160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Bupati Maryoto Yakinkan Desa Sumberejo Kulon Siap Maju ke Tingkat Nasional

Bupati Tulungagung Maryoto lakukan peninjauan lapangan penilaian Lomba Pembinaan terpadu PKK Sehat Lestari Berencana Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 di Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kamis (11/5/2023).

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com` – Bupati Tulungagung Maryoto lakukan peninjauan lapangan penilaian Lomba Pembinaan terpadu PKK Sehat Lestari Berencana Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 di Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kamis (11/5/2023).

Desa Sumberejo Kulon terpilih menjadi tiga besar pelaksana terbaik Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana Tahun 2023 khususnya untuk kategori pembinaan Posyandu – Bangga Kencana.

“Hal ini telah menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkarya dan terus membangun untuk “mewujudkan perilaku sehat, lingkungan bersih, dan keluarga berkualitas dalam rangka percepatan penurunan stunting” di Kabupaten Tulungagung,” kata Bupati.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kabupaten Tulungagung memiliki 271 Desa / Kelurahan dengan jumlah Posyandu Balita sebanyak 1.243 dan Posyandu Lansia sebanyak 408. Posyandu berstrata mandiri sebanyak 14 Posyandu, salah satunya Posyandu di Desa Sumberejo Kulon Kecamatan Ngunut ini.

Kedepan Pemerintah Kabupaten Tulungagung berkomitmen untuk terus mendorong revitalisasi Posyandu termasuk peningkatan strata posyandu balita menuju strata mandiri dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tulungagung sehingga target zero stunting atau zero malnutrisi bisa segera tercapai.

Perlu kami sampaikan kepada Tim, bahwa berdasarkan data bulan timbang di Posyandu, prevalensi stunting di Kabupaten Tulungagung terus menunjukkan tren yang positif dimana secara konsisten mengalami penurunan hingga menjadi 4,25% pada tahun 2022 atau sejumlah 2.214 balita stunting.

Sejalan dengan visi Kabupaten Tulungagung, dan dengan memperhatikan prioritas Indonesia Maju dan prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui kolaborasi Perangkat Daerah serta pentahelix pembangunan telah mengintegrasikan Program PKK Sehat Lestari Berencana dalam tataran perencanaan, penganggaran dan implementasi program.

750 x 100 AD PLACEMENT

Disamping itu, untuk mendukung pembinaan Posyandu – Bangga Kencana telah dibentuk regulasi baik berupa Peraturan Daerah, Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati.

Penunjukkan Desa Sumberejo Kulon untuk mewakili Kabupaten Tulungagung dalam Program PKK Sehat Lestari Berencana ini tentunya tidak terlepas dari komitmen yang kuat dari Pemerintah Desa dan Tim Penggerak PKK Desa untuk mendukung pelaksanaan program ini.

Hal ini dibuktikan dengan telah dibentuknya kebijakan di tingkat desa dalam mendukung pelaksanaan kegiatan terkait posyandu, pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

“Komitmen dari Kepala Desa untuk mengalokasikan dana desa serta menggandeng masyarakat dan dunia usaha termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan program ini dalam rangka percepatan penurunan stunting di Desa Sumberejo Kulon,” katanya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Maasih kata Bupati, BUMDesa Sumber Mulyo yang dimiliki oleh Desa Sumberejo Kulon ini pada tahun 2022 menjadi Juara 1 Lomba BUMDesa se-Provinsi Jawa Timur sehingga telah terbukti nyata keberadaan BUMDesa ini dapat mengungkit perekonomian masyarakat serta berperan aktif dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Disamping itu, cukup banyak inovasi pembinaan                  Posyandu – Bangga Kencana di Desa Sumberejo Kulon yang telah berkontribusi dalam Penurunan Stunting.

“ Pada prinsipnya Kabupaten Tulungagung khususnya Desa Sumberejo Kulon siap untuk dinilai oleh yang terhormat Tim Penilai Lomba Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana, dan siap untuk maju ke Tingkat Nasional,” kata Bupati dengan penuh keyakinan.

Pada kesempatan itu, Bupati didampingi Ibu Siyuk Maryoto Birowo Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung, Ibu Wakil ketua Penggeak PKK Kabupaten Tulungagung beserta anggota.

Turut mendampingi juga Sekretaris Daerah Sukadji dan jajaran Kepala OPD, Camat Ngunut, Forkopimcam beserta ibu Ketua Penggerak PKK Kecamatan Ngunut, Kepala Desa Sumberejo Kulon.

 

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !