160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Siswa SMP Negeri 1 Ngunut , Tulungagung Sukses di G-Olimpiade Nasional 2024

Grand Final Ratu G-Olympiad di gedung SMK N 3 Boyolangu.

TULUNGAGUNG, Harian- NEWS.com – Sebanyak 37 Siswa SMP N 1 Ngunut mengikuti kegiatan Ratu G-Olympiad yang diadakan pada hari Minggu tanggal 4 Februari 2024 lalu. Ratu G-Olympiad ini merupakan suatu ajang Kompetisi untuk menjaring siswa siswi berprestasi dikalangan SMP/ MTs se Kabupaten Tulungagung, yang diadakan oleh sebuah lembaga pendidikan ternama yang berpusat di Yogyakarta, yaitu Genza Education.

Seleksinya meliputi 3 mata pelajaran yang dilombakan,yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) , Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Matematika.

Menurut Slamet Rihadi Kepala SMP N 1 Ngunut mengatakan, sekolah kami mengirimkan 37 siswa untuk mengikuti kompetisi tersebut, yang terdiri dari siswa kelas 7, 8 dan 9. Biaya pendaftaran yang dikeluarkan untuk kegiatan ini dibiayai secara Mandiri oleh masing-masing siswa, dan pihak sekolah membantu mendampingi untuk setiap mata pelajaran yang dilombakan.

Dia menambahkan tahap seleksi Ratu G-Olympiad ini berlangsung sehari pada 4 Februari 2024 yang dilaksanakan di Gedung SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. Dari hasil seleksi tersebut, ada 11 siswa dr SMP Negeri 1 Ngunut yang berhasil masuk peringkat 10 besar di masing-masing mata pelajaran.

750 x 100 AD PLACEMENT
Tulungagung
Kepala SMP Negeri 1 Ngunut, Drs. Slamet Rahadi, M.Pd.

“Alhamdulillah dari 37 Siswa yang mengikuti kempetisi tersebut, ada 11 siswa yang masuk dalam 10 besar di masing-masing mata pelajaran. Di setiap mata pelajaran peringkatnya berbeda beda, bahkan ada 1 siswa yang berhasil menjadi peringkat 1 di mata Pelajaran Ipa, dan peringkat 2 di mata Pelajaran Matematika,” kata Slamet Prihadi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa(27/2/2024).

Dari hasil seleksi tersebut, selanjutnya para siswa siswi berprestasi yang masuk dalam kategori peringkat 10 besar ini berhak lolos ke Babak Grand Final Ratu G-Olympiad yang diadakan pada tanggal 18 Februari 2024 lalu di Gedung SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Acara Grand Final Ratu G-Olympiad juga dihadiri oleh beberapa Pejabat Dinas, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Tulungagung, Rahadi P. Bintara, SE, M.Si, Ketua MKKS SMP Negeri se-Kabupaten Tulungagung Drs. Heni Hendarto, M.Pd, dan turut hadir juga selaku CEO dari Genza Education Adam Prismakara, untuk melihat secara langsung kegiatan tersebut.

Masih kata Slamet Prihadi, bertepatan dengan Grand Final Ratu G-Olympiad, ada 1 siswa dr SMP N 1 Ngunut yang juga ikut berkompetisi di Science Olympiad di acara Dies Natalis SMA N 1 Boyolangu di hari yang sama.

“Kami bersyukur dan bangga dari 11 siswa yang ikut kompetisi tersebut, ada perwakilan dua (2) siswa yg berhasil menyabet juara, Juara ke 1 di Mapel IPS atas nama Zaskia Artamevia dari kelas 9A, dan Juara ke 3 di Mapel Matematika atas nama Muhammad Fadil Restu Riski dari kelas 9B. Kami juga terharu dengan pencapaian prestasi anak didik kami, bagaimana tidak, di hari yang sama, ada 1 siswa kami atas nama Muhammad Fadil Restu Riski yang mengikuti lomba di dua tempat berbeda, Science Olympiad di gedung SMA N 1 Boyolangu, dan Grand Final Ratu G-Olympiad di gedung SMK N 3 Boyolangu. Namun alhamdulillah dua acara tersebut bisa di laksanakan semuanya, dan alhamdulillah nya lagi, untuk Science Olympiad itu, siswa kami juga berhasil masuk dalam peringkat 20 besar,” katanya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Untuk selanjutnya para juara dari Ratu G-Olympiad ini nantinya akan kembali mengadu wawasan akademisnya untuk mewakili Kabupaten Tulungagung di kompetisi Genza Olympiad Nasional yang akan diselenggarakan pada 3 Maret 2024 di Kota Yogyakarta.

Besar harapan Kepala SMP N 1 Ngunut Tulungagung kepada anak didiknya untuk bisa “Berbicara” di kancah Nasional nanti, karena beliau juga sempat mengatakan

Tahun sebelumnya kami juga pernah masuk di Kancah Nasional di bidang Mata Pelajaran IPS, walaupun belum bisa jadi Juara, tapi kami sangat bangga atas pencapaian tereebut. Dan semoga kedepannya bisa menjadi motivasi untuk siswa siswi yang lain agar bisa trus belajar dan jangan cepat puas.

Tidak hanya itu saja, Kepala Sekolah yang ramah ini juga mengatakan, prestasi anak didiknya itu sangat banyak, tidak hanya di bidang Akademis dan Bidang Non Akademis juga ada, diantaranya pernah menjuarai Lomba Drumband di Tingkat Kabupaten pada tahun 2023, dan masih banyak lagi Prestasi-prestasi lainnya..

750 x 100 AD PLACEMENT

Slamet Prihadi, berkata,” Agar kedepannya anak didiknya jangan cepat puas dengan prestasi yang ada sekarang, tetapi harubisa terus melatih diri agar bisa berkompetisi secara baik, bukan hanya lingkup Kabupaten saja, tapi Nasional atau Bahkan di tingkat Internasional.”

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !