160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

TNI dan Pemda Bersinergi Pulihkan Ekonomi Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-115 di Desa Gondanggunung, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, kedekatan TNI dan rakyat menjadi modal utama dalam pembangunan guna membantu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Selasa (11/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo, MM, mengucapkan selamat datang kepada jajaran Kodam V/Brawijaya dan Korem 081 Madiun di Kabupaten Tulungagung, atas kehadirannya yang merupakan suatu kehormatan serta memberikan asupan semangat dalam pelaksanaan TMMD.

Program TMMD merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dan masyarakat menjadi satu kekuatan dan pondasi yang luar biasa untuk memajukan desa, mengangkat potensi dan kearifan lokal serta mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat.

“Saat ini Pemerintah fokus melakukan percepatan pemulihan ekonomi untuk bangkit dari economic shock akibat Pandemi Covid-19. Disamping itu penanggulangan kemiskinan kini jauh lebih terjal, tidak akan bisa dengan upaya biasa-biasa saja,” ujar bupati.

750 x 100 AD PLACEMENT

Menurut Maryoto, mengembalikan kondisi kemiskinan ke tingkat pra-pandemi menjadi tugas yang berat dan panjang untuk Tulungagung.

Sementara, tingkat kemiskinan di Kabupaten Tulungagung pada tahun 2021 meningkat dibandingkan tahun 2020. Dari sebesar 7,33 persen menjadi sebesar 7,51 persen yang disebabkan adanya Pandemi Covid-19 dengan mayoritas kantong kemiskinan di wilayah perdesaan.

Disisi lain, dari sisi ekonomi belum sepenuhnya pulih setelah sempat terkontraksi pada angka minus 3,09 persen.

Untuk itu, guna akselerasi pemulihan ekonomi dan penurunan kemiskinan harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip atau pendekatan holistik, integratif, tematik dan spasial.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Saya yakin, dengan sinergi antara TNI dan masyarakat akan menjadi pilar tegaknya NKRI sekaligus menjadi kekuatan yang dahsyat mengatasi berbagai permasalahan diantaranya pemulihan ekonomi dan kemiskinan,” tutur Bupati Maryoto Birowo, saat membuka acara TMMD.

Selain pemulihan ekonomi, saat ini stunting, ketahanan pangan dan penghapusan kemiskinan ekstrim menjadi isu strategis terdepan yang harus ditangkap dengan berbagai program yang terintegrasi baik dari sisi kesehatan, lingkungan, ketahanan pangan maupun infrastruktur dasar.

Oleh karena itu, tema ini juga harus diangkat dalam pelaksanaan TMMD, karena masyarakat dan Pemerintah Desa mengambil peran kunci untuk mewujudkan generasi yang sehat dan berdaya saing dengan zero stunting dan zero kemiskinan ekstrim.

TMMD tahun 2022 kali ini mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”, hal ini sangat relevan dengan situasi.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sejarah telah membuktikan, semangat kebersamaan dan kegotongroyongan merupakan senjata utama penentu keberhasilan pembangunan,

sehingga pelaksanaan TMMD bukan semata kegiatan fisik saja, yakni pembangunan rabat jalan, rehabilitasi rumah tidak layak huni, rehabilitasi Masjid Al-Mustakim, pembangunan jamban keluarga dan MCK.

Selain itu pula, bisa membangunkan semangat dan kemandirian untuk mengelola potensi yang ada serta meningkatkan kesadaran masyarakat melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan.

Dengan sinergi kegiatan fisik dan non fisik diharapkan desa lebih maju, akses fasilitas pelayanan dasar tercukupi, SDM makin berkualitas, punya nilai spiritual tinggi, inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat, sehingga mampu mendorong terwujudnya Tulungagung maju, sejahtera, dan berdaya saing dimulai dari desa.

Bupati Maryoto Birowo berharap semoga kegiatan ini bisa selesai tepat waktu.”Saya yakin keberadaan TMMD akan memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di Desa Gondanggunung terutama meningkatkan akses terhadap sarana pendidikan,kesehatan, perekonomian, dan menghubungkan dua dusun yaitu Dusun Takroto dan Dusun Surjo yang selama ini aksesnya sulit,” ungkapnya.

Kedepan Pemerintah Kabupaten Tulungagung akan terus memberikan dukungan dan komitmen penuh bagi pelaksanaan TMMD, karena kita semua menyadari besarnya manfaat TMMD.

Sebelum TMMD dibuka dan dimulai, Bupati Maryoto Birowo menyampaikan kepada Dandim 0807 Tulungagung, bahwa wilayah Kabupaten Tulungagung memiliki garis pantai yang panjang dan desa didaerah pegunungan dengan pemandangan alam sangat menarik yang akan menjadi magnet kuat wisatawan.

“Saya berharap besar melalui TMMD, kedepan akses jalan ke wisata pantai dan pegunungan dapat terus dibuka, tujuannya agar dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat, selamat membangun serta melanjutkan karya bakti untuk Negeri,” pungkas Bupati Maryoto.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !