160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Pasar Hewan di Rembang Ditutup, Warga Tak Punya Penghasilan

REMBANG, HARIAN-NEWS.com – Penutupan pasar hewan di Desa Pamotan, Kabupaten Rembang berdampak terhadap sejumlah warga setempat. Mereka tidak mendapat penghasilan karena aktivitas perdagangan terhenti.

“Pasarannya seminggu sekali, begitu ditutup yang paling terasa pedagang nasi, pemilik warung dan parkir,” kata Kepala Desa Pamotan, A Maskur Rukhani, Selasa (7/6/2022).

Sedangkan untuk retribusi pendapatan, semua masuk ke Pemkab Rembang. Pasar Hewan Pamotan tidak hanya menjadi andalan pedagang lokal. Namun banyak pula dari Jawa Barat maupun Jawa Timur, sehingga mobilitas keluar masuk ternak sapi tergolong sangat tinggi.

“Jawa Tengah paling jauh dari Cilacap, Jawa Timur ada dari Surabaya, Pasuruan. Kemudian Jawa Barat dari Cirebon. Mereka banyak yang sudah datang Senin malam menjelang pasaran,” katanya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Secara prinsip, pihaknya mendukung penutupan Pasar Hewan Pamotan guna menekan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Namun, diharapkan ada langkah lain melalui pengetatan lalu lintas ternak sapi di daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang saat ini dianggap rawan. Jika PMK teratasi, maka penutupan Pasar Hewan Pamotan diyakini tidak akan terlalu lama.

“Pasar hewan ini kan tumpuan ekonomi banyak orang, kasihan kalau terlalu lama ditutup. Kami berharap PMK dapat diatasi oleh pemerintah dan pasar bisa buka kembali,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang, Mochammad Mahfudz mengatakan, penutupan pasar hewan di Pamotan dan Kragan yang semula dijadwalkan berlangsung dua kali pasaran, kini diperpanjang sampai ada pengumuman lebih lanjut.

750 x 100 AD PLACEMENT

Alasannya, terjadi peningkatan kasus penyakit mulut dan kuku di Kabupaten Rembang. Pembukaan pasar kembali, menunggu hasil evaluasi lintas sektoral.

“Akan Kami evaluasi terus. Kalau waktunya dibuka lagi, pasti akan kita umumkan kepada masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto menyatakan, sapi yang terjangkit PMK sudah mencapai sekitar 1.600 ekor.

 

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !