160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Pengukuhan 83 Anggota Paskibraka Tulungagung 2023

Bupati Tulungagung Kukukan Paskibraka

Pada saat itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menjelaskan, pada momentum kali ini ada 83 Paskibraka Kabupaten Tulungagung yang di kukuhkan sebelum nantinya akan menjalankan tugas pengibaran bendera pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 di halaman Pemkab Tulungagung,

“83 Paskibraka tersebut berasal dari SMA, SMK Negeri maupun Swasta dan MAN di Kabupaten Tulungagung, yang telah menjalani berbagai seleksi,” kata Bupati Tulungagung, Selasa, (15/8/2023).

Selain itu, ada juga yang menjadi cadangan sebanyak tiga (3) orang, dari puluhan Paskibraka tersebut sudah menjalani latihan sejak tanggal 1 Agustus 2023 hingga kini, pelatihan tentunya bermacam – macam mulai baris berbaris, komando dan ketahanan fisik.

750 x 100 AD PLACEMENT

Tak hanya itu, Tulungagung sendiri juga mengirimkan Paskibraka di tingkat provinsi sebanyak dua (2) orang yang kini sudah berangkat ke Surabaya.

“Untuk yang ke tingkat nasional tahun ini belum ada, lantaran seleksi yang ketat juga,” jelasnya.

Usai menjalani pengukuhan, para anggota Paskibraka menginap di Hotel Lojikka untuk menjaga stamina serta mempermudah komunikasi agar nantinya ketika puncak Kemerdekaan RI, Kamis, 17 Agustus 2023, bisa menjalankan tugas dengan baik.

Usai menjadi Paskibraka Kabupaten, mereka nantinya akan kembali ke sekolah masing – masing menjadi Duta Pancasila.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Jadi disekolah mereka akan menjadi Duta Pancasila bagi adik – adik kelasnya,” pungkasnya.

Paskibraka

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka).
Pasukan 17 terdiri dari apa saja?
Dalam Pasukan 17 ini terdapat Komandan Pasukan (Danpas) Paskibraka, satu Komandan Kelompok dan seluruh anggota pasukannya adalah Paskibraka.
Apa saja tingkatan Paskibra?
Pada dasarnya Paskibraka terdiri dari tiga tingkatan, yaitu:
  • Paskibraka Nasional (Pasnas)
  • Paskibraka Provinsi.
  • Paskibraka Kota/Kabupaten.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !