160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Dinkes Tulungagung Himbau Warga Berantas Sarang Nyamuk Antisipasi Wabah DB

Muhroji, Kasi P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com — Diawal musim hujan ini, Kepala Dinas Kabupaten Tulungagung melalui Kasi P2PM Muhroji, menghimbau masyarakat melakukan antisipasi agar wabah demam berdarah tidak terjadi.

Dicontohkannya berbagai progam yang biasa dilakukan antara lain pemberantasan sarang nyamuk melalui 3M plus dan pemantauan jentik nyamuk di setiap rumah melalui kader jumantik ( juru pemantau jentik) di setiap rumah.

Masyarakat perlu waspada terhadap adanya demam berdarah,Muhroji menegaskan,“ Dalam bulan ini, masyarakat wajib waspada karena mulai memasuki musim hujan.”

Ditambahkan nya, saat ini memang belum ada peningkatan kasus Demam Berdarah.Untuk itu Kepada masyarakat diharapkan menggiatkan Pemberantasan sarang Nyamuk melalui 3M plus .

750 x 100 AD PLACEMENT

Program pemberantasan sarang nyamuk 3Mplus antara lain  yaitu: 1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain. 2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. 

Selain itu setiap keluarga diwajibkan memiliki kader jumantik. Biasanya kader jumantik ini adalah kepala keluarga.

“Tugasnya memantau jentik nyamuk di rumahmya dan melaporkan kepada puskesmas secara rutin,” kata Muhroji.

750 x 100 AD PLACEMENT

Pencegahan demam berdarah sangat tidak mengkin tanpa peran aktif lingkungan keluarga untuk melaksanakan 3Mplus dan memantau ada atau tidak jentik nyamuk di rumahnya. (ag/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !