160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Cek Kesehatan Calon Jama’ah Haji Tulungagung

– Pemeriksaan Kesehatan calon jama’ah haji Kabupaten Tulungagung mulai 5 April – 15 April 2023

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Pemeriksaan Kesehatan calon jama’ah haji Kabupaten Tulungagung mulai 5 April – 15 April 2023 yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Hal itu disampaikan oleh Didik Eka selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, atasnama Kepala Dinas Kesehatan pada Rabu (5/4/2023).

“Pemeriksaan dilakukan tanggal 5 sampai tanggal 15 bulan ini (April) di puskesmas terdekat dengan tempat tinggal calon jamaa’ah haji,” katanya.

Dari informasi ada calon jama’ah haji sebanyak 1.224 terdiri dari 1.088 lunas tunda, dan 95 prioritas lansia dan 75 jamaah cadangan akan menjalani pemeriksaan untuk berangkat ke tanah suci. Dari pemeriksaan ini didapat berbagai kesimpulan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Disampaikan Didik Eka, hasil pemeriksaan nantinya adalah, apakah bisa berangkat sendiri dan penjalankan ibadah haji sendiri, melaksanakan ibadah haji dengan pendampingan atau tidak bisa berangkat karena keadaan fisik.

” Pemeriksaannya beberapa diantaranya pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang dan vaksinasi Miningitis,” kata Didik Eka.

Ditambahkannya, ada beberapa penyakit yang menghalangi berangkat haji, seperti gagal ginjal stadium 4, sampai cuci darah reguler, penyakit jantung stadium 4.

Terkait dengan pemeriksaan ini, Dinkes sudah bersurat ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung, dan nantinya akan disambungkan ke KBIH untuk dilanjutkan ke jamaah haji yang bersangkutan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Setelah dilakukan pemeriksaan kedua ini adan dilakukan pemeriksaan ke 3 di embarkasi sebelum jamaah berangkat.

Dalam setiap pemeriksaan , baik tahap 1 sampai tahap 3. Bila ada yang tidak lolos maka jamaah haji tidak boleh berangkat, ini penting karena ibadah haji membutuhkan stamina dan fisik yang kuat.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !