Sabtu, 13 April 2024

PJ Bupati Tulungagung Hadiri Peringatan Hari  Peduli Sampah Nasional 2024

HARIAN-NEWS.com – Pj. Bupati Tulungagung Heru Suseno menghadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024 di Hutan Kota, Desa Moyoketen, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jum’at (1/3/2024).

 

Tujuan kegiatan memperingat untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian publik tentang pentingnya pengelolaan sampah secara komperehensif.

Pelaksana kegiatan Pemerintah Kabupaten Tlungagung melalui Dinas Lingkungan Hidup.

 

survey dan pendeteksi sumber air

Peserta 300 orang yang berasal dari para Perangkat Daerah terkait, BUMD, Dunia Usaha, Organisasi/Komunitas Lingkungan, Paguyuban Bank Sampah Tulungagung dan Siswa-siswi Sekolah Adiwiyata yang ada di Tulungagung.

 

 

Dalam laporanya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung Santoso, menyampaikan, Pelaksanaan kegiatan ini untuk melanjutkan upaya-upaya dalam pengelolaan sampah yang telah dilakukan dalam rangka mewujudkan target pengelolaan sampah yang telah ditentukan dengan partisipasi aktif mulai dari Pemerintah, dunia usaha, dan seluruh masyarakat.

 

Dia menambahkan  Maksud dan Tujuan digelarnya acara ini adalah untuk Memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan pengelolaan sampah, Memperkuat partisipasi publik dan masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah dari sumber untuk mengurangi sampah yang diolah di TPA melalui gerakan memilah dan mengolah sampah, Memperkuat komitmen dan peran aktif produsen, badan usaha, dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi ekonomi sirkular dan bisnis hijau (green bussines) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi, dan Membangun rantai nilai pengelolaan sampah di seluruh sektor.

 

“Kegiatan lainnya,  Kegiatan Susur sungai dan pembersihan Kali Ngrowo, Kegiatan Gerakan Pungut Sampah, Edukasi Pengelolaan Sampah organik dan anorganik; dan Pameran Produk Daur Ulang Sampah,” katanya.

 

Santoso juga memaparkan untuk mengatasi masalah sampah di kabupaten Tulungagung Dinas Lingkungan Hidup telah melaksanakan suatu progam yang bernama SI JUMILAH (Aksi Jumat Bersih Kelola Sampah). Implementasi program ini yaitu dengan melakukan pembersihan pada titik-titik timbulan sampah liar di Kabupaten Tulungagung yang disertai dengan memberikan edukasi maupun pemahaman terhadap masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Hal ini perlu kami lakukan untuk mewujudkan Kabupaten Tulungagung yang bersih, indah dan bebas sampah.

 

Sementara itu PJ bupati Tulungagung mengatakan, dalam rangka  peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024 ini, dirinya atas Nama Pj. Bupati Tulungagung merasa sangat bangga dan bersyukur bisa berada di sini bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah, dan mitra kerja dalam upaya kita untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan lingkungan hidup.

tulungagung
Pj. Bupati Tulungagung Heru Suseno menghadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024

“Hari Peduli Sampah Nasional bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga momentum bagi kita semua untuk merefleksikan peran penting kita dalam mengelola sampah demi melindungi bumi yang kita tempati ini. Dalam era ini, tantangan terhadap pengelolaan sampah semakin kompleks, mengingat pertumbuhan populasi dan perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung konsumtif,” kata Heru Suseno.

 

Berikutnya PJ Buparti juga mengatakan  Pada peringatan HPSN tahun 2024 ini, akan mengangkat tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Tema tersebut dilatarbelakangi dengan adanya persoalan sampah plastik yang masih terus menjadi persoalan serius baik secara nasional maupun internasional. Pencemaran sampah plastik saat ini telah menjadi isu global karena sifatnya yang transnasional dan lintas batas. “ Maka dari itu, perlu adanya upaya bersama untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan yang ramah lingkungan dengan  memaduserasikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Sehingga diharapkan kita dapat mengatasi polusi plastik dengan cara produktif “, lanjutnya .

BACA JUGA :  Dua Maling Spesialis Pencuri Toko Kelontong Ditangkap Resmob Macan Agung

Dia menambahkan, berdasarkan informasi dari Dinas LH bahwa setiap hari sekitar 80 sampai dengan 100 ton sampah masuk ke TPA segawe, yang kemudian dilakukan pemrosesan akhir sampah. Melihat hal tersebut, kita tidak boleh berdiam diri dan mengabaikan dampak besar yang dihasilkan oleh timbunan sampah yang terus berakumulasi. Oleh karena itu, kita semua memiliki tanggung jawab untuk mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan. Salah satu langkah konkret yang dapat kita lakukan adalah mengurangi jumlah sampah yang akhirnya masuk ke TPA. Diantaranya dengan malakukan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, mengadopsi pola hidup zero waste, dan mempraktikkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam pengelolaan sampah, Mulai membiasakan memilah sampah di rumah, memisahkan sampah organik dan anorganik. Dengan pemilahan yang baik, material yang bisa didaur ulang dapat diidentifikasi lebih mudah, serta Turut berpartisipasi aktif dalam program daur ulang sampah, baik melalui kerjasama bank sampah, maupun dengan pihak swasta yang tersedia. “ melalui langkah-langkah ini, kita tidak hanya memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi beban sampah di TPA, tetapi juga turut menjaga keberlanjutan lingkungan hidup bagi generasi mendatang “. Jelasnya.

 

Pj Bupati juga menyampaikan, pada rangkaian kegiatan HPSN hari ini juga akan dilaksanakan susur Sngai Ngrowo sekaligus gerakan pungut sampah di sepanjang bantaran sungai. Sungai Ngrowo ini merupakan salah satu ikon Kabupaten Tulungagung yang mempunyai peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, seringkali kita melihat sungai tersebut tercemar oleh sampah-sampah plastik dan limbah lainnya. Oleh karena itu, kehadiran kita semua di sini hari ini bukan hanya sebagai peserta, tetapi sebagai pahlawan lingkungan yang siap beraksi untuk membersihkan dan menjaga keberlanjutan kebersihan sungai kita.

” Selanjutnya, Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tulungagung untuk bersama-sama mengambil tanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan dan berlaku bijak dalam mengelola sampah yang kita hasilkan. Yakinlah bahwa aksi kecil dari kita semua dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan,” katanya.

Terkait dengan masalah sampah ini PJ bupati juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tulungagung akan terus berupaya meningkatkan infrastruktur pengelolaan sampah dan melakukan berbagai inovasi serta program edukasi untuk membimbing masyarakat dalam mengelola sampah dengan ramah lingkungan. Program SI JUMILAH (Aksi Jumat Bersih Kelola Sampah) merupakan salah satu bentuk upaya dan tanggung jawab kami untuk memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tulungagung berupa lingkungan bersih dan sehat. Namun, keberhasilan program ini tidak mungkin bisa tercapai tanpa partisipasi aktif dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

Pj. Bupati juga mengajak, ” Mari kita jadikan Momentum Hari Peduli Sampah Nasional 2024 ini sebagai pemicu semangat baru dalam berkomitmen menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah turut  membantu dan berkontribusi pada kegiatan hari ini. Dan mari kita bersama-sama bersinergi mewujudkan Kabupaten Tulungagung yang bersih, hijau, dan bebas sampah.”

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Pantai Balekambang dan Ngliyep Siap Sambut Wisatawan Libur Lebaran

MALANG, HARIAN- NEWS Com – Pantai Balekambang dan Ngliyep, dua ikon wisata di Malang yang dikelola oleh Perumda Jasa Yasa, telah bersiap untuk menyambut...

Puskesmas Ramah Anak Tulungagung Adalah Puskesmas Beji

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Puskesmas Beji, Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan kesehatannya, khususnya bagi anak-anak. Sebagai puskesmas rujukan ramah anak, Puskesmas...

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis TULUNGAGUNG,HARIAN-NEWS.com - Dalam upaya antisipasi penyakit tidak menular, Posyandu Desa Krosok, Kecamatan Sendang, Tulungagung, Jawa Timur mengadakan Pos...

“Transparansi Dana BOS SMPN 1 Rejotangan, Dipertanyakan?”

  TULUNGAGUNG HARIAN - NEWS.com - Peningkatan nominal Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang seharusnya membawa kabar baik, kini justru menimbulkan tanda tanya besar terkait...

Waspada DBD, Kepala Puskesmas Pagerwojo Ajak Warga Beraksi

  TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com- Menghadapi ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD), Puskesmas Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur berinisiatif melakukan langkah-langkah pencegahan. Umi Rahayu Ningsih, Kepala Puskesmas Pagerwojo bersama Dokter...

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersama

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersam TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pada hari Jum'at, 29 Maret 2024, SMP Negeri 1 Kauman,...

Hasil Sidak Sekda Sidoarjo Jelang Idul Fitri 1445: Mamin Aman dan Berkualitas

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Dr. Fenny Apridawati, M.Kes., Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan sidak makanan dan minuman pada Rabu, 26 Maret 2024. Sidak...

Puskesmas Beji Bergerak Cepat Hadapi Lonjakan Kasus DBD

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Di tengah musim penghujan, Tulungagung menghadapi tantangan serius dalam mengendalikan penyebaran demam berdarah dengue (DBD). UPT Puskesmas Beji telah mengambil langkah...

SMP Negeri 5 Tulungagung Raih Prestasi di Lomba Poster Tingkat Kabupaten

TULUNGAGUNG , HARIAN-NEWS.com- Dalam sebuah pencapaian yang membanggakan, SMP Negeri 5 Kabupaten Tulungagung berhasil meraih juara kedua dalam lomba poster tingkat SMP se-Kabupaten Tulungagung....

Bupati Rini Ungkap Laporan Paripurna Dewan Saat Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

BLITAR, HARIAN- NEWS.com – Bupati Blitar Rini Syarifah melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar,...

Ketua Dewan Suwito Saren Menghimbau Masyarakat Kabupaten Blitar Waspadai Cuaca Ekstrem

BLITAR, HARIAN - NEWS .com – Cuaca ekstrim saat ini yang melanda Kabupaten Blitar dan sekitarnya harus diwaspadai.Hal ini diungkapkan, Ketua DPRD Kabupaten Blitar,...

Takmir Masjid Salsabila : Iman dan Taqwa Wujudkan Profesionalitas Kerja Karyawan Perumda Tirta Kanjuruhan Malang

KABUPATEN MALANG, HARIAN-NEWS.com - Salah satu bangunan pendukung yang berada di area perkantoran Perumda Tirta Kanjuruhan, adalah adanya Masjid Salsabila yang berdiri disisi selatan...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING