160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Dinkes Tulungagung Genjot Vaksinasi untuk Remaja

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Didik Eka Sunarya Putra, M.Kes
Dinkes Tulungagung genjot vaksinasi untuk remaja di sekolah-sekolah dan desa. (foto) Suasana vaksinasi di SMK Sore Tulungagung by cakrawala.co

TULUNGAGUNG,HARIAN-NEWS.com — Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung terus genjot vaksinasi Covid 19. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Tulungagung,  disampaikan Didik Eka selaku Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular target vaksinasi anak dari kemenkes untuk remaja di Tulungagung  95. 252 orang.

” Sampai dengan bulan Oktober ini  capaiannya sudah  50 persen lebih, angka itu  Didukung  bulan lalu vaksinasi remaja telah dimulai untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka,” kata Didik Eka.

Dijelaskan Didik Eka, vaksinasi dimulai kelas 3 SMA/MA/SMK, dilanjutkan kelas 3 SMP/Mts, kegiatan  ini akan dilakukan secara bertahap dan diperkirakan akhir tahun tuntas.

” Doakan saja Bulan Desember sudah tuntas dosis 1,” katanya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Masih kata Didik Eka, dalam awal bulan ini juga,  akan diadakan vaksinasi untuk sekolah dasar yang sudah berusia 12 Tahun. Sedangkan anak remaja tidak sekolah melalui vaksinasi tingkat Desa.

Ini sesuai dengan surat edaran kementerian kesehatan no HK.02.02/I/ 1727 /2021, Tentang Vaksinasi Tahap 3 Bagi Masyarakat Rentan Serta Masyarakat Umum Lainnya dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Anak Usia 12-17 Tahun.

          Berdasarkan surat edaran tersebut, pelaksanakan pemberian vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun dengan memperhatikan:

  1. Pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau di sekolah/madrasah/pesantren berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kanwil/Kantor Kemenag setempat untuk mempermudah pendataan dan monitoring pelaksanaan;
  2. Mekanisme skrining, pelaksanaan dan observasi sama seperti vaksinasi pada usia >18 tahun;
  3. Peserta vaksinasi harus membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan NIK anak;
  4. Pencatatan dalam aplikasi PCare vaksinasi dimasukkan dalam kelompok remaja;
  5. Menggunakan vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan jarak atau interval minimal 28 hari. (agp)

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !