160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Peringati Hari Jadi Tulungagung ke-818, ASN Wajib Kenakan Busana Adat Jawa

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Peringati Hari Jadi Tulungagung ke-818 tahun 2023, Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno, memerintahkan seluruh ASN Lingkup Pemkab Tulungagung untuk mengenakan Busana Adat Jawa selama empat hari.

Instruksi ini disampaikan pada Apel Besar ASN Lingkup Pemkab Tulungagung yang dipimpin oleh Pj. Bupati di Halaman Kantor Bupati Tulungagung pada Senin (13/11/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Drs. Sukaji, turut hadir dalam apel besar yang diikuti oleh seluruh ASN menggunakan Baju Adat Jawa.

Pada sambutannya, Pj. Bupati Heru Suseno menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung yang ke-818 tahun 2023.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Tulungagung, mulai hari ini hingga empat hari ke depan, kita akan mengenakan busana adat Jawa (mataraman),” ungkap Heru Suseno.

Surat edaran telah disampaikan kepada seluruh karyawan dan karyawati, baik dari instansi pemerintah maupun swasta di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Pj. Bupati juga menegaskan bahwa keputusan ini didasarkan pada Undang-Undang No. 5 tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan, yang mewajibkan setiap daerah untuk melestarikan adat dan budaya yang dimilikinya.

Menyadari bahwa Kabupaten Tulungagung memiliki kecenderungan ke arah budaya Mataraman, Heru Suseno menyatakan bahwa dalam peringatan kali ini, pihaknya ingin memberikan nuansa yang berbeda.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Kali ini kita mencoba nuansa yang berbeda, yaitu menggarap ekonomi UMKM, terutama yang terkait dengan baju adat di wilayah Kabupaten Tulungagung. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat mendorong perkembangan ekonomi UMKM di Kabupaten Tulungagung,” tambahnya.

Heru Suseno berharap bahwa melalui partisipasi dalam kegiatan ini, pelaku UMKM, khususnya yang bergerak dalam bidang baju adat di wilayah Kabupaten Tulungagung, dapat mengalami peningkatan pada sektor perekonomiannya.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !