160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Dintanpan Rembang Data Sapi dan Kerbau Berbasis Aplikasi, Simak Tujuannya

REMBANG, HARIAN-NEWS.com – Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang tengah melaksanakan kegiatan pendataan dan penandaan hewan ternak.

Melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dintanpan Kabupaten Rembang, Lulu Rofiana menyampaikan pendataan dan penandaan hewan ternak dilakukan untuk hewan ternak terutama sapi dan kerbau.

Ia menjelaskan pendataan dan penandaan hewan sapi dan kerbau dengan eartag secure QR code harus dilakukan setiap peternak yang dapat diakses melalui aplikasi indetik PKH.

Lebih lanjut, aplikasi indetik PKH merupakan salah satu program pemerintah pusat menurut SE Mentan Nomor 10712/SE/PK.300/F/10/2022.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Terkait kegiatan pendataan dan penandaan dengan eartag secure QR code merupakan salah satu program pemerintah pusat berbasis aplikasi,” kata Lulu, Selasa (8/11/2022).

Program aplikasi indetik PKH bertujuan untuk penanganan PMK, serta penandaan eartag. Selain itu untuk mengetahui populasi dan distribusi ternak sapi atau kerbau.

Earteg tersebut memuat identitas peternak, identitas ternak, dan status kesehatan ternak. Selanjutnya dapat mengindetifikasi informasi vaksinasi.

“Apakah sudah divaksin PMK tahap 1 atau 2 atau bahkan belum divaksin, selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui populasi dan distribusi ternak sapi atau kerbau,” terang Lulu.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dirinya berharap dengan adanya penggunaan aplikasi indetik PKH dan monitoring peternak, masyarakat dapat menumbuhkan kesadaran dalam menjaga hewan ternak.

“Semoga dengan adanya sosialisasi dan informasi terutama dari media ini masyarakat semakin sadar dan mendukung program pemerintah,” pungkasnya.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !