160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Mudahkan Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Tulungagung Luncurkan SIKESTA

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung telah berhasil menciptakan program inovatif yang bernama Sistem Informasi Kesehatan atau disingkat SIKESTA. Program ini menjadi daya tarik bagi daerah lain karena kemampuannya dalam memberikan layanan yang efektif dan efisien di bidang kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmat, MMRS, SIKESTA dapat diakses oleh semua pihak, termasuk usaha kesehatan perorangan (UKP) dan usaha kesehatan masyarakat (UKM).

Sistem ini juga dapat terhubung dengan pelayanan di rumah sakit untuk memudahkan proses pendataan, pengawasan, dan penanganan masalah kesehatan.

“Sebelumnya, petugas kesehatan dihadapkan dengan banyaknya laporan dan aplikasi yang merepotkan. Namun, dengan adanya aplikasi SIKESTA, semua laporan bisa digabungkan dalam satu sistem yang lebih efektif dan efisien,” terang dr. Kasil.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dokter Kasil mengatakan bahwa aplikasi SIKESTA memungkinkan pengguna untuk mencari informasi data dengan cukup mengetik satu nama dan alamat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pendataan, pengawasan, dan penanganan masalah kesehatan.

Aplikasi SIKESTA juga dilengkapi dengan berbagai layanan kesehatan seperti Simpusta, UKM, KIA online, Perijinan, SKM, dan PE-Covid.

“Dengan adanya sistem ini, diharapkan akan lebih mempermudah pelayanan kesehatan bagi petugas maupun masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” tutur dr.Kasil.

Sistem SIKESTA telah berhasil menjadi percontohan bagi daerah lain, seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dan bahkan telah dikunjungi oleh Tim IT dari Kementerian Kesehatan. Ini menunjukkan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung telah berhasil menciptakan program inovatif yang berdampak positif bagi masyarakat dan dunia kesehatan secara keseluruhan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !