Sabtu, 20 April 2024

KPU Tulungagung Raih Empat Penghargaan pada Rapim KPU Provinsi Jawa Timur

KPU Tulungagung Terima Empat Penghargaan pada Rapim KPU Provinsi Jawa Timur
Komisioner KPU Tulungagung raih Empat Penghargaan pada Rapim KPU Provinsi Jawa Timur di Surabaya, 3-5 Oktober 2022

HARIAN-NEWS.COM – Pada Penyelenggaraan Rapat Pimpinan KPU Provinsi dengan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur, KPU Tulungagung patut dibanggakan karena meraih empat penghargaan atas capaian kinerjanya.

Rapim yang diselenggarakan di Kota Surabaya itu, berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 3 – 5 Oktober 2022. Yang juga dihadiri oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia August Mellaz.

Kabar membanggakan itu disampaikan langsung oleh Susanah selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung di ruang kerjanya, Jumat (7/10/2022).

“Kami bangga terhadap rekan-rekan atau Tim KPU Tulungagung atas soliditas dan kinerjanya, selain masih muda-muda juga progresif pada kinerjanya, sehingga sebagai Ketua, dirinya lebih berperan memberikan support dan arahan,” katanya.

Susanah juga mengatakan,” Dari 12 katagori yang dilombakan, KPU Tulungagung meraih empat katagori, yakni kesatu Pengelolaan Website terbaik, kedua Pengelolaan Media sosial terbaik 2, ketiga Pengelolaan Pembuatan Laporan dan Dokumentasi Logistik terbaik 3, dan keempat  Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) terbaik 3.”

survey dan pendeteksi sumber air

Dengan penghargaan ini, Susanah menegaskan,  kian memacu kinerja kami dalam memberikan pelayanan terbaik pada pemilih (rakyat) dan peserta (partai politik/calon) terkait Pemilu Serentak Tahun 2024.

Dia juga mengungkapkan materi pembahasan selama mengikuti Rapim KPU Provinsi dan KPU se kabupaten/kota.

“Mulai dari konsolidasi internal, membahas isu-isu strategis serta mempelajari secara seksama tahapan-tahapan pemilu 20224.hingga dipenghujung acara dilakukan penganugerahan penghargaan pada KPU-KPU kabupaten/kota,” katanya.

Sebelumnya usai pembukaan diawali penyampaian materi dari narasumber yang kompeten dibidangnya. Mulai dari A. Warist Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

Dilanjutkan materi Penguatan Kelembagaan dari Pimpinan KPU Provinsi Jawa Timur, Ketua Choirul Anam beserta anggota, diantaranya; Rochani, Insan Qoriawan, Miftahur Rozaq, Nurul Amalia, Mochamad Arbayanto, dan Gogot Cahyo Baskoro.

Selanjutnya juga dilakukan diskusi-diskusi kelas masing-masing Divisi di KPU kabupaten/kota. Rumusannya merupakan rekomendasi untuk menngkatkan pelayanan dan penyelenggaraan tugas KPU terutama dalam mensukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024.

BACA JUGA :  Ketua KPU Tulungagung : Informasi Perubahan Dapil Tidaklah Benar

Dari Komisioner KPU RI August Mellaz menyampaikan, Pemilu Serentak tahun 2024 dapat menjadi titik balik dari peradaban kepemiluan di Indonesia. Apakah masih berada pada tataran transisi demokrasi ataukah telah mencapai titik tumpu dalam penyelenggaran kelembagaan demokrasi.

“ Sejak Pemilu 1999, hingga sekarang ini, Indonesia sudah melaksanakan pemilu sebanyak enam (6) kali pemilu. Tentu saja hal ini menjadi tantangan apakah kita bisa mengemas menjadi pengalaman baik yang dapat dibanggakan dengan percaturan di belahan dunia lain,” katanya.

August Mellaz juga menyampaikan motivasi pada kesempatan tersebut, agar seluruh penyelenggara pemilu berkomitmen untuk lebih solid dan profesional.

“Pemilu Serentak 2024 tidak mudah, tapi saya yakin dengan luarbiasanya KPU Provinsi  dan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur , kita dapat melaksanakannya dengan baik dan dengan kalkulasi yang cermat,” katanya.

Ada empat Rancangan Peraturan KPU (PKPU) yang telah disetujui pada Forum Dengar Pendapat  KPU RI dengan Komisi II DPR RI  bersama Kementerian Dalam Negeri pada 3 Oktober 2022, lalu.

Empat rancangan PKPU tersebut  adalah Pemuktahiran Data Pemilih, Partisipasi Masyarakat, Penataan Daerah Pemilihan (Dapil), dan Syarat Pencalonan Perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Hadir di Surabaya pada Rapim tersebut, KPU Tulungagung dengan formasi lengkap seluruh Komisioner KPU Tulungagung periode 2019-2024 , Susanah, S.Pd.I Ketua KPU Kabupaten Tulungagung yang merangkap Koordinator Umum, Logistik dan Tumah Tangga, Much. Amardin, M.H.I Anggota KPU Tulungagung merangkap Koorditor Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Safari Hasan, MMRS merangkap Koordinator Perencanaan Data dan Informasi, Muh. Arif, M.Pd.I Anggota KPU Kabupaten Tulungagung selaku Koordinator Teknis Penyelenggara dan Agus Sa”fei Anggota KPU Tulungagung , Koordinator Hukum dan Pengawasan.

Diakhir konfirmasi, Susanah sempat menyampaikan pada saat ini KPU Tulungagung sedang getol-getolnya melaksanakan sosialisasi dikalangan millenial sebagai pemilih pemula, dengan melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah SLTA, baik yang berada dilingkup Dinas Provinsi Jawa Timur maupun di bawah Kementerian Agama.

Alamat Kantor KPU Kabupaten Tulungagung di Jalan KH. R. Abdul Fatah IV/8, Kelurahan Botoran, Tulungagung, selatan Pasar Ngemplak.

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Pantai Balekambang dan Ngliyep Siap Sambut Wisatawan Libur Lebaran

MALANG, HARIAN- NEWS Com – Pantai Balekambang dan Ngliyep, dua ikon wisata di Malang yang dikelola oleh Perumda Jasa Yasa, telah bersiap untuk menyambut...

Puskesmas Ramah Anak Tulungagung Adalah Puskesmas Beji

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Puskesmas Beji, Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan kesehatannya, khususnya bagi anak-anak. Sebagai puskesmas rujukan ramah anak, Puskesmas...

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis TULUNGAGUNG,HARIAN-NEWS.com - Dalam upaya antisipasi penyakit tidak menular, Posyandu Desa Krosok, Kecamatan Sendang, Tulungagung, Jawa Timur mengadakan Pos...

“Transparansi Dana BOS SMPN 1 Rejotangan, Dipertanyakan?”

  TULUNGAGUNG HARIAN - NEWS.com - Peningkatan nominal Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang seharusnya membawa kabar baik, kini justru menimbulkan tanda tanya besar terkait...

Waspada DBD, Kepala Puskesmas Pagerwojo Ajak Warga Beraksi

  TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com- Menghadapi ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD), Puskesmas Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur berinisiatif melakukan langkah-langkah pencegahan. Umi Rahayu Ningsih, Kepala Puskesmas Pagerwojo bersama Dokter...

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersama

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersam TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pada hari Jum'at, 29 Maret 2024, SMP Negeri 1 Kauman,...

Hasil Sidak Sekda Sidoarjo Jelang Idul Fitri 1445: Mamin Aman dan Berkualitas

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Dr. Fenny Apridawati, M.Kes., Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan sidak makanan dan minuman pada Rabu, 26 Maret 2024. Sidak...

Puskesmas Beji Bergerak Cepat Hadapi Lonjakan Kasus DBD

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Di tengah musim penghujan, Tulungagung menghadapi tantangan serius dalam mengendalikan penyebaran demam berdarah dengue (DBD). UPT Puskesmas Beji telah mengambil langkah...

SMP Negeri 5 Tulungagung Raih Prestasi di Lomba Poster Tingkat Kabupaten

TULUNGAGUNG , HARIAN-NEWS.com- Dalam sebuah pencapaian yang membanggakan, SMP Negeri 5 Kabupaten Tulungagung berhasil meraih juara kedua dalam lomba poster tingkat SMP se-Kabupaten Tulungagung....

Bupati Rini Ungkap Laporan Paripurna Dewan Saat Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

BLITAR, HARIAN- NEWS.com – Bupati Blitar Rini Syarifah melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar,...

Ketua Dewan Suwito Saren Menghimbau Masyarakat Kabupaten Blitar Waspadai Cuaca Ekstrem

BLITAR, HARIAN - NEWS .com – Cuaca ekstrim saat ini yang melanda Kabupaten Blitar dan sekitarnya harus diwaspadai.Hal ini diungkapkan, Ketua DPRD Kabupaten Blitar,...

Takmir Masjid Salsabila : Iman dan Taqwa Wujudkan Profesionalitas Kerja Karyawan Perumda Tirta Kanjuruhan Malang

KABUPATEN MALANG, HARIAN-NEWS.com - Salah satu bangunan pendukung yang berada di area perkantoran Perumda Tirta Kanjuruhan, adalah adanya Masjid Salsabila yang berdiri disisi selatan...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING