160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Dinkes Tulungagung Himbau Masyarakat Waspada Chikungunya

dinkes tulungagung himbau masyarakat

Tulungagung, HARIAN-NEWS.comMerebaknya chikungunya di Tulungagung mengalami kenaikan selama musim penghujan, masyarakat dihimbau waspada.

Himbauan ini disampaikan lewat Kepala dinas kesehatan Dr. Kasil Rokhmad, MMRS melalui kasi bidang P2.

“Total kasus di bulan Januari 2023 sekitar 21 kasus, terjadi di Kecamatan Ngunut, pada bulan Februari total 22 kasus terjadi di Ketanon Kecamatan Kedungwaru dan Kromasan Kecamatan Ngunut, bulan Maret terjadi di Kecamatan Kauman Desa Kauman dan Kecamatan Ngunut  total 37 kasus, bulan April total 42 tejadi di Kecamatan Kauman dan Kecamatan Ngunut, bulan Mei total kasus 15 terjadi di Kecamatan Kauman wilayah Puskesmas Balerejo dan bulan Juni masih di kecamatan Kauman wilayah Puskesmas Balerejo”.

“Gejala-gejala yang ditimbulkan seperti nyeri sendi,nyeri otot,sakit kepala,bintik-bintik merah,demam,dan bengkak.Penyebab penularan cikumunya melalui gigitan nyamuk aides aidepti.”

750 x 100 AD PLACEMENT

Diharapkan masyarakat dapat melaksanakan pencegahan melalui PSM (Pemberantasan Sarang Nyamuk) secara berkala tiap bulan sekali atau dua minggu sekali untuk menekan kemungkinan terjadi merebaknya penularan cukimunya di lingkungan sekitar kita, ujar Dwi Roufudiyah.

3M juga sangat ampuh untuk menekan angka penularan. Seperti “Menguras” merupakan kegiatan membersihkan/menguras tempat yang sering menjadi penampungan air seperti bak mandi, kendi, toren air, drum dan tempat penampungan air lainnya. “Menutup” merupakan kegiatan menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi maupun drum, “Memanfaatkan” kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang).

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !