Sabtu, 18 Mei 2024

Gubernur Jatim Lepas Santri Penerima Beasiswa ke Al Azhar Mesir

SURABAYA, HARIAN-NEWS.com – Sebanyak 30 orang santri terbaik dan berprestasi utusan dari Pondok Pesantren yang ada di Jawa Timur, dilepas oleh Gubernur Jawa Timur Dr (HC) Hj. Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Jumat (10/11/2023).

Para santri terbaik tersebut adalah penerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk Studi ke Universitas Al-Azhar Kairo Angkatan ke-3 tahun 2023.

Gubernur Khofifah dalam sambutan pengarahannya menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

“Karena tujuan utama mencari ilmu, maka pesan saya carilah ilmu sehingga alim, kalau sudah berilmu dan alim amalkan ilmu yang didapat untuk mengabdi memajukan pesantren dan memberikan pencerahan ke masyarakat”, demikian harapnya.

Lebih lanjut Khofifah menyampaikan, bahwa di Mesir banyak orang alim dan banyak waliyullah, carilah ilmu kepada mereka dan carilah keberkahan selama di Mesir.

survey dan pendeteksi sumber air

“Salah satu contoh orang alim dan waqila seorang wali, beliau adalah dokter yang doktor dan guru besar, sekaligus mursyid 6 tarikat, rumahnya lantai 5, di lantai dasar adalah masjid, tempat beliau mengajar dan riyadhah. Beliau dikenal sebagai sosok yg memiliki ketinggian spuritual dan intelektual. Beliau seorang dosen yg istiqamah mengajar dan istiqamah riyadhah. Saya berharap kalian bisa belajar kepada beliau dan tentu orang-orang alim seperti beliau di sana,”ujarnya.

Sebelumnya, para santri ini telah mengikuti 3 tahapan seleksi. Mereka berhasil menyisihkan ratusan pendaftar dari pesantren-pesantren di Jawa Timur dalam seleksi yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Pesantren dan Diniyah (LPPD) Jawa Timur.

Sebuah Lembaga yang dibentuk oleh Gubernur untuk memfasilitasi pelaksanaan program beasiswa peningkatan kualitas SDM Pesantren, diantaranya memastikan kelayakan calon penerima beasiswa.

Selain seleksi administrasi, calon penerima beasiswa harus mengikuti test membaca kitab kuning dan mensyarahinya. Selain itu, peserta harus lulus test potensi akademik dan wawasan kebangsaan.

Tahap selanjutnya, mereka harus berhasil melewati ujian CBT Bahasa Arab dan Muhadatsah  (conversation) dengan penguji langsung dari Markaz Syeikh Zayed (MSZ), Lembaga Bahasa Universitas Al-Azhar Kairo.

BACA JUGA :  Kejari Kepanjen Tangani Kasus Dugaan Pemotongan Dana BPNT di Desa Selorejo

Dan sebanyak 30 besar yang lolos melewati beberapa tahapan ujian ini kemudian diwajibkan mengikuti matrikulasi Bahasa di Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) di Jakarta selama 5 bulan.

Ketua LPPD Provinsi Jawa Timur, Prof. Dr. KH. Abd. Halim Soebahar, MA., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang memberikan dukungan dan perhatian pada penguatan pesantren melalui program-program peningkatan kualitas SDM Pesantren. Khususnya kepada Gubernur Khofifah yang bersedia turun langsung untuk mengawal program ini.

“Banyak perubahan policy baik dari Mesir maupun Kementrian Agama yang tidak mungkin kami selesaikan sendiri, kecuali atas bantuan langsung dari Ibu Gubernur yang mengawal secara langsung program Beasiswa Al-Azhar ini”, demikian Prof. Halim menyampaikan apresiasinya, dalam rilis LPPD Jatim.

Lebih lanjut Prof. Halim juga menjelaskan, bahwa Program ini merupakan legasi Ibu Gubernur. Sejak awal masa kepemimpinannya Ibu Gubernur terus meningkatkan kuantitas dan kualitas program beasiswa bagi pengembangan kualitas SDM pesantren.

Seperti diketahui, sebelumnya program beasiswa Pemprov Jatim hanya diberikan untuk Program S1 PTKI bagi para guru Diniyah. Kini, selain bagi Guru Madin, beasiswa juga menjangkau para hafidh-hafidhah untuk melanjutkan studinya di S2 PTKI. Selain itu, bagi dosen PTKI Pesantren dan Ma’had Aly juga diberikan kesempatan beasiswa untuk Program Doktor (S3).

Selain itu, Gubernur juga memberikan beasiswa untuk Ma’had Aly, Perguruan Tinggi Khas Pesantren, baik untuk jenjang S1 (Marhalah Ula) maupun S2 (Marhalah Tsaniyah). Sejak 3 tahun terakhir, Gubernur juga manambahkan jenis beasiswa baru untuk diakses para santri pondok pesantren, yakni beasiswa untuk melanjutkan studi ke Universitas Al-Azhar Kairo.

Acara diakhiri sesi foto bersama 30 orang mahasiswa penerima beasiswa dengan Ibu Gubernur, Pengurus LPPD dan para pejabat Pemprov.

Selanjutnya, 30 mahasiswa diberi kesempatan untuk pulang ke kampung halamannya dan akan diberangkatkan ke Kairo melalui Bandar Udara Soekarno-Hatta pada 16 November 2023 yang akan dating. (*)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Giat Pelayanan KB Gratis Implan dan IUD di Puskesmas Pagerwojo Sukses

Giat Pelayanan KB Gratis Implan dan IUD di Puskesmas Pagerwojo Sukses TULUNGAGUNG HARIAN- NEWS.com - Pada hari Selasa, tanggal 14 Mei 2024, Puskesmas Pagerwojo, Tulungagung,...

Milad ke-31 Pesantren Al Azhaar, Dihadiri Pj. Bupati Wujud Sinergi Dakwah dan Pendidikan

TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com - Pesantren Al Azhaar Tulungagung, Jawa Timur, merayakan Milad ke-31 dengan penuh syukur dan kehangatan Acara tasyakuran yang diadakan pada hari Jumat,...

Demontrasi Damai, Jurnalis Malang Raya Bersatu Menolak RUU Penyiaran

  MALANG, HARIAN-NEWS.com - Dalam sebuah demonstrasi damai yang berlangsung di depan gedung DPRD dan Balaikota Malang, para jurnalis dari Malang Raya menyatakan penolakan mereka...

Konsultasi Publik Persiapan Lahan Pembangunan SPAM Diyeng

Malang, Harian-news.com -  Setelah pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kaligoro yang bertujuan untuk mengatasi kekeringan air di wilayah Malang Selatan khususnya untuk wilayah...

Mengukir Masa Depan Lingkungan: Pelantikan SAKA Kalpataru Sidoarjo 2024

SIDOARJO, HARIAN- NEWS.com - Dalam rangka memperkuat edukasi dan aksi lingkungan di kalangan pemuda, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo menggelar acara Orientasi...

Kapolres Tulungagung Berangkat Haji, Doa dan Harapan Sekretaris IPHI Jatim

AKBP Teuku Arsya Khadafi, S.H., S.I.K., M.Si.,   TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com Sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Timur, KH. Imam Mawardi Ridlwan, menyampaikan doa khusus...

Seleksi Kompetensi BLUD RSUD dr. Iskak, Wujud Transparansi dan Kesempatan bagi Calon Pegawai

TULUNGAGUNG , HARIAN- NEWS.com - Pemerintah Kabupaten Tulungagung berkomitmen pada Pelayanan Kesehatan Berkualitas, ada 1.173 Peserta Ikuti Seleksi PTT RSUD dr. Iskak Dalam upaya meningkatkan...

Upaya Pengendalian Inflasi 2024, Pj. Bupati Ikuti Rakor Strategis Tulungagung Secara Daring

TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com - Pada hari Senin, 13 Mei 2024, sebuah Rapat Koordinasi (Rakor) penting telah dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pengendalian inflasi di...

Mbah Rahmat dan Al Azhaar Bersinergi, Buka Peluang Pendidikan PAUD dan TK Tahfidz di Ngadiluwih

KEDIRI, HARIAN- NEWS.com - Dalam langkah yang menginspirasi, Mbah H. Rahmat dari Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur mengundang Pengasuh Pesantren Al Azhaar Tulungagung, Abah Imam...

Perda Kota Layak Anak Disahkan, Pemkot Malang Tingkatkan Perlindungan Hak Anak

MALANG, HARIAN-NEWS.com - Dalam upaya serius meningkatkan perlindungan hak-hak anak, DPRD Kota Malang telah mengesahkan Perda Kota Layak Anak. Sidang paripurna pada Selasa (14/5/2024) menjadi...

Perayaan Milad ke-31 Pesantren Al Azhaar Tulungagung, Sebuah Refleksi Perjalanan dan Komitmen Khidmat Berjama’ah

TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com - Pesantren Al Azhaar Tulungagung merayakan miladnya yang ke-31 dengan gelar “Al Azhaar Bersholawat”, bersama Habib Sayyidi Baraqbah dari Yogyakarta. Acara ini...

MA Sains BIK Tuban, Oasis Ilmu Pengetahuan yang Membudayakan Prestasi

TUBAN, HARIAN- NEWS.com - Di bawah naungan Kemenag Kabupaten Tuban, sebuah semai pendidikan bernama MA Sains Bina Insan Kamil (BIK) Tuban telah tumbuh, berakar...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING