160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Kualitas Guru Al Faraby Turen Ditingkatkan Melalui Pembinaan Profesional


MALANG, HARIAN- NEWS.com – Sekolah Al Faraby Turen Malang , Jawa Timur memberikan prioritas pada Pengembangan dan peningkatan kualitas gurunya. Karena Guru berperan penting dalam pembelajaran dan pelayanan sekolah. Semua aktivitas sekolah selalu melibatkan peran guru.

Berdasarkan hal tersebut, Sekolah Al Faraby Turen Malang menyelenggarakan pembinaan guru. Nara sumber yang dihadirkan adalah Direktur LPI Al Azhaar Tulungagung, KH. Imam Mawardi Ridlwan. Kegiatan peningkatan kualitas guru Sekolah Al Faraby Turen Malang dilaksanakan pada Senin (1/7/2024) di Mushola Al Faraby Turen Malang.

Ketua Umum Yayasan Al Faraby Turen Malang, Hj. Istiqomah, yang mendampingi pembinaan secara penuh waktu, berharap melalui pembinaan terwujud guru Al Faraby Turen yang berkualitas dan profesional. Guru Al Faraby berkenan mengabdi secara tulus, ikhlas, kompak, dan disiplin.

“Saya berharap para guru Al Faraby mengemban amanah dengan prinsip berkhidmad yaitu pengabdian. Mereka oleh Yayasan Al Faraby Turen diberi bekal akademik, keterampilan mengelola kelas, dan pengembangan diri. Hasil pembinaan adalah para guru memiliki kompetensi pedagogik. Profil guru yang berkhidmad secara profesional dalam mengelola proses pembelajaran,” tuturnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Hj. Istiqomah menekankan, kualitas sekolah bergantung pada kualitas dan karakter guru. Di Sekolah Al Faraby Turen, guru berkhidmad, yaitu seorang guru yang selalu mendampingi murid secara tulus. Mereka membangun hubungan dengan wali murid yang aktif, bersifat sabar, menjunjung kedisiplinan, dan berbudi luhur.

Lebih lanjut, Hj. Istiqomah merinci materi pembinaan yang diberikan pada Senin (1/7/2024). Di awal sesi, nara sumber meminta semua guru menuliskan visi dan misi jenjang masing-masing. Dilanjutkan dengan pembahasan tentang cara pengembangan diri para guru agar efektif, efisien, serta profesional dalam menjalankan tugas pembelajaran di kelas.

Pertama seorang guru harus mengenali potensi diri sendiri dan potensi murid serta orang tua murid.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kedua, seorang guru harus rajin mengikuti pembinaan, pelatihan serta musyawarah kerja antar guru.

Ketiga, seorang guru harus berinisiatif, berinovasi dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada dalam pembelajaran.

Materi pembinaan guru Sekolah Al Faraby Turen Malang yang berjalan empat jam tersebut di antaranya adalah mendesain sekolah berkualitas dan profesional, leadership guru profesional, dan tujuh tugas utama guru. Usai pembinaan dilanjut ramah tamah serta sholat dluhur berjama’ah.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !