Senin, 29 April 2024

PJ Bupati Tulungagung Hadiri Peringatan Hari  Peduli Sampah Nasional 2024

HARIAN-NEWS.com – Pj. Bupati Tulungagung Heru Suseno menghadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024 di Hutan Kota, Desa Moyoketen, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jum’at (1/3/2024).

 

Tujuan kegiatan memperingat untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian publik tentang pentingnya pengelolaan sampah secara komperehensif.

Pelaksana kegiatan Pemerintah Kabupaten Tlungagung melalui Dinas Lingkungan Hidup.

 

survey dan pendeteksi sumber air

Peserta 300 orang yang berasal dari para Perangkat Daerah terkait, BUMD, Dunia Usaha, Organisasi/Komunitas Lingkungan, Paguyuban Bank Sampah Tulungagung dan Siswa-siswi Sekolah Adiwiyata yang ada di Tulungagung.

 

 

Dalam laporanya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung Santoso, menyampaikan, Pelaksanaan kegiatan ini untuk melanjutkan upaya-upaya dalam pengelolaan sampah yang telah dilakukan dalam rangka mewujudkan target pengelolaan sampah yang telah ditentukan dengan partisipasi aktif mulai dari Pemerintah, dunia usaha, dan seluruh masyarakat.

 

Dia menambahkan  Maksud dan Tujuan digelarnya acara ini adalah untuk Memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan pengelolaan sampah, Memperkuat partisipasi publik dan masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah dari sumber untuk mengurangi sampah yang diolah di TPA melalui gerakan memilah dan mengolah sampah, Memperkuat komitmen dan peran aktif produsen, badan usaha, dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi ekonomi sirkular dan bisnis hijau (green bussines) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi, dan Membangun rantai nilai pengelolaan sampah di seluruh sektor.

 

“Kegiatan lainnya,  Kegiatan Susur sungai dan pembersihan Kali Ngrowo, Kegiatan Gerakan Pungut Sampah, Edukasi Pengelolaan Sampah organik dan anorganik; dan Pameran Produk Daur Ulang Sampah,” katanya.

 

Santoso juga memaparkan untuk mengatasi masalah sampah di kabupaten Tulungagung Dinas Lingkungan Hidup telah melaksanakan suatu progam yang bernama SI JUMILAH (Aksi Jumat Bersih Kelola Sampah). Implementasi program ini yaitu dengan melakukan pembersihan pada titik-titik timbulan sampah liar di Kabupaten Tulungagung yang disertai dengan memberikan edukasi maupun pemahaman terhadap masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Hal ini perlu kami lakukan untuk mewujudkan Kabupaten Tulungagung yang bersih, indah dan bebas sampah.

 

Sementara itu PJ bupati Tulungagung mengatakan, dalam rangka  peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024 ini, dirinya atas Nama Pj. Bupati Tulungagung merasa sangat bangga dan bersyukur bisa berada di sini bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah, dan mitra kerja dalam upaya kita untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan lingkungan hidup.

tulungagung
Pj. Bupati Tulungagung Heru Suseno menghadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024

“Hari Peduli Sampah Nasional bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga momentum bagi kita semua untuk merefleksikan peran penting kita dalam mengelola sampah demi melindungi bumi yang kita tempati ini. Dalam era ini, tantangan terhadap pengelolaan sampah semakin kompleks, mengingat pertumbuhan populasi dan perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung konsumtif,” kata Heru Suseno.

 

Berikutnya PJ Buparti juga mengatakan  Pada peringatan HPSN tahun 2024 ini, akan mengangkat tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Tema tersebut dilatarbelakangi dengan adanya persoalan sampah plastik yang masih terus menjadi persoalan serius baik secara nasional maupun internasional. Pencemaran sampah plastik saat ini telah menjadi isu global karena sifatnya yang transnasional dan lintas batas. “ Maka dari itu, perlu adanya upaya bersama untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan yang ramah lingkungan dengan  memaduserasikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Sehingga diharapkan kita dapat mengatasi polusi plastik dengan cara produktif “, lanjutnya .

BACA JUGA :  Semarak Adhyaksa Cup 2023 : Turnamen Catur dibuka oleh Wakil Bupati Tulungagung

Dia menambahkan, berdasarkan informasi dari Dinas LH bahwa setiap hari sekitar 80 sampai dengan 100 ton sampah masuk ke TPA segawe, yang kemudian dilakukan pemrosesan akhir sampah. Melihat hal tersebut, kita tidak boleh berdiam diri dan mengabaikan dampak besar yang dihasilkan oleh timbunan sampah yang terus berakumulasi. Oleh karena itu, kita semua memiliki tanggung jawab untuk mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan. Salah satu langkah konkret yang dapat kita lakukan adalah mengurangi jumlah sampah yang akhirnya masuk ke TPA. Diantaranya dengan malakukan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, mengadopsi pola hidup zero waste, dan mempraktikkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam pengelolaan sampah, Mulai membiasakan memilah sampah di rumah, memisahkan sampah organik dan anorganik. Dengan pemilahan yang baik, material yang bisa didaur ulang dapat diidentifikasi lebih mudah, serta Turut berpartisipasi aktif dalam program daur ulang sampah, baik melalui kerjasama bank sampah, maupun dengan pihak swasta yang tersedia. “ melalui langkah-langkah ini, kita tidak hanya memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi beban sampah di TPA, tetapi juga turut menjaga keberlanjutan lingkungan hidup bagi generasi mendatang “. Jelasnya.

 

Pj Bupati juga menyampaikan, pada rangkaian kegiatan HPSN hari ini juga akan dilaksanakan susur Sngai Ngrowo sekaligus gerakan pungut sampah di sepanjang bantaran sungai. Sungai Ngrowo ini merupakan salah satu ikon Kabupaten Tulungagung yang mempunyai peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, seringkali kita melihat sungai tersebut tercemar oleh sampah-sampah plastik dan limbah lainnya. Oleh karena itu, kehadiran kita semua di sini hari ini bukan hanya sebagai peserta, tetapi sebagai pahlawan lingkungan yang siap beraksi untuk membersihkan dan menjaga keberlanjutan kebersihan sungai kita.

” Selanjutnya, Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tulungagung untuk bersama-sama mengambil tanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan dan berlaku bijak dalam mengelola sampah yang kita hasilkan. Yakinlah bahwa aksi kecil dari kita semua dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan,” katanya.

Terkait dengan masalah sampah ini PJ bupati juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tulungagung akan terus berupaya meningkatkan infrastruktur pengelolaan sampah dan melakukan berbagai inovasi serta program edukasi untuk membimbing masyarakat dalam mengelola sampah dengan ramah lingkungan. Program SI JUMILAH (Aksi Jumat Bersih Kelola Sampah) merupakan salah satu bentuk upaya dan tanggung jawab kami untuk memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tulungagung berupa lingkungan bersih dan sehat. Namun, keberhasilan program ini tidak mungkin bisa tercapai tanpa partisipasi aktif dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

Pj. Bupati juga mengajak, ” Mari kita jadikan Momentum Hari Peduli Sampah Nasional 2024 ini sebagai pemicu semangat baru dalam berkomitmen menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah turut  membantu dan berkontribusi pada kegiatan hari ini. Dan mari kita bersama-sama bersinergi mewujudkan Kabupaten Tulungagung yang bersih, hijau, dan bebas sampah.”

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Relawan Bolonemase Kediri Gelar Workshop Digitalisasi UMKM

KEDIRI, HARIAN-News.com- Dalam upaya menguatkan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Kota Kediri, Relawan Bolonemase mengadakan Workshop Digitalisasi UMKM pada hari Minggu, 28 April...

Festival Seni Pelajar Seleksi Tingkat Nasional di Tulungagung 2024

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Wujud komitmen implementasi Kurikulum Merdeka dengan memupuk  minat dan bakat seni di kalangan pelajar, Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Festival dan...

Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan: Momentum Evaluasi dan Peningkatan Pembinaan Narapidana

Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan: PONTIANAK, HARIAN-News.com - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Lembaga Permasyarakatan setiap tanggal 27 April, Dr. Herman Hofi Munawar, Pakar Hukum dan...

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28, Langkah Menuju Ekonomi Hijau

SURABAYA, HARIAN- News. com – Dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28, upacara peringatan telah dilaksanakan di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, pada...

Kolaborasi Pemkab Tulungagung dan Universitas Brawijaya Tingkatkan Kemandirian Hukum Daerah

TULUNGAGUNG HARIAN-News.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Tri Hariadi, membuka kegiatan Coaching Clinic dengan tema “Strategi Pembentukan dan Evaluasi Produk Hukum Daerah dalam Rangka...

DPRD Tulungagung Setujui Ranperda Pencabutan Perda Usaha Perindustrian dan Perdagangan

  TULUNGAGUNG , HARIAN- NEWS.com - Rapat Paripurna DPRD Tulungagung yang berlangsung di Graha Wicaksana, gedung DPRD setempat, pada Jumat (26/4/2024), berhasil menetapkan Ranperda tentang...

Sebanyak 304 PPPK Terima Petikan Keputusan Pengangkatan dari Pj. Bupati Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN -NEWS.com — Penjabat (Pj.) Bupati Tulungagung, Heru Suseno, melaksanakan penyerahan petikan Keputusan Bupati tentang Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di...

Rakor Kemendagri Bahas Pengendalian Inflasi Diikuti Pj Bupati Tulungagung dan Forkopimda

  TULUNGAGUNG, HARIAN -NEWS. com. - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengadakan rapat koordinasi (rakor) rutin, yang kali ini fokus pada pengendalian inflasi di daerah untuk...

Pj. Bupati Heru Suseno Buka Sosialisasi IDM dan Halal Bihalal Bersama Pendamping Desa Tulungagung

  TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS. com - Penjabat (Pj.) Bupati Tulungagung, Heru Suseno, membuka acara sosialisasi pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) yang diikuti oleh Halal Bihalal...

Bupati Tulungagung dan Kepala Pelaksana BPBD Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2024 di Bandung

  BANDUNG, HARIAN- NEWS.com - Bupati Tulungagung, Heru Suseno, didampingi oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, Robinson P. Nadeak, menghadiri Puncak...

Tonny Andreas, Siap Bertarung di Pilkada Blitar 2024 dengan Dukungan Lintas Relawan

BLITAR, HARIAN- NEWS.com - Meskipun belum terdaftar sebagai calon potensial dalam Pilkada Blitar 2024 versi Wikipedia, Tonny Andreas, Ketua KONI Kabupaten Blitar, menyatakan kesiapannya...

Puskesmas Pagerwojo Kolaborasi dengan Desa Mulyosari dan Perum Jasa Tirta Bagikan Paket Bergizi untuk Balita dan Bumil

TULUNGAGUNG Harian-news.com. – Puskesmas Pagerwojo bekerjasama dengan pemerintah Desa Mulyosari dan Perum Jasa Tirta mengadakan acara pembagian paket bergizi bagi balita dan ibu hamil...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING