160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT


Persetujuan Ranperda LPj. APBD Tahun Anggaran 2023 di Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang

MALANG, HARIAN-NEWS.com – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang Menyetujui Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Selasa (4/7/2024).

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi dan seluruh jajaran nya. Tampak hadir dari Pemerintah Kabupaten Malang Bupati Malang Sanusi beserta jajarannya.

Seluruh Fraksi-fraksi yang ada di DPRD Malang, yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai PKB, Fraksi Partai Nasdem dan Fraksi Partai Gerindra menyetujui Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2023.

750 x 100 AD PLACEMENT

Pada kesempatan itu, Fraksi – fraksi juga memberikan catatan untuk bahan evaluasi atas LPj.APBD Tahun Anggaran 2023, diantaranya;

1. Penetapan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) seharusnya disesuaikan dengan data potensi PAD.

2. Kekurangan volume atas pekerjaan Belanja dan Jasa Pemeliharaan Gedung dan Bangunan, Kekurangan volume atas Pekerjaan Belanja Modal yang selalu menjadi temuan yang berulang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setiap tahun.

3. Untuk penyusunan perencanaan agar dilakukan lebih akurat, efektif dan efisien dan tepat guna pada program dan kegiatan di masing2 perangkdt kerja daerah untuk mengukur pencapaian Visi dan Misi Kepala Daerah di setiap tahun.

750 x 100 AD PLACEMENT

Bupati Malang menyampaikan, setelah melalui proses pembahasan dan penyelarasan dengan hasil Pemeriksaan BPK RI agar disampaikan bahwa kontruksi realisasi anggaran pada Tahun Anggaran 2023, adalah;

1. Pendapatan Daerah Rp 4 triliun 375 miliar 225 juta 168 ribu 406 rupiah 88 sen.

2. Belanja Daerah sebesar Rp 4 Triliun 303 miliar 906 juta 60 ribu 736 rupiah 83 sen.

3. Pembiayaan Netto sebesar 204 miliar 131 juta 392 ribu 218 rupiah 25 sen.

750 x 100 AD PLACEMENT

4. Sisa lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) sebesar 275 miliar 450 juta 493 ribu 988 rupiah 31 sen.

Selanjutnya SILPA lebih akan dimasukan pada Perubahan Anggaran Keuangan Tahun 2024 sebagai perolehan pembiayaan.

Selain itu, Bupati Malang mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama dan sinergi selama ini. Hal ini merupakan komitmen kita bersama dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel serta taat pada peraturan perundang undangan .

” Kedepan kami tentu mengharapkan adanya kerjasama yang semakin solid antara eksekutif dan legislatif sehingga pengelolaan APBD tahun anggaran berikutnya juga dapat berjalan lebih baik lagi. Kami juga mengharapkan pada semua pihak terutama DPRD agar tetap melakukan pengawasan dan memberikan rekomendasi – rekomendasi positif, saran maupun kritikan , agar kualitas pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Malang juga dapat semakin meningkat”.

Bupati Sanusi juga mengungkapkan, Insyaallah secara bertahap masyarakat Kabupaten Malang akan merasakan peningkatan kesejahteraan dan hasil kemajuan pembangunan.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !