160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Ribuan Wisatawan Padati Ngulahan Park Rembang, Sehari Kantongi Rp 20 Juta

REMBANG, HARIAN-NEWS.com – Pembangunan Ngulahan Park, di Desa Ngulahan Kecamatan Sedan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi desa. Dalam sehari perputaran uang bisa tembus sampai Rp 20 juta.

Wisata ini dirintis beberapa waktu lalu. Sejak April 2021 lalu, kondisi lapangan Taman Ngulahan saat itu masih rerumputan biasa. Belum ada pernak pernik hiasan taman.

Sekarang, tempat itu makin cantik. Lahan seluas sekitar 3,5 hektar itu disulap menjadi taman dengan beberapa wahana. Di Ngulahan Park pengunjung bisa menikmati suasana asri dengan berbagai satwa burung dan lainnya.

Di sini ada 27 jenis satwa. Seperti Merak, Jalak Urai, Bangau Tong-tong, hingga ular. Konsepnya, untuk satwa burung sebagian besar dibiarkan terbuka. Sementara, untuk ular dimasukkan di dalam kandang.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Kalau malam sudah ada Linmas yang jaga,” kata Hasan Efendi, Ketua Pengelola Ngulahan Park.

Ia mengaku belum ada grand launching secara resmi terkait pembukaan wisata ini. Antusias pengunjung mulai tampak ketika Ramadhan kemarin, di sini dibuka paket buka bersama.

Setelah itu, ia melihat ada antusias dari pengunjung. Sebelum berpenghasilan, Karang Taruna di Desa Ngulahan secara swadaya menjaga keamanan di lokasi ini.

Sampai saat ini, di Ngulahan Park sudah bisa memberdayakan 16 pemuda karang taruna. Jika hari libur, ketika ramai-ramainya bisa menggandeng tenaga kerja dari desa tetangga.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Bantu supaya tidak macet. Mungkin ada sekitar 30 an, kalau hari minggu,” imbuhnya.

Saat ini, di Ngulahan Park juga sudah ada lapak-lapak pedagang penjual jajanan. Kata Hasan, total ada 27 UMKM, jumlah itu belum termasuk ibu-ibu yang menyetorkan atau menitipkan makanan. Jika dihitung, saat ini sudah ada 50 KK yang aktif. Disisi lain, di Ngulahan Park juga ada wahana kolam renang dan berkuda.

”Ada enam warga yang beli kuda, 30 persennya masuk BUMDes,” imbuhnya.

Terkait dengan skema tarif, kata Hasan, saat ini belum ada harga tiket masuk. Pengunjung hanya dikenai parkir motor Rp 5 ribu dan mobil Rp 10 ribu. Bila ingin mencoba berkuda, bisa merogoh kocek Rp 15 ribu dan berenang Rp 10 ribu.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dengan skema tarif demikian, jika puncak kunjungan bisa tembus sampai tiga ribu pengunjung. Perputaran uang sehari sekitar Rp 12 Juta, jika waktu ramai bahkan sampai sekitar Rp 20 Juta. “Tapi itu kotornya,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !