160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Kurikulum Merdeka di SMPN 2 Gondang Lahirkan Siswa Cerdas dan Berkarakter

pendidikan karakter di SMPN 2 Gondang, Kabupaten Tulungagung melalui sopan santun

 

tim
Tim futsal SMP Negeri 2 Gondang, Kabupaten Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Kemampuan akademik dan kemampuan non akademik serta penguatan karakter menjadi prioritas SMP Negeri 2 Gondang, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Penguatan karakter dengan mengaplikasikan budaya sopan santun di sekolah, kemampuan akademik dengan nilai dan prestasi dan non akademik (ekstrakurikuler) melalui olahraga dan seni budaya tradisional, modern dan religi.

Seni tradisional melalui karawitan dan jaranan sedangkan modern dengan marching Band Gea Swara Snada, Grup Band, serta musik religi Hadrah.

750 x 100 AD PLACEMENT

Untuk olahraga yang menonjol bola voli, bola basket, taekwondo dan futsal.

Selain itu juga untuk membangun kepedulian dan kebersamaan dalam kelompok ada Palang Merah Remaja (PMR) dan Pramuka.

Aplikasi Pendidikan karakter melalui sopan santun bukan hanya dilakukan oleh siswa namun juga bagi para guru dan karyawan di sekolah ini.

Karena orang dewasa bersopan santun kepada orang yang lebih muda maka orang itu sudah melakukan dua hal. Pertama, memberikan pendidikan kepada yang lebih muda, yaitu memberikan contoh keteladanan sikap.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kedua, orang itu mendapat penghargaan dan penghormatan dari yang muda.

Sebaliknya jika orang yang lebih muda bersopan santun kepada yang lebih tua, maka orang tersebut sudah melakukan dua hal.

Pertama, disegani oleh orang yang muda juga sesamanya. Kedua, dihargai oleh yang tua karena kebaikannya.

Jadi jika kita melakukan sopan santun berarti kita telah menghormati dan menghargai diri kita sendiri, karena orang lain tidak mungkin menghormati kita dan menghargai kita apabila kita sendiri tidak menghargai dan menghormatinya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Jadi, budaya sopan santun dapat diartikan suatu cara hidup atau tingkah laku yang baik, hormat dan beradab serta diiringi rasa belas kasihan dan berbudi halus yang tercermin dalam tingkah laku, tutur kata, cara berpakaian dan sebagainya.

Kebiasaan baik itulah yang sedang digagas oleh Kepala Sekolah Fauzi beserta dewan guru.

Saat ini yang sudah diterapkan adalah dengan membiasakan bersalaman dengan bapak dan ibu guru. Dan disarankan juga pada para orangtua di rumah.

Pramuka
Pramuka SMPN 2 Gondang

Khusus untuk Marchingband SMPN 2 Gondang, nampaknya tidak bisa dipandang sebelah mata, bagi warga Gondang utamanya tentunya nama Marching band Gea Swara Snada (GSS) yang merupakan Maching band yang beranggotakan siswa- siswi SMPN 2 Gondang.

GSS berdiri sejak 2016 telah memperoleh berbagai prestasi di tingkat kabupaten bahkan di tingkat provinsi.

Marching Band
Gea Swara Snada Marching Band SMP Negeri 2 Gondang

Keterangan ini disampaikan Kepala sekolah SMN 2 Gondang Fauzi melalui Waka Kesiswaan Budi Riyanto di ruang kerja kepala sekolah.

Kepada media ini Budi menjelaskan, secara rutin GSS tampil di berbagai kegiatan di wilayah Kecamatan Gondang.

“Selain itu GSS juga beberapa kali diundang untuk tampil dalam acara upacara bendera di Gedung Grahadi Surabaya bersama Gubernur “.

Ditambahkannya, kepada guru dilakukan rapat dinas rutin setiap bulan dan lewat MGMPS dilakukan belajar bersama tentang Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilakukan setelah pembelajaran anak di sekolah.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !