160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Bupati Sholat Idul Adha 1444 di Masjid Agung Al Munawar

Bupati Sholat Idul Adha 1444 di Masjid Agung Al Munawar

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Masjid Agung Al Munawar menggelar Sholat Ied, Idul Adha 1444, Kamis (29/6/2023), yang dihadiri Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dan seluruh lapisan masyarakat Tulungagung.

Gema takbir bertalu-talu menggema pagi itu di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung dari seluruh Masjid Jamik dan masjid-masjid yang ada di 19 Kecamatan di Kabupaten Tulungagung.

Pada kesempatan itu, Bupati Tulungagung Bupati, Maryoto, menyampaikan,  agar masyarakat memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Adha untuk tunduk dan patuh sepenuhnya kepada Allah SWT, seraya merenungkan kembali keteladanan agung Nabi Ibrahim Alaihissalam, ketika ia mendapat perintah untuk mengorbankan putra terkasihnya, Nabi Ismail Alaihissalam, yang telah teruji memiliki keikhlasan, kekuatan hati dan ketaatan multak terhadap Allah SWT.

“Mari kita rayakan Idul Adha ini dengan penuh kesederhanaaan dengan tidak mengurangi nilai dan esensi Idul Adha itu sendiri. meskipun tahun ini kita merayakan Idul Adha,” kata Bupati.

750 x 100 AD PLACEMENT

 

Bupati Maryoto mengatakan, ada dua peristiwa penting yang tidak bisa lepas dari Hari Raya Idul Adha, yaitu Ibadah Haji dan Kurban.

“Alhamdulillah, tahun ini Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan terbukanya kuota bagi calon jamaah haji indonesia. Keberangkatan para jamaah calon haji tahun ini patut disyukuri, karena ini merupakan amanah dan petunjuk dari Allah SWT,” katanya.

Dia menambahkan, dalam ibadah haji sendiri, hampir seluruh rangkaian ibadahnya membutuhkan kesabaran, mulai dari pendaftaran sampai dengan pelaksanaan dan kembali ke Tanah Air.

750 x 100 AD PLACEMENT

Masih kata Bupati, kendati demikian, tanpa kesabaran, jamaah haji tidak akan mungkin mampu melewati rangkaian ibadah yang memerlukan kekuatan mental dan fisik seperti Tawaf, Sa’i, Wukuf di Arafah, dan melempar jumrah.

“ Ibadah kedua yang kita lakukan pada Hari Raya Idul Adha adalah Ibadah Kurban. Dengan berkurban semakin memberikan kesadaran kepada kita, bahwa harta yang kita miliki bukanlah mutlak milik kita, melainkan hanya titipan dari Allah SWT yang di dalamnya terdapat hak orang lain,” katanya.

Ibadah kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial masyarakat yang mampu terhadap yang lemah. Dari kedua hal tersebut, ada Dua Hikmah yang bisa di simpulkan, yang pertama adalah Hikmah Vertikal, yakni semakin dekat kepada Allah SWT, dan Hikmah Horizontal yakni kedekatan dengan sesama manusia dengan saling berbagi rejeki.

Pada kesempatan itu, Bupati juga membagikan hewan kurban berupa seekor sapi ukuran besar pada panitia Qurban Masjid Agung Al Munawar.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !