumah baru memang tidak mudah karena bagi sebagian orang membangun rumah baru tidak menawarkan kenyamanan yang sama seperti membeli rumah yang sudah ada.

survey dan pendeteksi sumber air

Anda dituntut bukan hanya harus menemukan lahan tapi juga harus mempertimbangkan waktu untuk menemukan arsitek atau pembangun, memilih setiap elemen dari struktur baru, sampai urusan mencari bank yang ideal untuk mengajukan kredit bangun rumah.

Namun, Anda bisa membatasi risiko jika rumah tersebut melebihi anggaran atau memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan dengan bekerja sama dengan pembangun yang memiliki reputasi baik dan memiliki kontrak yang baik.

Bagi sebagian orang pilihan membangun rumah lebih memungkinkan karena bisa menyesuaikan dengan preferensi yang diinginkan.

Berbicara tentang perencanaan pembiayaan pembangunan rumah tidak terlepas dari banyak faktor, salah satunya adalah metode pembiayaan yang akan digunakan.

Metode pembiayaan pembangunan rumah bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan pembayaran cash atau kredit.

Jika Anda merasa uang tabungan Anda belum mencukupi untuk melakukan pembayaran dengan metode cash, tidak ada salahnya mencoba metode pembayaran kredit bangun rumah.

Apa itu kredit bangun rumah ? mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang kredit bangun rumah.

Kredit bangun rumah adalah pinjaman dana untuk membangun rumah, hampir sama dengan produk kredit pemilikan rumah atau KPR.

Perbedaannya terletak pada tujuannya. Kredit bangun rumah dipakai khusus untuk membangun rumah, sedangkan KPR untuk membeli rumah.

Pinjaman ini diberikan kepada perorangan untuk keperluan pembangunan rumah atau membangun kembali rumah dari awal setelah rumah dirobohkan.

Atau juga pembiayaan pembelian lahan dan pembangunan rumah tinggal atau tempat usaha dengan agunan sertifikat dari rumah atau tanah yang akan dibangun.

Bagaimana cara mengajukan kredit bangun rumah ? caranya cukup sederhana yaitu :

  • Memiliki pendapatan bulanan senilai Rp 3 juta
  • Batas usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat pelunasan
  • Pengajuan bisa dilakukan oleh Anda yang berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA)
  • Kredit ini ditujukan bagi karyawan, wiraswasta, pengusaha/profesional
  • Khusus untuk karyawan, slip gaji tiga bulan terakhir harus terlampir
  • Untuk pengusaha disyaratkan laporan keuangan usaha.

Meski setiap bank memiliki syarat berbeda dalam menyediakan kedit bangun rumah, satu syarat yang sudah pasti sama adalah tanah yang akan dibangun adalah milik sendiri.

BACA JUGA :  Bupati Tulungagung Launching Program Desa Berdaya

Kepemilikan tanah ini harus dibuktikan dengan dokumen legal berupa sertifikat tanah dan dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, mutase rekening buku tabungan dan surat nikah.

Setelah persyaratan dipenuhi, tahap selanjutnya adalah proses pengajuan kredit bangun rumah. Prosesnya dimulai dari menyiapkan rancangan anggaran biaya (RAB), penyusunan rencana keuangan ini dilakukan sedetail mungkin agar dapat menghindari diri dari bencana renovasi. Rancangan anggaran yang buruk menyebabkan proses pembangunan akan berhenti di tengah jalan dan merusak wajah rumah.

Tips Merencanakan Biaya Pembangunan Rumah yang Ramah di Kantong

Setelah estimasi diperoleh, Anda bisa menentukan apakah pekerjaan akan dilakukan dengan sistem borongan atau harian.

Langkah selanjutnya adalah mengurus administrasi pengajuan kredit bangun rumah, setelah semua syarat terpenuhi semua dokumen yang dibutuhkan dikumpulkan dalam satu berkas untuk diajukan pada pihak bank.

Jangan lupa mengisi formulir permohonan kredit bangun rumah dan membawa persyaratan lengkap.

Setelah permohonan masuk, bank akan mengirim petugas untuk mengecek ke lokasi. Bank akan mewawancarai Anda dan melakukan penilaian apakah permohonan diterima atau ditolak.

Umumnya pihak bank akan mengabulkan 70 persen dari dana yang diajukan, tunggu 1-2 minggu bank akan mengabarkan hasil penilaian.

Jika permohonan dierima Anda akan diminta datang ke notaris yang ditunjuk untuk menandatangani perjanjian kredit. Setelah penandatanganan, dana kredit akan ditransfer ke rekening secara bertahap kemudian  bank akan mengawasi pembangunan rumah sampai selesai.

Jika Anda masih bingung bagaimana tips merencanakan biaya pembangunan rumah baru, tidak ada salahnya menggunakan jasa kontraktor PT Revelindo Build Eco.

Tips Merencanakan Biaya Pembangunan Rumah yang Ramah di Kantong

Revelindo Build Eco adalah perusahaan perorangan yang bergerak dalam bidang jasa kontraktor bangunan, perawatan, pemeliharaan, instalasi dan pengadaan solarheat.

Seperti yang kita ketahui banyak orang yang ingin membangun rumah mengalami kesulitan mengelola banyak hal terkait pembangunan rumah karena minimnya pengetahuan tentang pembangunan rumah dan kurang baiknya manajemen yang digunakan sehingga membuat over budget atau melebihi RAB.

PT Revelindo bisa menjadi solusi atas permasalahan perencanaan pembangun rumah Anda untuk jasa membangun dan merenovasi.

PT Revelindo Build Eco sudah memiliki patokan harga pembangunan. Harga jasa borong bangunan dengan spesifikasi tertentu diputuskan berdasarkan meter persegi bangunan.

Harga tersebut bervariasi, tergantung bagaimana desain dan spesifikasi material yang diharapkan dari calon klien.

PT Revelindo Build Eco mempunyai misi untuk membangun hunian, perkantoran maupun area pendidikan dan bisnis yang nyaman, ramah lingkungan dengan harga ekonomis namun berkualitas.

Beberapa project  yang telah atau sedang dikerjakan PT Revelindo Build Eco antara lain Singgasana Hotel & Resort, The Sultan Hotel, Yava Bali, East Bali Cashew, Ismaya Group, The People’s Cafe, Gandaria City, ICBC, Sribu Rasa, Umah Tropik, Sugar Company Group, Mabes TNI, East Indo Fair Trading.

Jika Anda tertarik menggunakan jasa PT Revelindo Build Eco bisa langsung menghubungi kontak email: admin@revelindo.com atau 081807126681.

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Progres Pembangunan Spam Kaligoro Untuk Melayani Masyarakat di Dua Kecamatan

Malang, harian-news.com - Tujuan utama pembangunan spam kaligoro, adalah untuk menangani daerah rawan air khususnya di kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pembangunan SPAM Kaligoro...

Jalur Rajekwesi Kalipare – Donomulyo Malang Longsor, Pemkab Malang Berrgerak Cepat.

Malang, Harian-news.com - Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Malang mengakibatkan terjadinya longsor di beberapa tempat, yang salah satunya di Rajekwesi Desa Tumpakrejo...

Rapat Pleno Rekapitulasi Sementara Pemilu Kabupaten Tulungagung Berjalan Mulus

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ditingkat Kabupaten di Hotel Lojikka Tulungagung pada...

Pameran Kreatif SMK Negeri 1 Buduran: Sembagi Arutala Fashion 2024

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com – Siswa-siswi SMK Negeri 1 Buduran kelas XIII tahun 2024 menggelar pameran bertajuk Sembagi Arutala SK1B Fashion Weekend pada (25/2/2024) malam di...

Siswa SMP Negeri 1 Ngunut , Tulungagung Sukses di G-Olimpiade Nasional 2024

TULUNGAGUNG, Harian- NEWS.com - Sebanyak 37 Siswa SMP N 1 Ngunut mengikuti kegiatan Ratu G-Olympiad yang diadakan pada hari Minggu tanggal 4 Februari 2024...

Didukung Kementerian PAN RB, Inovasi Kopi Pahit Siap Diaplikasikan Keseluruh Puskesmas Sidoarjo

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo. Mereka ingin melihat sejauh mana instansi pemerintah...

Khotaman Kitab Dan Ijazahan Bersama Guru Besar Ilmu Hadits Universitas Al Azhar Mesir

Tulungagung, harian-news.com - Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung pada Ahad (25/02/2024) akan menghadirkan guru besar Universitas Al Azhar Mesir yaitu Prof. Dr. Muhammad Ibrahim...

7.384 Personil Gabungan Dikerahkan untuk Mengamankan Pemilu di Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno, turut serta dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Tahap Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 pada Selasa (13/2/2024)...

Lantik Plh. Sekda Tulungagung, Heru Suseno: Proses Sudah Sesuai Ketentuan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno, melantik Tri Hariadi sebagai Plh. Sekda Kabupaten Tulungagung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, pada Senin (12/2/2024)...

Pj Bupati Tulungagung Tinjau Pendistribusian Logistik Pemilu di 3 Kecamatan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno meninjau persiapan pendistribusian logistik Pemilu di 3 kecamatan pada Senin (12/2/2024), sekitar pukul 09.30 WIB. Kunjungan ini...

Mempersiapkan Diri Beribadah Di Bulan Damai

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah usai pencoblosan. Dalam proses penghitungan akan memasuki Bulan Romadhon. Bulan yang penuh keistimewaan. Yaitu bulan damai. Tokoh agama...

Pemilu Wujudkan Persatuan Bangsa Indonesia

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah dilakukan tahap pencoblosan dan hari ini sudah penghitungan data secara real count. Semakin hari paska pemilu semakin panas...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING