160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Tembakau Rembang Borong 2 Penghargaan di Soropadan Agro Festival

REMBANG, HARIAN-NEWS.com – Tembakau milik petani Rembang, meraih dua penghargaan di Soropadan Agro Festival, yang digelar pada 24 hingga 26 Oktober 2022. Yakni, menjadi juara I lomba cita rasa tembakau kategori lembutan sawah dan juara III di kategorian tegal.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto menyampaikan, raihan juara produk tembakau itu menunjukkan jika tembakau Kabupaten Rembang memiliki ciri khas dan cita rasa yang baik. Maka dari itu, tidak salah jika tembakau menjadi salah satu komoditas unggulan dan akan terus dikembangkan.

“Saya berharap, penghargaan Soropadan Agro Festival ini menjadi momentum, menjadi penyemangat petani tembakau kita, yang mana tahun ini menghadapi cuaca ekstrem. cuaca tahun ini sangat mempengaruhi hasil panen tembakau kita. Semoga hasil tahun depan melimpah dan bisa menutupi kerugian tahun ini,” tulisnya saat dihubungi, Rabu (26/10/2022).

Agus menambahkan, tembakau di Desa Pinggan dan Kecamatan Bulu memang memiliki kualitas. Pasti, ke depan akan semakin membuka peluang pasar, untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dihubungi secara terpisah, petani tembakau Desa Pinggan yang menjadi juara Soropadan Agro Festival, Wawan Edi Susanto, menuturkan tembakau hasil untuk kategori lembutan sawah dan tegalan memang terbilang baik. Menurutnya, tembakau yang diikutkan lomba kemungkinan mendapat grade S1 atau Ssp, masuk kategori terbaik.

“S1 itu berdasarkan tembakau yang mewakili semua penilaian penilaian, dari sisi warna, aroma, dan keserasian. Kalau Ssp di atas S1,” tandasnya.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !