160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Stop Baca Buku Bajakan! Ini 4 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Pas Banget Buat Kamu

HARIAN-NEWS.com – Suka baca buku? Ingin menambah daftar bacaan, tapi dilema karena isi dompet menjerit? Tenang, HarianNews akan merangkumkan 4 aplikasi baca buku gratis khusus untuk Anda.

Harga buku di Indonesia memang bisa dibilang sedikit pricey, apalagi untuk anak muda seperti kita yang masih numpang makan sama orang tua. Keterbatasan budget membuat banyak orang memilih jalan pintas dengan membeli buku bajakan, atau lebih parahnya download ebook gratisan disitus ilegal.

Daripada kamu melakukan kedua hal diatas yang pastinya merugikan penulis dan penerbit buku, lebih baik kamu cepet-cepet download 4 Aplikasi baca buku recommended ini yang pastinya terjamin kelegalannya.

4 Aplikasi Baca Buku Gratis dari Pemerintah

  1.  Ijakarta

Aplikasi Baca Buku iJakarta

750 x 100 AD PLACEMENT

Aplikasi Ijakarta merupakan perpustakaan digital pertama di Indonesia loh. Aplikasi ini dikembangkan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta yang bekerjasama dengan PT. Woolu Aksara Maya dan launching pada 13 Oktober 2015 silam, bertepatan dengan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba).

Meskipun nama aplikasinya Ijakarta, tapi kamu tenang saja, aplikasi ini bisa banget diakses oleh selain warga Jakarta.

Ijakarta membuat kamu bisa mengakses ribuan buku dengan beragam kategori, seperti biografi, sejarah, pengetahuan umum. Bahkan buku-buku populer seperti novel best seller dapat kamu akses dengan mudah hanya melalui gadget-mu.

Hanya dengan bermodalkan kuota, kamu bisa meminjam banyak buku diaplikasi ini secara gratis.

750 x 100 AD PLACEMENT
  1.  Ijogja

Aplikasi Baca Buku iJogja

Sama seperti aplikasi yang pertama, Ijogja ini merupakan aplikasi perpustakaan digital daerah yang dikelola oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY. Buat kamu yang tidak begitu suka dengan peraturan saat diperpustakaan, aplikasi ini solusinya.

Mau baca buku sambil duduk ditemani kopi? atau sambil rebahan? Bisa banget. Hanya dengan menggunakan HP-mu, kamu bisa menjelajahi banyak buku dengan berbagai kategori tanpa harus pergi ke perpustakan, dan yang pastinya semua buku diaplikasi ini bisa diakses secara gratis.

  1.  Ruang Buku Kominfo

Aplikasi Baca Buku Ruang Buku KominfoAplikasi yang ketiga ini baru banget launching pada 21 Maret 2022 loh. Sebelumnya, Kominfo menyediakan e-library dengan nama ‘Ruang Buku’ pada Agustus 2021.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kominfo juga memiliki koleksi ebook yang lumayan banyak dan juga beragam, Dengan adanya aplikasi ini, kamu bisa lebih mudah dalam mengakses buku-buku dengan beragam topik yang disediakan Kominfo, dan tentu saja aplikasi ini gratis dan pastinya legal. Jadi, tidak akan membuat dompetmu menejerit.

  1.  Ipusnas

Aplikasi Baca Buku iPusnas

Aplikasi yang terakhir ini merupakan aplikasi yang bisa dibilang menjadi favorit karena aplikasi ini paling banyak diunduh daripada ketiga aplikasi diatas, yaitu sebanyak 1 juta unduhan.

Ipusnas merupakan perpustakan digital dari Perpustakaan Nasional Indonesia. Aplikasi ini memiliki ribuaan judul ebook dengan berbagai kategori.

Selain itu, diaplikasi ini juga terdapat fitur-fitur media sosial, jadi kamu bisa berkomentar dan memberi ulasan tentang buku yang sudah kamu baca.

Bahkan, kamu bisa mendapatkan teman loh disini. Banyak yang membuat grup komunitas Ipusnas di wahatsapp atau telegram.

Jadi, selain daftar bacaanmu bertambah, temanmu juga akan bertambah. Sama seperti aplikasi-aplikasi diatas, Ipusnas-pun juga diakses secara gratis dan tentunya legal.

Jadi, Jangan ragu untuk download aplikasi baca buku gratis  recommended diatas karena keempat aplikasi tersebut memiliki ukuran penyimpanan yang tidak akan membuat storage HP-mu penuh.

Yuk, hilangkan kebiasaan baca buku bajakan dan ilegal. Buruan download 4 aplikasi baca buku ini yang pastinya legal dan tak akan menguras isi dompetmu karena seratus persen gratis.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !