160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Pendampingan Koperasi BUEKA Penatar Sewu Tanggulangin oleh UMSIDA

Salah kegiatan anggota operasi BUEKA, Penatar Sewu, Tanggulangin, Sidoarjo

Pendampingan Koperasi BUEKA Penatar Sewu Tanggulangin oleh UMSIDA

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com . Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) melalui Tim Abdimas (Pengabdian Masyarakat) mulai Desember 2020 dan masih terus berjalan sampai Januari 2021  melaksanakan Pendampingan Koperasi BUEKA di Desa Penatarsewu, KecamatanTanggulangin, Kabupaten Sidoarjo yang dilakukan secara offline dan dilanjutkan secara online.

“Koperasi BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah) yang berada di Desa Penatarsewu memiliki modal awal dari dana Hibah Pemerintah sebesar Rp 25.000.000,- pada Tahun 2015. Dan seiring dengan berjalan waktu ternyata pengurus masih kebingungan dalam hal perhitungan keuangan dan manajemen Koperasi sehingga modal yang digulirkan kurang berkembang,” kata Nihlatul Qudus SN, SE.  MM.,Ketua Tim Abdimas Pendampingan Koperasi BUEKA Penatarsewu.

750 x 100 AD PLACEMENT

Disamping itu persaingan di antara banyak lembaga keuangan menyebabkan Pengurus Koperasi harus berupaya keras bagaimana agar anggota lebih loyal kepada Koperasi BUEKA dan bersama-sama mendorong agar lebih maju dan berkembang dibandingkan terhadap lembaga keuangan lainnya.

Disampaikan anggota tim yaitu Puspita Handayani, S.Ag., M.Pd.I., , Tujuan kami dalam Pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Pengurus dalam mengelola Koperasi dan mampu menyajikan laporan keuangan koperasi dengan baik serta menumbuhkan sikap ta’awun dalam diri anggota Koperasi yang dapat mendorong ekonomi perempuan dan gerakan dakwah Aisyiyah berkemajuan di Koperasi BUEKA Penatarsewu lebih berkembang.

Kegiatan pendampingan yang telah dilakukan adalah pendampingan tentang 1) Edukasi Manajemen Koperasi dan Keuangan kepada pengurus koperasi, dimana pengurus dibekali pengetahuan dan pendidikan bagaimana mengelola Koperasi dengan baik dan memberikan pendidikan akuntansi serta cara perhitungan hasil usaha (PHU). 2) Edukasi tentang kesadaran pentingnya prinsip Ta’awun, dimana Pengurus dan anggota diajak untuk bekerja sama dan saling tolong menolong kepada sesama anggota untuk ikut serta dalam memajukan Koperasi.

Sementara itu, anggota tim lainnya Yanik Purwanti, SST., M.Keb. menyampaikan materi 3) Pendampingan pola hidup sehat sehingga pengurus tidak terkena covid-19 dan dapat mengelola Koperasi lebih baik lagi.

750 x 100 AD PLACEMENT

Pendampingan Koperasi BUEKA Penatarsewu yang dilakukan oleh Tim Abdimas UMSIDA ini bertepatan dengan berakhirnya tutup buku tahun 2020 sehingga Pengurus Koperasi harus segera melaporkan semua kegiatan yang dilakukan selama satu tahun dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Dan dengan adanya edukasi manajemen koperasi dan keuangan ini Pengurus dapat  membuat kebijakan koperasi lebih baik serta dapat menyajikan laporan keuangan lebih baik dan akuntabel.

Dalam Pendampingan Koperasi BUEKA di Desa Penatarsewu Kec. Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo tersebut juga dibantu oleh 2 orang mahasiswa UMSIDA yaitu Metha Karina dan Lucky Diyanti sebagai anggota Tim Abdimas. (tim)

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !