160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT


Hari Sumpah Pemuda, Pj.Bupati Tulungagung Serukan Kolaborasi Lintas Generasi

 

TULUNGAGUNG,HARIAN-NEWS.com – Penjabat Bupati Tulungagung Heru Suseno serukan pentingnya kolaborasi lintas generasi,. Hal itu disampaikannya usai menjadi Indpektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-75 Tahun 2023, Sabtu,  28 Oktober 2023, bertempat di halaman Kantor Bupati Kabupaten Tulungagung jalan Ahmad Yani Timur pada pukul 07.30 WIB.

Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah Undang-Undang no. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

Ditambahkannya,  setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

750 x 100 AD PLACEMENT

Pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, juga dihadiri oleh semua unsur Forkopimda, TNI- Polri, semua OPD dilingkungan pemerintah kabupaten Tulungagung, perwakilan siswa beberapa sekolah dan organisasi massa. Upacara ini berjalan cukup khidmat.

Penghargaan untuk Organisasi Pemuda yang turut berjasa mengembangakan karakter pemuda di Kabupaten Tulungagung.

Pemerintah Kabupaten Tulungagung juga memberikan pengahargaan pada organisasi yang dianggap ikut berjasa dalam mengembangkan karakter pemuda.

Penghargaan diberikan antara lain untuk Pemuda Ansor, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pemuda Pancasila, Sapma Pemuda Pancasila, Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama, Fatayat NU, AMTI, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan lain sebagainya

Diakhir upacara Heru Suseno menegaskan dalam peringatan ini makna yang harus diyakini bahwa pemuda pada tahun 1928 dengan menorehkan sejarah penting, dengan adanya sumpah pemuda, maka diyakini di Indonesia ada berbagai macam suku, bahasa dan budaya yang oleh sumpah pemuda disatukan menjadi bangsa ini kemudian di era sekarang ini sebenarnya pemuda sudah diberi kesempatan  baik di birokrasi, di perusahaan, di BUMN, semua diberikan kesempatan sehingga kalau sesuai tema bersama memajukan Indonesia.

750 x 100 AD PLACEMENT

“ Maka kolaborasi adalah suatu hal yang penting, kolaborasi dengan semuanya, kolaborasi dengan generasi yang sudah tua, dengan swasta, instansi pemerintah, media dan dengan semua komponen, kata kolaborasi adalah kunci memajukan bangsa Demi tercapainya Indonesia emas di tahun 2045, itu bisa tercapai ketika rule yang dicanangkan presiden RI terwujud,” kata Pj. Bupati Heru

Ketika ditanya peran pemuda di Tulungagung Heru menjawab sangat menggembirakan, ketika bertemu pemuda yang melakukan kegiatan di GOR lembupeteng dan juga bertemu dengan teman teman yang dibina oleh dinas koperasi dengan kegiatan car free day, pekan budaya dan masih banyak lagi.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Heru Suseno membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) antara lain Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan  manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.  Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen – elemen lain.

750 x 100 AD PLACEMENT

“ Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” katanya.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !