160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT


Desa Sekarpuro Maksimalkan Posko sebagai Pusat Pengendalian Pandemi Covid-19

Desa Sekarpuro Maksimalkan Posko sebagai Pusat Pengendalian Pandemi Covid-19

MALANG, HARIAN -NEWS. com –Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kades Sulirmanto  menyatakan, posko di tingkat desa atau diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro.

“Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif,” kata Sulirmanto  dalam wawancara dengan media ini di kantor nya, Senin, 12 Juli 2021.

750 x 100 AD PLACEMENT

Ia menjelaskan, posko penanganan Covid-19 di tingkat desa  memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.

Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas.

Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa.

“Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” kata Sulirmanto.

750 x 100 AD PLACEMENT

Ditambahkannya, bentuknya posko tersebut di mana salah satu tugasnya adalah menilai status zona wilayahnya.

“Dari penilaian zonasi, maka kepala desa dapat menentukan tindakan pengendalian yang sesuai. Kriteria zonasi terdiri dari zona hijau, kuning, oranye, dan merah,” katanya.

Beberapa SDM yang terlibat di posko ini di antaranya Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, penyuluh, pendamping, tenaga kesehatan, relawan, PKK, dan karang taruna. (hery)

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !