160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Dibalik BLT-DD Slamparejo, Senyum Bahagia Dari Yang Tua Renta

ADZAN Ashar baru saja berkumandang, saat kegiatan seremonial penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) digelar di Balai Desa Slamparejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, Rabu (20/5/2020).

“Alhamdulillah, bisa untuk jaga-jaga kebutuhan rumah,” ungkap Ngatiani lirih, di antara suara Adzan Ashar yang masih terdengar mengalun mengisi senja menghantarkan sang mentari menuju peraduannya.

Perempuan yang sudah berusia 60 tahun yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh memelihara sapi tersebut, tak bisa menutupi senyum bahagiannya saat antri di barisan nomer 5 nunggu waktu dipanggil untuk pengambilan uang BLT senilai Rp 600 ribu oleh panitia desa.

Warga Dusun Busung, Desa Slamparejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang tersebut, menjadi salah satu penerima BLT-DD dari kepala keluarga di Desa Slamparejo. BLT-DD ini disalurkan kepada rumah tangga miskin yang terdampak langsung akibat wabah virus Corona, COVID-19.

750 x 100 AD PLACEMENT

Acara pembagian BLT di Desa Slamparejo sesuai dengan yang ada di undangan pukul 09.00 WIB. Namun sejak pagi, sebelum jam bergerak ke pukul 09.00 wib masyarakat penerima sudah memadati balai desa. Sebagai imbauan dari pemerintah untuk melakukan protokol kesehatan, maka para penerima BLT DD duduk tidak berdekatan atau jaga jarak dan memakai masker. Pihak desa dan panitia juga menyediakan handsanitizer untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Di tempat terpisah Kades Slamparejo, Wahyudi menyampaikan penerima BLT-DD sudah didata secara valid oleh pemerintah desa bersama RT-RW. Ia juga berharap yang tidak mendapatkan BLT-DD agar tidak perlu iri. Karena masing-masing sudah mendapatkan jatah dana bantuan lain. “Baik bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah daerah berupa dana bantuan lain,” paparnya.

Dirinya juga menyatakan bahwa sebelum dilakukan pembagian, para petugas mengkroscek ulang penerima BLT-DD. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan data yang sudah masuk ke pemerintah desa. “Dari data yang ada terdapat 149 KK dan ada tambahan 3 lagi yang berhak menerima BLT-DD tahap pertama karena terdampak Covid-19,” paparnya.

“Masing-masing penerima mendapat BLT-DD sebesar Rp 600 ribu. Ini tahap pertama,” tambah Wahyudi seraya menambahkan acara ini juga dihadiri seluruh Pemdes Slamparejo juga Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPD untuk memantau langsung pembagian kali ini. [her]

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !