Sabtu, 18 Mei 2024

Tekad Warga Mayong Wujudkan Lembaga Pendidikan Islami yang Berkualitas

LAMONGAN, HARIAN-NEWS.com – Warga Dusun Mayong, Desa Sidomlangean, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan bertekad wujudkan lembaga pendidikan Islami yang berkualitas.

Hal itu, disampaikan perwakilan calon wali murid bertekad bulat mewujudkan lembaga untuk generasi emas, yaitu jenjang PAUD & TK dihadapan Kepala Dusun Mayong Mas’ud Efendi, Senin (18/7/2022).

Untuk menjadikan sekolah yang berkualitas, mereka secara kompak mereka meminta Pesantren Al Azhaar Tulungagung untuk mengirim tenaga pengajar PAUD.

Saat ini ada 14  wali murid menitipkan putra-putrinya di PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong.

Strategi lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mereka mengundang pakar PAUD – TK, Hj. Endang Sulastri dari Tuban Jawa Timur untuk memberi pengarahan.

survey dan pendeteksi sumber air

Pendiri PAUD dan TK Insan Kamil Tuban tersebut telah mampu menghantarkan PAUD – TK Insan Kamil Tuban menjadi juara SRA (Sekolah Ramah Anak) nasional.

Tokoh pendidikan dari Tuban tersebut memaparkan,” keberhasilan para orang tua mendidik putra-putrinya adalah keberhasilan yang memilih sekolah.”

Pendiri Yayasan Bina Insan Kamil Tuban ini menambahakan, orang tua yang memasukkan putra putri di PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong merupakan orang tua bahagia dan berkah serta untung. Karena di PAUD dan TK ini diterapkan SRA, Sekolah Ramah Anak.

“Orang tua harus bangga karana sekolah ini punya program unggulan, yaitu menghantar murid menjadi penghafal Al Qur’an. Dilengkapi kemampuan nahwu shorof dengan Metode Al Arbain,” ujarnya.

Wanita pengusaha Tuban ini juga menjelaskan, PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong untuk menyiapkan generasi berkualitas. Syarat utama dibutuhkan peran serta peran orang tua mendukung pembelajaran murid.

Saat masyarakat musyawarah hadlir pula Ketua Yayasan Sosial Pendidikan Kyai Tasir Mayong, H. Katjung Pramono.

Dia yang dapat amanah salah satu bendahara PCNU Babad menjelaskan, PAUD dan TK Al Azhar Mayong merupakan sekolah unggul, Berkwalitas, beradab dan Islami.

BACA JUGA :  Habib Jindan Mengapresiasi Khidmad Pemprov Jawa Timur Saat Rangkaian Dakwah Habib Umar Bin Hafidz

Di Al Azhaar Krapyak Mayong dibiasakan murid bersosialisasi peduli dan bisa berbagi. Tujuan utama murid berprestasi.

“Keunggulan yang perlu disyukuri adalah Al Azhaar menyiapkan murid menjadi penghafal Al Qur’an,” katanya.

Pengasuh Pesantren Al Azhaar Tulungagung, KH. Imam Mawardi yang juga penah diamanahi Wakil Ketua Komisi Dakwah MUI Jatim ini saat dikonfirmasi media ini, membenarkan mengirim sarjana PAUD untuk menjadi kepala sekolah PAUD TK Al Azhaar Krapyak Mayong.

“PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong diutamakan untuk membentuk perilaku murid dengan  pembiasaan.  Pembiasan yang diprogrankan seperti menghafal Al Qur’an, beribadah, dan istighosah dzikir jama’i,” tuturnya.

Mawardi menjelaskan pembiasaan di PAUD TK Al Azhaar Krapyak Mayong menerapkan program empat S. Program sekolah ramah anak yaitu senyum, salam, sapa dan salim.

Tokoh kelahiran Mayong yang saat ini diamanahi wakil Ketua IPHI Jawa Timur memaparkan, program unggulan PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong adalah baca tulis Al Qur’an dengan Metode Yanbu’a.

“Murid wajib hafal asma’ul husna. Target hafal murid PAUD TK adalah 15 Surat Juz Amma. Murid wajib hafal aqidatul awam,” katanya.

Masih kata tokoh yang pernah berkhidmad di RMI NU memaparkan, di Al Azhaar Krapyak Mayong, murid juga wajib hafal hadits pilihan dan hafal nahwu shorof  dengan Metode Al Arbain.

Pendidikan berkualitas, lalau bagaiamana dengan pembiayaannya?

Tatkala dikonfirmasi biaya di PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong, Ketua Yayasan, H. Katjung Pramono menjelaskan, bahwa orang tua murid hanya berinfaq perbulan Rp. 50.000′- saja.

“PAUD dan TK Al Azhaar Krapyak Mayong murni program sosial, program pengabdian. Jariyah wali murid Rp. 50.000 akan dikembalikan ke anak dalam bentuk program outdoor learning,” katanya.

Ditambahkannya, wali murid tidak dibebani biaya. Semua murid diberi seragam batik dan peralatan sekokah.

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Giat Pelayanan KB Gratis Implan dan IUD di Puskesmas Pagerwojo Sukses

Giat Pelayanan KB Gratis Implan dan IUD di Puskesmas Pagerwojo Sukses TULUNGAGUNG HARIAN- NEWS.com - Pada hari Selasa, tanggal 14 Mei 2024, Puskesmas Pagerwojo, Tulungagung,...

Milad ke-31 Pesantren Al Azhaar, Dihadiri Pj. Bupati Wujud Sinergi Dakwah dan Pendidikan

TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com - Pesantren Al Azhaar Tulungagung, Jawa Timur, merayakan Milad ke-31 dengan penuh syukur dan kehangatan Acara tasyakuran yang diadakan pada hari Jumat,...

Demontrasi Damai, Jurnalis Malang Raya Bersatu Menolak RUU Penyiaran

  MALANG, HARIAN-NEWS.com - Dalam sebuah demonstrasi damai yang berlangsung di depan gedung DPRD dan Balaikota Malang, para jurnalis dari Malang Raya menyatakan penolakan mereka...

Konsultasi Publik Persiapan Lahan Pembangunan SPAM Diyeng

Malang, Harian-news.com -  Setelah pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kaligoro yang bertujuan untuk mengatasi kekeringan air di wilayah Malang Selatan khususnya untuk wilayah...

Mengukir Masa Depan Lingkungan: Pelantikan SAKA Kalpataru Sidoarjo 2024

SIDOARJO, HARIAN- NEWS.com - Dalam rangka memperkuat edukasi dan aksi lingkungan di kalangan pemuda, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo menggelar acara Orientasi...

Kapolres Tulungagung Berangkat Haji, Doa dan Harapan Sekretaris IPHI Jatim

AKBP Teuku Arsya Khadafi, S.H., S.I.K., M.Si.,   TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com Sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Timur, KH. Imam Mawardi Ridlwan, menyampaikan doa khusus...

Seleksi Kompetensi BLUD RSUD dr. Iskak, Wujud Transparansi dan Kesempatan bagi Calon Pegawai

TULUNGAGUNG , HARIAN- NEWS.com - Pemerintah Kabupaten Tulungagung berkomitmen pada Pelayanan Kesehatan Berkualitas, ada 1.173 Peserta Ikuti Seleksi PTT RSUD dr. Iskak Dalam upaya meningkatkan...

Upaya Pengendalian Inflasi 2024, Pj. Bupati Ikuti Rakor Strategis Tulungagung Secara Daring

TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com - Pada hari Senin, 13 Mei 2024, sebuah Rapat Koordinasi (Rakor) penting telah dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pengendalian inflasi di...

Mbah Rahmat dan Al Azhaar Bersinergi, Buka Peluang Pendidikan PAUD dan TK Tahfidz di Ngadiluwih

KEDIRI, HARIAN- NEWS.com - Dalam langkah yang menginspirasi, Mbah H. Rahmat dari Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur mengundang Pengasuh Pesantren Al Azhaar Tulungagung, Abah Imam...

Perda Kota Layak Anak Disahkan, Pemkot Malang Tingkatkan Perlindungan Hak Anak

MALANG, HARIAN-NEWS.com - Dalam upaya serius meningkatkan perlindungan hak-hak anak, DPRD Kota Malang telah mengesahkan Perda Kota Layak Anak. Sidang paripurna pada Selasa (14/5/2024) menjadi...

Perayaan Milad ke-31 Pesantren Al Azhaar Tulungagung, Sebuah Refleksi Perjalanan dan Komitmen Khidmat Berjama’ah

TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com - Pesantren Al Azhaar Tulungagung merayakan miladnya yang ke-31 dengan gelar “Al Azhaar Bersholawat”, bersama Habib Sayyidi Baraqbah dari Yogyakarta. Acara ini...

MA Sains BIK Tuban, Oasis Ilmu Pengetahuan yang Membudayakan Prestasi

TUBAN, HARIAN- NEWS.com - Di bawah naungan Kemenag Kabupaten Tuban, sebuah semai pendidikan bernama MA Sains Bina Insan Kamil (BIK) Tuban telah tumbuh, berakar...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING