160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

MGMP PAI SMP/MTs se-Bojonegoro, Bedah Elemen Kurikulum Merdeka

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam jenjang SMP dan MTs se-Kabupaten Bojonegoro di Hall Hasyim Asy’ari UNUGIRI, Senin (01/08/2022).

BOJONEGORO, HARIAN-NEWS.com – Saat ini madrasah dibawah naungan Kementerian Agama mulai menerapkan kurikulum Merdeka Belajar, khususnya di Bojonegoro.

Hal tersebut disambut hangat oleh program studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro dengan mengadakan workshop implementasi kurikulum Merdeka.

Workshop yang mengusung tema “Memahami CP, TP, ATP, Mapel PAI di SMP/MTs” ini diikuti oleh seluruh anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam jenjang SMP dan MTs se-Kabupaten Bojonegoro di Hall Hasyim Asy’ari UNUGIRI, Senin (01/08/2022).

Workshop dimoderatori oleh Kaprodi Magister Pendidikan Agama Islam, Dr. Hamam Burhanuddin, M.Pd. ini menghadirkan narasumber yang kompeten.

750 x 100 AD PLACEMENT

Diantaranya, yaitu Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I. (Direktur Pascasarjana UNUGIRI Bojonegoro), dan Dr. Nanik Nurhayati, M.Pd.I. (Pelatih Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guru PAI Nasional).

Direktur Pascasarjana yang akrab disapa Bu Min menyampaikan pengantar tentang pelajar Pancasila. “Untuk membangun karakter Budi pekerti luhur, maka diperlukan adanya metode pendidikan hati,” paparnya.

Kemudian dilanjutkan pemaparan materi implementasi kurikulum Merdeka oleh Dr  Nanik Nurhayati, M.Pd.I. Menurut Dr. Nanik, sebagai guru PAI harus memahami konsep kurikulum beserta elemen yang ada di dalamnya.

Beliau juga menyebutkan bahwa kurikulum Merdeka sangat berkaitan dengan profil pelajar pancasila. Adapun dimensi profil pelajar pancasila terdiri dari beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, Berkebhinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

750 x 100 AD PLACEMENT

Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Analisis Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam kurikulum Merdeka sangat berkaitan.

“Perkembangan dan perubahan kurikulum harus diiringi dengan open mind dari bapak/ibu guru. Mari manfaatkan kecanggihan teknologi untuk terus update informasi terkait kurikulum,” imbuhnya.

Para guru PAI sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Pelatihan ditutup dengan sesi diskusi dan praktek menyusun CP, TP, dan ATP secara langsung. [RRW/RyMr]

750 x 100 AD PLACEMENT

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !