160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Sepuluh Tahun Rusak, Warga di Blora Perbaiki Jalan Sendiri

BLORA, HARIAN-NEWS.com – Sejumlah warga Dukuh Pruntusan, Desa Kebonrejo, Banjarejo, berinisiatif menutup lubang-lubang jalan kabupaten di desanya. Mereka berusaha memperbaiki jalan dengan menutup lubang-lubang besar menggunakan aspal yang masih ada di pinggir jalan.

Sukirno, salah satu inisiator kerja gotong royong itu mengatakan, mereka melakukan itu karena merasa miris dengan banyak lubang besar di tengah jalan.

”Saya dan teman-teman warga lain kasihan dengan banyak mobil yang menjadi korban. Bahkan, ada yang temangsang (tersangkut) hingga tidak bisa jalan. Saking dalamnya lubang. Mencapai setengah meter mungkin,” jelasnya.

Dia bersama Suparjo dan beberapa masyarakat lain mengaku melakukan pekerjaan itu atas inisiatif bersama. Tanpa adanya perintah dari siapapun. Pekerjaan itu sudah dilakukan selama tiga hari. Sejak Minggu (19/6) hingga Selasa lalu.

750 x 100 AD PLACEMENT

”Kami inisiatif mengerjakan tanpa ada yang menyuruh. Tidak ada bayaran juga. Mulai mengerjakan Minggu sampai Selasa (19 Juni hingga 21 Juni, Red). Rabu (22/6) libur dulu. Capek,” ucap Sukirno.

Diketahui, pada ruas Jalan Karangtalun-Kembang memang terdapat banyak lubang besar di tengah jalan. Ukurannya bervariasi. Mulai dari 1 meter hingga 6 meter. Kedalamannya mencapai hampir 50 sentimeter.

Akibat rusaknya jalan itu, Suparjo mengaku banyak orang menjadi korban. Baik kendaraan mobil, truk, atau motor. Padahal ruas jalan tersebut merupakan akses utama warga Desa Banjarejo untuk menuju Kecamatan Tunjungan. Baik untuk sekolah, bekerja, atau untuk aktivitas lain.

”Rencananya akan kami teruskan sampai perempatan Karangtalun. Kemarin mulai dari Kembang. Saat ini baru sampai di depan Kantor Desa Kebonrejo,” ungkap pria yang sering disapa Mbah Bejo itu.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kepala Dusun Pruntusan Purwanto mengaku, jalan tersebut memang sudah rusak sejak lebih dari 10 tahun lalu. Dia mengapresiasi inisiatif warga-warga tersebut dengan cara menyediakan minuman dan makanan.

”Kami hanya bisa memberi es dan jajanan atau makanan seadanya. Kabarnya sih (jalan) akan dibangun tahun depan,” jelas Purwanto.

 

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !