160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Beras Petani Ngawi Akan Diserap BUMD DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan

NGAWI, HARIAN-NEWS.com –  Petani di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur patut berbahagia karena hasil panennya akan dibeli dengan harga yang standar oleh PT. Food Station Tjipinang Jaya BUMD milik Pemerinath Provinsi  DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Pemprov DKI Jakarta BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya menggandeng Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Daya Tani Sembada dan Kelompok Tani Sido Rukun Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi, guna memperluas cakupan serapan gabah untuk pasokan beras di Jakarta.

“Hari ini kami menandatangani perjanjian kerja sama Resi Gudang (Warehouse Receipt System) antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkab Ngawi yang diwakili Bupati Ngawi Ony Anwar dan disaksikan langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta jajaran Food Station, Daya Tani Sembada dan Kelompok Tani Sido Rukun di Balai Desa Geneng, Dusun Alas Pecah, Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dikutip dari instagram pribadinya @aniesbaswedan Minggu (25/4/2021).

Anies mengatakan biasanya saat panen raya gabah kering panen dihargai sangat rendah. Dengan kerjasama sistem resi gudang, Food Station sebagai pengelola akan membantu menjadi stand by buyer dengan harga yang baik.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sehingga para petani tak perlu buru-buru menjual gabah mereka dengan harga rendah, melainkan dapat menyimpannya terlebih dahulu, meningkatkan kualitas sehingga harganya juga akan stabil.

Selain itu, melalui resi gudang petani juga bisa memanfaatkan sebagai jaminan untuk mengambil pinjaman dari lembaga keuangan untuk pembiayaan musim tanam berikutnya. Dengan sistem resi gudang kita bisa menyimpan rata- rata 600 ton, target tahun 2021 sebanyak 1.000 ton.

“Atas nama warga Jakarta kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerjasama yang baik ini. Tujuan dari kerjasama ini adalah pertama, kebutuhan pangan di Jakarta terpenuhi dengan baik, kedua, para petani memiliki sistem kerja yang meningkatkan kesejahteraannya, sehingga petani kita tidak terus menjadi yang paling akhir menikmati nilai tambah dari kegiatan produksi beras,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut menyaksikan perjanjian antara Kelompok Tani Sido Rukun, Desa Geneng, Kecamatan Geneng dengan PT. Food Station Tjipinang Jaya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Bupati Ngawi Ony menyampaikan kebahagiaannya melalui akun media sosialnya, “Alhamdulillah, hari ini saya kedatangan tamu spesial yaitu Bapak Gubernur DKI Anies Baswedan beserta Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berkunjung ke Kabupaten Ngawi.”

“BUMD Food Station Tjipinang Jaya dan Gubernur DKI Jakarta menggelar kolaborasi dengan Pemkab Ngawi terkait penyerapan hasil panen kelompok tani Sido Rukun tepatnya di Desa Geneng, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi,” terang Ony.

Lebih lanjut H. Ony Anwar Harsono, ST, MH,  menyampaikan dengan terjalinnya kerja sama tersebut, pihaknya ingin memastikan bahwa surplus beras di Kabupaten Ngawi berbanding lurus dengan kesejahteraan petani.

Menurutnya, agar kondisi tersebut bisa berkeadilan, maka harus mencari partner untuk serapan gabah yang tentunya sama – sama mempunyai visi berkeadilan sosial.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kerjasama kelompok tani Sido Rukun Ngawi tersebut setidaknya dalam hal pengadaan gabah kering panen dari luas lahan 200 hektar dengan produktifitas 5,7 sampai dengan 6 ton per hektar dengan potensi hasil 1.140 ton gpk atau 604 ton beras. (dbs/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !