160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Dinkes Tulungagung Siagakan Petugas Kesehatan Antisipasi Wabah Covid – 19

 

Bambang Triono, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung

 

Dinkes Tulungagung Siagakan Petugas Kesehatan Antisipasi Wabah Covid – 19

750 x 100 AD PLACEMENT

HARIAN-NEWS.COM (Tulungagung) – Sejak konferensi pers Presiden Jokowi pada Senin, 2 Maret 2020, lalu, menandai kewaspadaan nasional terhadap serangan virus Corona yang dikenal dengan Covid-19.

Mulai mewabahnya virus corona covid 19 di berbagai Negara dan kabupaten Tulungagung termasuk daerah yang mobilitas warganya cukup tinggi, membuat dinas kesehatan kabupaten Tulungagung bergerak cepat.

Bertempat di gedung aula Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, diadakan sosialisasi kesiapsiagaan dalam menghadapi Corona/ Covid – 19.

Acara berlangsung 05 Maret 2020, dengan peserta seluruh kepala puskesmas, tenaga kesehatan termasuk bidan desa yang bertugas di Kabupaten Tulungagung.

750 x 100 AD PLACEMENT

Disampaikan Bambang Triono selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, tujuan acara ini, untuk membekali tenaga kesehatan agar mampu  menjelaskan ke masyarakat untuk waspada covid – 19 dengan tetap tenang  dan tidak panik berlebihan.

“ Diharapkan semua peserta sosialisasi dapat menyakinkan masyarakat bahwa covid 19  dapat dicegah dengan menjaga stamina dan kesehatan.”

Selain itu Bambang berharap para peserta sosialisasi dapat menyakinkan masyarakat agar  tidak melakukan tindakan berlebihan dengan memborong masker ataupun obat tertentu

 

750 x 100 AD PLACEMENT

Sebagai Pedoman kesiapsiagaan menghadapi Covid 19, diharapkan  Seluruh puskesmas berkoordinasi dengan pemerintah desa, bila ada yang baru datang dari luar negeri agar segera diberi pemantauan selama 14 hari sejak tanggal kedatangan, bila ditemukan gejala pneumonia jika diperlukan segera melakukan rujukan ke RSUD dr Iskak Tulungagung  yang memang sudah menyiapkan tim khusus ini.

Diharakan Jika memang ada menemukan gejala pneumonia, agar tidak mengekspos ke media sosial agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

“Untuk  yang menyampaikan informasi ke masyarakat  adalah dinas kesehatan dan RSUD dr. Iskak,” kata Bambang menegaskan.

Dinas kesehatan telah berkoordinasi dengan imigrasi bila memang ada yang pulang dari luar negeri untuk segera menghubungi dinas kesehatan untuk diadakan pemantauan 14 hari kedepan.

Untuk masyarakat yang membutuhkan informasi, diharapkan  menghubungi call center ibu Ana Septi 08123167544, Satriyo 08125992077, Didik Eka 08123136380, sementara ini  mereka siap 24 jam mengedukasi masyarakat yang membutuhkan.

Untuk Tulungagung dijelaskan Bambang belum ada temuan, semua masih negatif dan kemarin memang ada yang meninggal namun bukan karena virus corona. Seandainya ada suspect maka langsung ditangani RSUD dr. Iskak Tulungagung.

“ Semoga saja tidak pernah ada,” ucap Bambang.

“Bila ada tenaga kerja yang pulang harus dilaporkan de dinas kesehatan harus dilaporkan untuk mendapat pemantauan 14 hari ke depan. Semoga thermometer infra red segera terealisasi untuk memperlancar tugas tenaga kesehatan.” (Agp/BD/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !