160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT


Semangat Belajar SMPN 3 Tulungagung Ditengah Pandemi Covid-19

PJJ
SMPN 3 Tulungagung, Jawa Timur

TULUNGAGUNG, HARIANNEWS.com – Metode geogle classroom adalah salah satu pilihan dimasa pandemi Covid 19, dimana pembelajaran dilakukan dengan daring atau pembelajaran jarak jauh.

Guru menjadi salah satu kunci dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang telah ditetapkan Kemendikbud guna mengantisipasi meluasnya wabah Covid-19. Untuk sementara sekolah mengalihkan pembelajaran berbasis kelas menjadi online learning.

Pembelajaran daring ini tentunya menuntut kompetensi khusus guru sebagai pengampu mata pelajaran yang pastinya memiliki metode berbeda dengan cara mengajar klasikal.

Bagi sebagain guru, PJJ bisa jadi menjadi hal baru dan memerlukan waktu untuk mempelajari beberapa platform yang sesuai dan efektif agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan optimal.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kepala SMPN 3 Tulungagung sempat berpesan kepada semua guru dan staff pengajar untuk selalu menjaga ”  Motivasi…. Selalu semangat utk mengajar… Dg adanya pandemi ini bukan halangan guru utk mengajar…. Pembelajaran tetep jalan…. Guru dan murid semoga tetep sehat…. Jg diri masing2….”. Contoh komunikasi singkat ala daring, lugas singkat padat.

Waka Humas Nurul Hidayati menyampaikan untuk di sekolah ini menggunakan metode google classroom.

” Disatu sisi geogle clasroom lebih enak karena langsung tersimpan di drive.  Guru diberi kebebasan menggunakan berbagai media pembelajaran, kita memudahkan bapak ibu guru dengan mengadakan pelatihan secara bergilir. Karena diantara guru di sekolah ini kan ada yang memahami,” katanya.

Ia menambahkan intinya saling bertukar pengalaman, guru yang sudah bisa memberikan ilmunya tentang metode geogle clasroom ini, sehingga teman guru yang lain dapat lebih memahami media  geogle clasroom.

750 x 100 AD PLACEMENT

Beberapa kendala utama di masa pembelajaran daring adalah kuota dan penuhnya memori di HP android, namun jika menggunakan media geogle clasroom persoalan ini teratasi.

” Kita akan selalu evaluasi untuk mencapai hasil yang terbaik,” tutur Nurul (Bd/red).

 

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !