Sabtu, 24 Februari 2024

Tingkatkan Pelayanan, Dinas PUPR Terapkan Sistem Informasi Terintegrasi

SI Putra
Dinas PUPR Tulungagung Sosialisasi Sistem Terintegrasi

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tulungagung  lounching sekaligus mensosialisasikan aplikasi sistem Informasi PU Terintegrasi Bina Marga (Si Putra Bima) dan aplikasi Sistem Informasi PU Terintegrasi Penataan Ruang (Si Putra Tarung), Kamis (24/8/2023).

Diharapkan kedepan Aplikasi Si Putra Bima dari bidang Bina Marga Dinas PUPR Tulungagung memudahkan masyarakat dalam hal pengaduan terkait kerusakan jalan. Sedangkan aplikasi Si Putra Tarung dari bidang Tata Ruang untuk memberikan kemudahan terhadap masyarakat hal mengurus izin awal.

Sekretaris Dinas (Sekdin) PUPR Tulungagung, Agus Sulistiono, ST., MT., menyampaikan, hari ini kita sosialisasi dan launching aplikasi Si Putra Bima dan Si Putra Tarung.

“Semua kegiatan ini atas arahan dan petunjuk bapak Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung,” ujar Agus.

Ditambahkannya, yang dimaksud dengan Si Putra Bima adalah sebuah sistem informasi dan aduan yang berbasis pada Teknologi Informasi yang dirancang sebagai sarana pelayanan informasi dan aduan pada Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Kabupaten Tulungagung yang terintegrasi dengan sistem informasi dan aplikasi lain di Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung yaitu Si Putra.

survey dan pendeteksi sumber air

“Jadi Si Putra Bima adalah aplikasi untuk kegiatan pengaduan dan pelaporan masyarakat terkait dengan kerusakan jalan yang ada di Kabupaten Tulungagung,” katanya.

Menggunakan aplikasi Si Putra Bima, masyarakat dapat membuka alamat melalui https://siputra.tulungagung.go.id kemudian memilih pelayanan Si Putra Bima atau dengan alamat https://siputra-bima.tulungagung.go.id.

Untuk memudahkan masyarakat, pada aplikasi Si Putra Bima nantinya akan dibuatkan panduan juga. Aplikasi ini nantinya langsung bisa menunjukkan lokasi jalan karena di aplikasi terdapat maps atau peta.

“Jadi aplikasi ini langsung menuju lokasi, kalau kita berdiri di jalan yang rusak itu kalau memang itu jalan kabupaten yang menjadi kewenangan Dinas PUPR (Tulungagung) itu sudah bisa kita klik atau sudah muncul form nya,” imbuhnya.

Aplikasi ini, kata Agus Sulistiono, untuk dapat mengidentifikasi jalan yang dapat menunjukkan lokasi secara akurat jika jalan itu merupakan jalan Kabupaten atau bukan.

BACA JUGA :  Disnakertrans Tulungagung Sosialisasi UMK Tahun 2023

“Jadi tidak seperti yang kemarin, banyak aduan masuk ke kita ini tapi bukan jalan kabupaten,” katanya.

Nantinya setelah ada aduan masuk dari masyarakat terkait kerusakan jalan, pihak PUPR Tulungagung akan merespon cepat dalam bentuk jawaban yang tepat.

“Jadi masyarakat yang ditunggu jawaban dulu. Jawaban dalam arti, ini bisa dilaksanakan dalam waktu dekat, ini bisa langsung dilaksanakan dengan kegiatan pemeliharaan rutin, ini bisa dilaksanakan pada program kegiatan khususnya di bidang bina marga, atau, ini harus menunggu program kegiatan tahun depan,” katanya.

“Jadi tidak serta merta aduan itu ditindaklanjuti secara fisik di lapangan, karena sejauh ini kita terkendala oleh anggaran. Kalau memang belum ada anggaran yang memadai untuk pemeliharaan dan pembangunan jalan ya kita menampung aduan tapi dengan jawaban yang tepat,” timpalnya.

Pihaknya berharap, semua peserta hadir dalam sosialisasi tersebut dapat meneruskan kepada masyarakat Tulungagung secara luas, agar bermanfaat untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terkait kerusakan jalan yang ada.

“Saya berharap ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas yang membutuhkan informasi terkait adanya jalan atau kerusakan jalan yang ada di kabupaten Tulungagung,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Tulungagung, Erna Suryani, menyampaikan,dengan diluncurkan aplikasi Si Putra Tarung masyarakat bisa mendapatkan informasi seputar penataan ruang. Selain itu, pada aplikasi tersebut terdapat layanan PKKPR Non Berusaha.

“Jadi di situ masyarakat mau mengurus izin misalnya rumah tinggal, yayasan pendidikan, keagamaan, sosial, CSR itu bisa melakukan perizinan awalnya disitu. Jadi kami melakukan pelayanan di bidang perizinan dasarnya. Jadi di awal perizinan itu mereka harus mempunyai PKKPR,” tambahnya.

Menurutnya, sekarang masyarakat dipermudah dengan terobosan digitalisasi yang sebelumnya layanan ini dilakukan secara manual.

“Jadi masyarakat dipermudah, tidak harus datang ke MPP (Mall Pelayanan Publik), mereka bisa melakukan pendaftaran melalui HP Laptop dan di aplikasi yang ada di web kami,” pungkas Erna.

Aplikasi Si Putra Tarung dapat diakses melalui web dinas PUPR Tulungagung yaitu https://siputra.tulungagung.go.id kemudian memilih pelayanan Si Putra Tarung.

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Khotaman Kitab Dan Ijazahan Bersama Guru Besar Ilmu Hadits Universitas Al Azhar Mesir

Tulungagung, harian-news.com - Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung pada Ahad (25/02/2024) akan menghadirkan guru besar Universitas Al Azhar Mesir yaitu Prof. Dr. Muhammad Ibrahim...

7.384 Personil Gabungan Dikerahkan untuk Mengamankan Pemilu di Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno, turut serta dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Tahap Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 pada Selasa (13/2/2024)...

Lantik Plh. Sekda Tulungagung, Heru Suseno: Proses Sudah Sesuai Ketentuan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno, melantik Tri Hariadi sebagai Plh. Sekda Kabupaten Tulungagung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, pada Senin (12/2/2024)...

Pj Bupati Tulungagung Tinjau Pendistribusian Logistik Pemilu di 3 Kecamatan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno meninjau persiapan pendistribusian logistik Pemilu di 3 kecamatan pada Senin (12/2/2024), sekitar pukul 09.30 WIB. Kunjungan ini...

Mempersiapkan Diri Beribadah Di Bulan Damai

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah usai pencoblosan. Dalam proses penghitungan akan memasuki Bulan Romadhon. Bulan yang penuh keistimewaan. Yaitu bulan damai. Tokoh agama...

Pemilu Wujudkan Persatuan Bangsa Indonesia

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah dilakukan tahap pencoblosan dan hari ini sudah penghitungan data secara real count. Semakin hari paska pemilu semakin panas...

Konflik Agraria yang Tak Kunjung Usai di Kalbar, Pangamat : Belum ada Upaya yang Jelas dari Pemda dan BPN

Pontianak Kalbar, Harian-news.com - Pengamat Hukum dan Bijakan Publik kembali soroti persoalan konflik agraria di wilayah Kalimantan Barat seolah-olah tidak pernah berakhir, namun kondisi...

Gus Muhdlor Bakal Relokasi SMPN 2 Tanggulangin

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tengah berencana untuk merelokasi SMPN 2 Tanggulangin. Pasalnya, Sekolah Menengah Pertama yang berada di Desa Kedungbanteng tersebut saat...

Belajar Bijak Menyikapi Pemilu 2024

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Partai politik yang ikut pemilu di era reformasi sangat banyak. Setiap partai mengusung caleg baik tingkat pusat ataupun daerah. Sangat mustahil...

Ojo Kesusu, Sing Sabar

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi setiap pesta demokrasi baik ditingkat pilkada maupun pilpres bermunculan lembaga swadaya masyarakat menyeleanggkan hitung cepat...

BNNK Sidoarjo dan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) Bersinergi

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sidoarjo melakukan kegiatan kolaborasi dengan beberapa Lembaga Rehabilitasi yang ada di Sidoarjo. Kegiatan meliputi jalan santai dan ngopi...

Relawan Pendukung Prabowo -Gibran Tulungagung Sujud Syukur

Tulungagung, harian-news.com - Para relawan 02 di Kabupaten Tulungagung yang telah melaksanakan tugas pada Kamis (15/02/2024) di Kebun Jambu Rejoagung Tulungagung melakukan sujud syukur...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING