160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-42 Dekranas

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 tahun, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar bazar di halaman kantor Dekranasda yang beralamat di jalan A. Yani Timur, pada Rabu pagi ini (30/3/2022).

Hadir dalam tasyakuran Dekranasda tersebut, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) serta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menyampaikan, Dekranasda merupakan organisasi yang berfungsi sebagai pembina dan fasilitator bagi IKM di Kabupaten Tulungagung untuk mengembangkan potensi daerah, khususnya di bidang kerajinan.

Bahkan peran itu menuntut Dekranasda lebih inovatif dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat dan mendorong serta mengoptimalkan kerajinan lokal di Kabupaten Tulungagung.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Peran dekranasda sangat penting. Tak hanya sebagai pembina tapi juga fasilitator,” kata Bupati.

Mantan Sekda Pemkab Tulungagung ini menambahkan, sejauh ini perjalanan industri kerajinan di Kabupaten Tulungagung tergolong pesat. Namun menurutnya masih perlu untuk meningkatkan produksi, pengelolaan finansial serta pemasaran secara online.

Maka dari itu, Dekranasda memberikan ruang bagi perajin untuk menampilkan produk – produk unggulan sekaligus memperkenalkan hasil kerajinan daerah ke masyarakat yang lebih luas.

Sehingga penting melakukan sinergi antara OPD dengan Dekranasda, mengingat aspek pembinaan meliputi banyak hal seperti permodalan, teknik produksi, desain, manajemen dan beberapa aspek lain.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Namun demikian, hal ini tidak dapat dilakukan oleh Dekranasda sendiri, untuk itu saya menghimbau OPD terkait agar memberikan dukungan terkait pembinaan bagi IKM di Kabupaten Tulungagung,” terangnya.

Pria nomor satu dilingkup pemkab Tulungagung ini menyebut, sekarang ini kementerian Perindustrian mendorong Pemerintah Daerah untuk menerapkan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) guna mendukung perekonomian di daerah.

Untuk itu, kedepan pihaknya berharap semoga Dekranasda Tulungagung tetap berkarya, memajukan industri kerajinan, memajukan IKM Tulungagung menghasilkan produk yang berkualitas yang mampu bersaing di pasar regional maupun global yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat serta menerapkan program P3DN tersebut.

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat ulang tahun ke 42 Dekranas. Semoga tetap berkarya, memajukan industri dan IKM,” tandasnya. (tok/prokopim)

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !