160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Kenali Aplikasi Laporan Individu Sekolah Dan Aplikasi Dapodik Versi 2023.a

HARIAN-NEWS.com – Perkembangan sistem informasi dewasa ini semakin berkembang pesat, hal ini didukung oleh perkembangan teknologi informatika yang ada di seluruh dunia, dengan demikian memudahkan para pengguna sistem informasi tersebut untuk lebih meningkatkan kegunaan dari sistem informasi yang mereka miliki.

Sistem informasi merupakan kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

Penggunaan teknologi informasi menjadi suatu keharusan yang tidak dapat dihindari oleh setiap perusahaan yang ingin menempatkan dirinya pada posisi paling depan.

Hal ini pun berlaku pada proses kolekting data. Dengan dukungan teknologi internet, data dapat entry dimana saja dan kapan saja.

750 x 100 AD PLACEMENT

Proses penyimpanan data dilakukan dengan cara tersentral dalam suatu server database, sehingga diharapkan semua proses mulai dari entry hingga report data bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Aplikasi Laporan Individu Sekolah berbasis web ini pada dasarnya adalah sama dengan laporan individu sekolah yang biasa dilakukan dengan bebasis offline yang menggunakan Microsoft excell sebagai aplikasi spreadsheet.

Perbedaan adalah pada proses pengiriman data dan proses rekapitulasi laporan. Pada aplikasi ini oprator sekolah dapat mengentry / mengupdate data yang secara langsung akan tersimpan di database server, sehingga tidak ada dibutuhkan lagi proses kirim file. Sehingga resiko adanya proses penularan virus bisa ditiadakan.

Aplikasi Laporan Individu Sekolah

750 x 100 AD PLACEMENT

Aplikasi ini secara umum terdiri dari beberapa entrian data yaitu :

  1. Identitas Sekolah
  2. Rekap Data siswa
  3. Rekap Data PTK
  4. Rekap Data Sarana Prasarana
  5. Rekap Data Keuangan

Namun demikian terdapat perbedaan format isian untuk masing-masing jenjang sekolah.

Aplikasi Laporan Individu Sekolah Berbasis Web adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Tim Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung.

Aplikasi tersebut memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dan Satuan pendidikan yang diperbaharui (update) secara online (syncrone) sesuai dengan kebutuhan sekolah paling sedikit 12 (dua belas ) kali dalam satu tahun.

750 x 100 AD PLACEMENT

Aplikasi Laporan Individu Sekolah Berbasis Web  menjadi awal dimulainya era pendataan yang terterstruktur, massif, dan berkualitas.

Kegiatan pendataan di lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga telah terintegrasi menggunakan Aplikasi Laporan Individu Sekolah dan Aplikasi Dapodik Versi 2023.a

Saat ini, Aplikasi Laporan Individu Sekolah Berbasis Web telah mencapai target pendataan yang tentegrasi sesuai dengan Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan Nomor Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan.

Integrasi sistem pendataan memberi harapan baru bagi kualitas pendataan yang lebih baik guna menunjang indikator indikator program unggulan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Selain itu juga penunjang Indikator Kinerja Utama serta berbasis Dapodik sehingga diharapkan dapat berjalan lebih baik.

Saat ini selain Aplikasi Data Pokok Pendidikan Versi 2023.a, Aplikasi Laporan Individu Sekolah  juga bisa digunakan sebagai basis data untuk mendapatkan indikator indikator program yang digunakan untuk barometer capaian kinerja di Pemerintahan Kabupaten Tulungagung.

Barometer yang bisa diukur diantaranya angka partisipasi kasar, angka partisipasi murni, angka putus sekolah, angka melanjutkan, angka kelulusan, angka partisipasi, rasio guru serta untuk melihat kondisi sekolah di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !