Kamis, 28 Maret 2024

Tekad Warga Mayong Wujudkan Lembaga Pendidikan Islami yang Berkualitas

LAMONGAN, HARIAN-NEWS.com – Warga Dusun Mayong, Desa Sidomlangean, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan bertekad wujudkan lembaga pendidikan Islami yang berkualitas.

Hal itu, disampaikan perwakilan calon wali murid bertekad bulat mewujudkan lembaga untuk generasi emas, yaitu jenjang PAUD & TK dihadapan Kepala Dusun Mayong Mas’ud Efendi, Senin (18/7/2022).

Untuk menjadikan sekolah yang berkualitas, mereka secara kompak mereka meminta Pesantren Al Azhaar Tulungagung untuk mengirim tenaga pengajar PAUD.

Saat ini ada 14  wali murid menitipkan putra-putrinya di PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong.

Strategi lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mereka mengundang pakar PAUD – TK, Hj. Endang Sulastri dari Tuban Jawa Timur untuk memberi pengarahan.

survey dan pendeteksi sumber air

Pendiri PAUD dan TK Insan Kamil Tuban tersebut telah mampu menghantarkan PAUD – TK Insan Kamil Tuban menjadi juara SRA (Sekolah Ramah Anak) nasional.

Tokoh pendidikan dari Tuban tersebut memaparkan,” keberhasilan para orang tua mendidik putra-putrinya adalah keberhasilan yang memilih sekolah.”

Pendiri Yayasan Bina Insan Kamil Tuban ini menambahakan, orang tua yang memasukkan putra putri di PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong merupakan orang tua bahagia dan berkah serta untung. Karena di PAUD dan TK ini diterapkan SRA, Sekolah Ramah Anak.

“Orang tua harus bangga karana sekolah ini punya program unggulan, yaitu menghantar murid menjadi penghafal Al Qur’an. Dilengkapi kemampuan nahwu shorof dengan Metode Al Arbain,” ujarnya.

Wanita pengusaha Tuban ini juga menjelaskan, PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong untuk menyiapkan generasi berkualitas. Syarat utama dibutuhkan peran serta peran orang tua mendukung pembelajaran murid.

Saat masyarakat musyawarah hadlir pula Ketua Yayasan Sosial Pendidikan Kyai Tasir Mayong, H. Katjung Pramono.

Dia yang dapat amanah salah satu bendahara PCNU Babad menjelaskan, PAUD dan TK Al Azhar Mayong merupakan sekolah unggul, Berkwalitas, beradab dan Islami.

BACA JUGA :  Sidak Uji Coba PTMT 100 Persen di Tulungagung

Di Al Azhaar Krapyak Mayong dibiasakan murid bersosialisasi peduli dan bisa berbagi. Tujuan utama murid berprestasi.

“Keunggulan yang perlu disyukuri adalah Al Azhaar menyiapkan murid menjadi penghafal Al Qur’an,” katanya.

Pengasuh Pesantren Al Azhaar Tulungagung, KH. Imam Mawardi yang juga penah diamanahi Wakil Ketua Komisi Dakwah MUI Jatim ini saat dikonfirmasi media ini, membenarkan mengirim sarjana PAUD untuk menjadi kepala sekolah PAUD TK Al Azhaar Krapyak Mayong.

“PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong diutamakan untuk membentuk perilaku murid dengan  pembiasaan.  Pembiasan yang diprogrankan seperti menghafal Al Qur’an, beribadah, dan istighosah dzikir jama’i,” tuturnya.

Mawardi menjelaskan pembiasaan di PAUD TK Al Azhaar Krapyak Mayong menerapkan program empat S. Program sekolah ramah anak yaitu senyum, salam, sapa dan salim.

Tokoh kelahiran Mayong yang saat ini diamanahi wakil Ketua IPHI Jawa Timur memaparkan, program unggulan PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong adalah baca tulis Al Qur’an dengan Metode Yanbu’a.

“Murid wajib hafal asma’ul husna. Target hafal murid PAUD TK adalah 15 Surat Juz Amma. Murid wajib hafal aqidatul awam,” katanya.

Masih kata tokoh yang pernah berkhidmad di RMI NU memaparkan, di Al Azhaar Krapyak Mayong, murid juga wajib hafal hadits pilihan dan hafal nahwu shorof  dengan Metode Al Arbain.

Pendidikan berkualitas, lalau bagaiamana dengan pembiayaannya?

Tatkala dikonfirmasi biaya di PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong, Ketua Yayasan, H. Katjung Pramono menjelaskan, bahwa orang tua murid hanya berinfaq perbulan Rp. 50.000′- saja.

“PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong murni program sosial, program pengabdian. Jariyah wali murid Rp. 50.000 akan dikembalikan ke anak dalam bentuk program outdoor learning,” katanya.

Ditambahkannya, wali murid tidak dibebani biaya. Semua murid diberi seragam batik dan peralatan sekokah.

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Hasil Sidak Sekda Sidoarjo Jelang Idul Fitri 1445: Mamin Aman dan Berkualitas

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Dr. Fenny Apridawati, M.Kes., Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan sidak makanan dan minuman pada Rabu, 26 Maret 2024. Sidak...

Puskesmas Beji Bergerak Cepat Hadapi Lonjakan Kasus DBD

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Di tengah musim penghujan, Tulungagung menghadapi tantangan serius dalam mengendalikan penyebaran demam berdarah dengue (DBD). UPT Puskesmas Beji telah mengambil langkah...

SMP Negeri 5 Tulungagung Raih Prestasi di Lomba Poster Tingkat Kabupaten

TULUNGAGUNG , HARIAN-NEWS.com- Dalam sebuah pencapaian yang membanggakan, SMP Negeri 5 Kabupaten Tulungagung berhasil meraih juara kedua dalam lomba poster tingkat SMP se-Kabupaten Tulungagung....

Bupati Rini Ungkap Laporan Paripurna Dewan Saat Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

BLITAR, HARIAN- NEWS.com – Bupati Blitar Rini Syarifah melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar,...

Ketua Dewan Suwito Saren Menghimbau Masyarakat Kabupaten Blitar Waspadai Cuaca Ekstrem

BLITAR, HARIAN - NEWS .com – Cuaca ekstrim saat ini yang melanda Kabupaten Blitar dan sekitarnya harus diwaspadai.Hal ini diungkapkan, Ketua DPRD Kabupaten Blitar,...

Takmir Masjid Salsabila : Iman dan Taqwa Wujudkan Profesionalitas Kerja Karyawan Perumda Tirta Kanjuruhan Malang

KABUPATEN MALANG, HARIAN-NEWS.com - Salah satu bangunan pendukung yang berada di area perkantoran Perumda Tirta Kanjuruhan, adalah adanya Masjid Salsabila yang berdiri disisi selatan...

Semangat Baru Fraksi Gerindra Jelang Pilbup Blitar 2024

BLITAR, HARIAN- NEWS.com - Dengan semangat yang membara, Fraksi Gerindra di Kabupaten Blitar menatap Pilbup Blitar 2024 dengan penuh optimisme. Menjelang pesta demokrasi yang...

Ketum IMO Dukung Ninik Rahayu Masuk Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran

JAKARTA, HARIAN-NEWS.com- Nama Ninik Rahayu belakangan mencuat ke publik seiring ramainya perbincangan seputar siapa saja yang layak masuk ke dalam kabinet baru hasil Pemilu...

Progres Proyek Peningkatan Jalan Kendal Payak – Kepanjen oleh DPUBM Malang Capai 70 Persen

MALANG, HARIAN- NEWS.com - Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga saat ini tengah melaksanakan kegiatan pekerjaan peningkatan jalan dari pertigaan...

Kajian Menjelang Buka Puasa: Tradisi Ramadhan di Masjid Agung Al Munawar Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN- News.com - Setiap hari selama bulan suci Ramadhan 1445 H/2024, Masjid Agung Al Munawar di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menjadi pusat kegiatan...

SDN 2 Plosokandang Tulungagung Menyulam Harmoni Pendidikan dan Budaya

Tulungagung, harian-news.com - Di tengah gempuran tren pendidikan modern yang serba digital, SDN 2 Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung berdiri teguh dengan inovasi yang mengakar pada...

“Tonny Andreas: Dari Olahraga ke Panggung Politik Blitar.”

Penulis : Etok BLITAR, HARIAN-NEWS.com - Figur Tonny Andreas sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Blitar dikabarkan siap maju sebagai calon AG 2 atau Wakil Bupati...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING