160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Penyaluran Dana Desa di Bangkalan Tidak Repot Lagi, Kini Ada Aplikasi Keuangan Desa

MADURA, HARIAN-NEWS.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan telah meluncurkan aplikasi Sistem Keuangan Desa Sejahtera (Sikades) beberapa bulan lalu.

Aplikasi ini dibuat guna mengakomodasi saat proses penyaluran Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Bagi Hasil Pajak Daerah (DBHP), dan juga Dana Bagi Hasil Retribusi Daerah (DBHR).

Pasca diluncurkan, aplikasi ini berdampak baik bagi Desa untuk penyaluran DD maupun anggaran yang lain, sebab penyaluran kini sudah berbasis website yang dikembangkan oleh DPMD.

“Aplikasi ini dari awal memang bertujuan untuk memudahkan Pemerintah Desa dalam pengajuan dana dari desa,” kata Kepala DPMD melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Hardiansyah.

750 x 100 AD PLACEMENT

Pihaknya menjelaskan keuntungan dari aplikasi tersebut adalah desa akan mendapatkan notifikasi apabila dana sudah tersalurkan, sehingga perangkat Desa Tidak perlu datang ke Kecamatan atau Kabupaten.

“Mempercepat waktu penyaluran, menghemat biaya karena paperless dan kita dapat memonitoring perkembangan penyaluran secara real-time dan juga dapat memonitoring perkembangan realisasi penggunaan anggaran, dan ada notifikasi juga apabila ada kesalahan berkas kelengkapan,” tambahnya.

Aplikasi ini kata Radit sapaan akrabnya, sudah dilaksanakan oleh Desa pada penyaluran tahap ke II. Ia mengapresiasi besar bagi semua Pemerintah Desa yang sudah mampu menyesuaikan dengan cepat dengan sistem aplikasi penyaluran Bantuan Keuangan Desa tersebut, tuturnya /iroel

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !