160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

DINKES Tulungagung Jadikan Perawat dan Bidan UjungTombak Pelayanan Kesehatan

DINKES Tulungagung Jadikan Perawat dan Bidan UjungTombak Pelayanan Kesehatan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Bertempat di Gedung Pertemuan “Sabha Husada Bakti” Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, pada Selasa (14/02) dilaksanakan Pertemuan Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Desa yang menghadirkan Perawat dan Bidan di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung.

Pertemuan sedianya akan dilaksanakan selama 5 hari yaitu tanggal 14, 15, 16, 22 Februari 2023 dan 3 Maret 2023. Pertemuan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tulungagung, dr. Kasil Rokhmad, MMRS didampingi oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat.

Dalam sambutannya, Kadinkes menyampaikan bahwa perawat dan bidan adalah ujung tombak pelayanan kesehatan di tingkat desa yang menjalankan seluruh kebijakan pelayanan di bidang kesehatan.

Pelayanan di bidang Kesehatan ditunjang pula dengan sarana Kesehatan yang tersedia di tingkat desa seperti Puskesmas. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2022 bahwa jumlah puskesmas di Kabupaten Tulungagung sejumlah 34 unit dan puskesmas pembantu sebanyak 76 unit.

750 x 100 AD PLACEMENT

Adapun jumlah tenaga Kesehatan seperti perawat dan bidan di Kabupaten Tulungagung berdasarkan sumber Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung pada Tahun 2022 yaitu, perawat sebanyak 2181 dan bidan sebanyak 1030.

Diharapkan perawat dan bidan desa dituntut lebih meningkatkan promotif dan preventif dalam menjaga status kesehatan masyarakat yang ada di Desa.

Perlu diketahui bahwa Dinas Kesehatan sudah memfasilitasi perawat dan bidan dengan aplikasi homevisit untuk menunjang tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan yang ada di desa. Dimana tugas dan tanggung jawab perawat Kesehatan dan bidan yaitu melaksanakan pelayanan pengobatan jalan, membantu dokter dalam melaksanakan kegiatan puskesmas.

Dimana dengan aplikasi tersebut, status kesehatan masyarakat yang ada di desa bisa lebih terpantau. Dalam pertemuan ini perawat dan bidan akan diberikan materi dan pembekalan agar lebih memantapkan pemahaman dan kemampuan serta kompetensinya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !