Sabtu, 20 April 2024

Dan Lanal Babel : Tidak ada Tembakan Saat Penertiban Ponton TI Apung Mitra PT LSM

Danlanal Babel : Tidak ada Tembakan Saat Penertiban Ponton TI Apung Mitra PT LSM

BANGKA BARAT, HARIAN-NEWS.com – – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bangka Belitung (Babel) Kolonel Laut (P) Fajar Hermawan, melalui Danposmat TNI AL Belinyu, Lettu Laut S. Adam Hanafie, menegaskan tidak ada anggota Lanal Babel mengeluarkan tembakan ke udara.

Saat ditugaskan dalam kegiatan penertiban penambangan timah dengan menggunakan  Ponton Isap Produksi (PIP) atau Ponton Ti apung diduga beraktifitas diluar Konsesi IUP PT. Sarana Marindo yang diketahui berafiliasi dalam konsesi IUP PT. Lautan Sarana Mandiri (LSM), Sabtu (20/08/2021).

“Kegiatan kami tersebut (kemarin-red) bukanlan penertiban namun sosialisasi himbauan kepada para penambang agar berkerja di IUP yang memberi SPKnya, dan selain itu tupoksi kami dalam rangka membantu negara bagian dari pengawasan dan mengamankan sumber daya alam (SDA) pasir timah dari praktek penjarahan penambang timah ilegal yang berlindung dalam IUP PT LSM,” kata Adam.

 Dia juga mengungkapkan, padahal sebenarnya banyak kami temukan ponton PIP yang berkerja diluar titik kordinatnya, saat dihubungi oleh jejaring media Pers Babel, Minggu (22/08/2021) sore, sekira pukul 17.41 Wib.

survey dan pendeteksi sumber air

Ditegaskan kembali oleh Danposmat TNI AL Belinyu ini, bahwa saat anggota Lanal Babel ditugaskan dalam kegiatan tersebut tidak ada yang membawa senjata api ataupun jenis senjata  lainnya.

 Justru sebaliknya pihak Lanal Babel menanyakan dan membuktikannya . “ Siapa yang melihat anggota Lanal Babel membawa senjata dan  mengeluarkan tembakan senjata api, sehingga letusannya terdengar dan menakuti para penambang ponton Ti apung yang sedang beraktifitas di IUP PT LSM seperti yang dilansir dalam pemberitaan media online di Bangka Belitung,” katanya dengan dengan nada tanya,

“Perlu kami sampaikan kepada publik, tidak ada dan semua kegiatan kami tidak ada membawa senjata api atau jenis senjata lainnya, kegiatan kemarin hanya berupa sosialisasi agar mereka (ponton Ti apung mitra PT LSM-red) kembali ke dalam IUP secara persuasif, dan bagaimana bisa menyebutkan  terdengar suara letusan tembakan, lah senjata apinya nga dibawa,” ungkapnya.

Ditegaskannya lagi oleh Adam, itu bisa saya buktikan dalam arti untuk membuktikannya semua orang bisa ditanya,  entah panitianya? kan terakhir kita ngobrol dengan panitianya di pospam, mereka bisa lihat  dengan mata kepala mereka sendiri apakah kami membawa senjata saat itu? dan bisa dicek di foto-foto atau video yang beredar di lapangan oleh orang lain.

 

Untuk mengetahui ada tidaknya letusan senjata api yang ditembak oleh anggota Lanal Babel yang sedang melaksanakan tugas atas perintah Danlanal Babel.

Jejaring media Pers Babel berhasil menghubungi Kasrin (50), warga Belinyu  yang sempat disebutkan dalam pemberitaan tersebut sebagai salah satu saksi yang melihat dan mendengarkan adanya letusan senjata api atau apakah ada anggota Lanal Babel yang membawa senjata saat dalam kegiatan sosialisasi penertiban berlangsung.

Justru dirinya membantah, bahkan sama sekali lagi tidak mendengar adanya terdengar suara letusan senjata api saat bertemu dengan anggota Lanal Babel.

“Kalau letusan senjata api, saya tidak ada mendenger, walaupun saat saya jauh dibelakang, saya tidak medenger suara itu,”kata Caplin panggilan lain dari Kasrin yang diketahui sebagai panitia Pospam timah PT LSM, saat dikonfirmasi oleh jejaring media Pers Babel, Minggu (22/08/2021).

Selain itu, jejaring Pers Babel juga berhasil menghubungi warga Belinyu lainnya, Romli hal senada bahwa ia pun tidak mendengar ada  suara letusan senjata api saat anggota Lanal Babel melaksanakan tugasnya saat sosialisasi penertiban padab kemarin Sabtu (20/08/2021).

“Pak kalau seandainya ada letusan senjata api pasti kedengeranlah dari Batu Dinding nih, itu hoax untuk menjelekkan institusi Lanal Babel yang selama ini sangat baik dengan masyarakat Belinyu,”ujar Romli (40).

Diketahui, 8 orang personil TNI AL dari Lanal Babel ditugaskan oleh Danlanal Babel melakukan pengecekan dan sosialisasi  terhadap sejumlah PIP atau Ponton Ti apung yang  diduga beraktifitas diluar konsesi IUP PT.Lautan Sarana Mandiri (LSM) selaku salah satu pemegang IUP yang ada di wilayah laut teluk kelabat dalam yakni Desa Bakik Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat Propinsi Kep. Bangka Belitung, Sabtu (20/08/2021) sekitar pukul 11.00 Wib.

BACA JUGA :  Penaslub PPM Hasilkan Presidium Nasional PPM Periode 2021-2026

Kemudian, seperti yang disampaikannya diatas  tupoksi Lanal Babel, selain itu dasar sosialisasi  penertiban tersebut, Danposmat TNI AL Belinyu, Lettu Laut S. Adam Hanafie mengatakan turun personil Lanal Babel  untuk melakukan pengecekan batas-batas IUP PT.LSM atas perintah dari Danlanal Babel.

Sebelumnya IUP PT LSM berada di tengah Teluk Kelabat Dalam namun sejumlah PIP atau ponton Ti apung mitra kerjanya beraktifitas di pinggir perairan laut desa Bakit, Parittiga.

“Dasar pertamanya adalah perintah dari pimpinan atas, dalam hal ini adalah Komandan Lanal Bangka Belitung untuk mengecek batas-batas wilayah IUP daripada PT.LSM atau Sarana Marindo yang sebelumnya berada ditengah, sedangkan saat ini Ponton-ponton PIP tersebut berada dipinggir atau di wilayah Perairan desa Bakit, Parit tiga, Bangka Barat, sehingga diindikasikan Ponton-ponton Ti apung tersebut beraktifitas diluar dari IUP mereka sendiri,” ungkap Adam.

Setelah dilakukan pengecekan melalui Peta IUP di situs Kementerian ESDM menurut pihak Lanal Babel, konsesi IUP PT.LSM berada dipertengahan Teluk Kelabat, tepatnya di Kabupaten Bangka, sedangkan aktifitas berada di pinggir perairan Teluk Kelabat Dalam yakni di pinggir atau pesisir  perairan laut desa Bakik, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat.

Laporan tersebut disampaikan kepada Danlanal Babel, kemudian Danlanal Babel menugaskan sejumlah anggota Lanal Babel untuk melaksanakan tugas  penertiban dan sosialisasi agar sejumlah Ponton PIP atau ponton Ti apung  tersebut kembali masuk ke dalam IUP PT LSM.

Dengan terungkapnya, banyak ponton Ti apung ilegal menambang pasir timah di luar konsesi IUP PT LSM, disampaikannya  merupakan bentuk penjarahan sumber daya alam yang berlindung dengan SPK (surat perintah kerja) yang pemilik konsesi IUP PT LSM. Dan Danlanal Babel menegaskan kepada pihak PT LSM untuk bisa memperingati dan menindaktegas mitra kerjanya yang melanggar ketentuan dalam SPK.

Selain itu, Danlanal Babel juga meminta Forkompimda Babel untuk mengevaluasi ulang IUPnya sehingga tidak terkesan pembiaran.

Berdasarkan Lampiran SK IUP PT.LSM yg merupakan Afiliasi dari PT.Sarana Marindo dengan Nomor 188.4/415/ESDM/DPMPTSP/2019 Tanggal 28 Juni 2019, Lokasi IUP Tersebut Tertulis berada di Laut Sungai Belinyu, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Propinsi Kep Bangka Belitung. Sedangkan aktifitas PIP yang ditertibkan oleh Tim Patroli TNI AL berada di wilayah perairan Laut Desa Bakit, Parittiga, Kabupaten Bangka Barat.

 

Sementara itu, Bagian Hukum Ditjen Minerba Kementerian ESDM saat dihubungi jejaring media Pers Babel menegaskan, bahwa Kegiatan Penambangan diluar  IUP baik oleh Pemegang IUP atau Pihak lain dapat dikenakan ketentuan pidana Terkait Penambangan tanpa izin sesuai ketentuan pasal 158 UU Nomor 3 Tahun 2020, Sedangkan kegiatan penambangan yang tidak sesuai dengan kaidah teknik pertambangan yang baik dapat diberikan sanksi peringatan tertulis (Teguran) sampai dengan pencabutan IUP.

Sekedar informasi, perairan laut desa Bakik tepatnya di depan sepadan pantai Tanjung Ru merupakan salah satu daerah cadangan pasir timah yang sepenuhnya belum digarap exploitasinya oleh PT Timah  perusahaan tambang negara pemilik konsesi IUP sebelum sebagian  dibebasaskan kepada pemerintah daerah.

 Selain itu menjadi incaran para penambang ilegal maupun perusahaan tambang yang ingin  mengexploitasi pasir timah di daerah tersebut yang masih satu hamparan di perairan laut Teluk Kelabat Dalam perairan laut Belinyu namun dalam administrasi pemerintahan Kabupaten Bangka Barat.

Saat berita ini dirilis, pihak perusahaan PT Lautan Sarana Mandiri (PT LSM) masih dalam upaya untuk dikonfirmasikan oleh jejaring media Pers Babel. (tim)

 

Editor : Salman Ahda Ferdian

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Pantai Balekambang dan Ngliyep Siap Sambut Wisatawan Libur Lebaran

MALANG, HARIAN- NEWS Com – Pantai Balekambang dan Ngliyep, dua ikon wisata di Malang yang dikelola oleh Perumda Jasa Yasa, telah bersiap untuk menyambut...

Puskesmas Ramah Anak Tulungagung Adalah Puskesmas Beji

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Puskesmas Beji, Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan kesehatannya, khususnya bagi anak-anak. Sebagai puskesmas rujukan ramah anak, Puskesmas...

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis TULUNGAGUNG,HARIAN-NEWS.com - Dalam upaya antisipasi penyakit tidak menular, Posyandu Desa Krosok, Kecamatan Sendang, Tulungagung, Jawa Timur mengadakan Pos...

“Transparansi Dana BOS SMPN 1 Rejotangan, Dipertanyakan?”

  TULUNGAGUNG HARIAN - NEWS.com - Peningkatan nominal Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang seharusnya membawa kabar baik, kini justru menimbulkan tanda tanya besar terkait...

Waspada DBD, Kepala Puskesmas Pagerwojo Ajak Warga Beraksi

  TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com- Menghadapi ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD), Puskesmas Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur berinisiatif melakukan langkah-langkah pencegahan. Umi Rahayu Ningsih, Kepala Puskesmas Pagerwojo bersama Dokter...

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersama

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersam TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pada hari Jum'at, 29 Maret 2024, SMP Negeri 1 Kauman,...

Hasil Sidak Sekda Sidoarjo Jelang Idul Fitri 1445: Mamin Aman dan Berkualitas

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Dr. Fenny Apridawati, M.Kes., Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan sidak makanan dan minuman pada Rabu, 26 Maret 2024. Sidak...

Puskesmas Beji Bergerak Cepat Hadapi Lonjakan Kasus DBD

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Di tengah musim penghujan, Tulungagung menghadapi tantangan serius dalam mengendalikan penyebaran demam berdarah dengue (DBD). UPT Puskesmas Beji telah mengambil langkah...

SMP Negeri 5 Tulungagung Raih Prestasi di Lomba Poster Tingkat Kabupaten

TULUNGAGUNG , HARIAN-NEWS.com- Dalam sebuah pencapaian yang membanggakan, SMP Negeri 5 Kabupaten Tulungagung berhasil meraih juara kedua dalam lomba poster tingkat SMP se-Kabupaten Tulungagung....

Bupati Rini Ungkap Laporan Paripurna Dewan Saat Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

BLITAR, HARIAN- NEWS.com – Bupati Blitar Rini Syarifah melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar,...

Ketua Dewan Suwito Saren Menghimbau Masyarakat Kabupaten Blitar Waspadai Cuaca Ekstrem

BLITAR, HARIAN - NEWS .com – Cuaca ekstrim saat ini yang melanda Kabupaten Blitar dan sekitarnya harus diwaspadai.Hal ini diungkapkan, Ketua DPRD Kabupaten Blitar,...

Takmir Masjid Salsabila : Iman dan Taqwa Wujudkan Profesionalitas Kerja Karyawan Perumda Tirta Kanjuruhan Malang

KABUPATEN MALANG, HARIAN-NEWS.com - Salah satu bangunan pendukung yang berada di area perkantoran Perumda Tirta Kanjuruhan, adalah adanya Masjid Salsabila yang berdiri disisi selatan...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING