160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

SMPN 2 Karangrejo Gagas Gerakan Baca Al-Qur’an di Sekolah

SMPN 2 Karangrejo, Tulungagung, Jawa Timur Gagas gerakan baca Al-Qur’an
Endang Uriani, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Karangrejo, Tulungagung, Jawa Timur, Gagas Gerakan baca Al-Qur’an di sekolah

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com —  Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Dan untuk bisa melaksanakan itu semua, dikatakan Endang Uriani selaku penggagas baca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Karangrejo, Tulungagung, Jawa Timur, dibutuhkan adanya pembelajaran tentang sumber-sumber hukum dan ajaan dari Al-Qur’an dan Al-Hadist serta istiqomah dalam menjalankan semua ajaran Nya.

Saat ini SMP Negeri 2 Karangrejo mengembangkan pembelajaran Al – Qur’an dengan membaca bersama – sama (nderes).

Gerakan baca Al-Qur’an di sekolah, ini penting sebab selama ini anak yang bersekolah di lembaga negeri lebih mengedepankan penuntasan pembelajaran kurikulum dan kurang mendapat tambahan pembelajaran keagamaan.

“Ini yang terkadang menjadi sorotan masyarakat utamanya di Kecamatan Karangrejo dan sekitarnya,” kata Endang Uriani selaku Kepala SMP Negeri 2 Karangrejo.

750 x 100 AD PLACEMENT

Ditambahkannya, Islam adalah agama yang selalu menekankan kepada umatnya untuk berbuat kebajikan, kedamaian, kasih sayang, dan keselamatan. Islam merupakan agama yang menganjurkan umatnya untuk selalu berinovasi dan menuntut ilmu pengetahuan. Perhatikan firman Allah: “Bacalah dengan nama Tuhanmu Yang menciptakan” (QS 96: 1).

Untuk itulah, di SMPN 2 Karangrejo dikembangkan pembelajaran Al Quran. Disampaikan Kepala SMPN 2 Karangrejo. Endang uriani, ” Saya berharap kedepannya siswa sekolah ini memiliki lulusan yang juga pandai membaca Al Quran dan tentunya orang tua tidak perlu repot lagi mengantarkan anaknya untuk mengaji sore di TPQ sebab sudah didapatkan pembelajarannya di sekolah”.

Dijelaskan juga oleh Endang motivasi utamanya dilakukan pembelajaran Al Quran adalah kesadaran bahwa Al Quran adalah sumber hukum utama. Firman Allah SWT dalam Al Quran Surat An-Nisa ayat 59 yang artinya.”Hai, orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul Nya, dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”

“Al Quran dan hadis merupakan dua hal pokok dalam ajaran Islam. Keduanya merupakan hal sentral yang menjadi jantung umat Islam,” ucap Endang.

750 x 100 AD PLACEMENT

Selanjutnya Endang berharap pembelajaran Al- Quran ini dapat dikembangkan di sekolah lain agar keseimbangan antara ilmu dan amal dapat terwujud, khususnya bagi siswa muslim.

 

Jurnalis  : Agung

Editor     : Purwanto

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !