160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Parenting Positif untuk Wujudkan Generasi Emas Blora

BLORA, HARIAN- NEWS com – Pendidikan modern selalu melibatkan peran orang tua murid, baik saat proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) maupun di rumah.

Para tokoh pendidikan menekankan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas murid, baik secara akademik, spiritual, emosional, maupun dalam pengembangan keterampilan.

Menurut Pengasuh Pesantren Nurul Haromain di Bladeg, Kutukan, Randublatung, Blora, Kyai Najib, tantangan ini akan dijawab oleh LPI Al Haromain Blora yang mengelola PAUD, TK Wildani, dan SD Ghilmani. Mereka akan menghadirkan praktisi pendidikan, KH. Imam Mawardi Ridlwan.

Kehadiran pengasuh Pesantren Al Azhaar di Tulungagung akan dikemas dalam acara parenting orang tua efektif. Parenting Insan Alloh akan dilaksanakan pada Ahad, 20 Juli 2024, di LPI Al Haromain Bladeg, Kutukan, Randublatung, Blora.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kyai Najib juga menekankan, keberadaan anak seringkali menjadi kebahagiaan bagi kedua orang tua, namun terkadang juga menjadi tantangan.

“Kita memahami, putra-putri kita adalah perhiasan. Hal ini sejalan dengan Surat Al Kahfi ayat 46 yang menyatakan bahwa harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia. Namun, amal kebajikan yang terus-menerus lebih baik pahalanya di sisi Tuhan serta lebih baik untuk menjadi harapan. Oleh karena itu, kita perlu memahami konsep parenting,” ujarnya.

Masih menurut Kyai Najib yang merupakan seorang da’i tugas dari Pondok Pesantren Pengembang Dan Dakwah Nurul Haromain Ngroto Pujon Malang, sesungguhnya keberadaan anak itu sering membagiakan kedua orang tua, namun kadang sebaliknya. Yaitu menyusahkan kedua orang tua.

“Kita memahami bahwa putra-putri kita adalah perhiasan. Hal ini dijelaskan dalam Surat Al Kahfi ayat 46:

750 x 100 AD PLACEMENT

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا  ۖ وَالْبٰقِيٰتُ الصّٰلِحٰتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amal kebajikan yang terus-menerus adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan. Berlatar belakang ayat tersebut kita gelar parenting,” ujarnya.

Ditempat terpisah nara sumber parenting yang akan digelar insya Alloh pada Ahad 21/7/2024, KH. Imam Mawardi Ridlwan menegaskan, memang anak itu perhiasan. Sebagaimana disebut di Al Qur’an surat Ali Imron ayat 14, Gusti Alloh Ta’ala dawuh bahwa anak itu perhiasan.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَآءِ وَالْبَنِينَ

750 x 100 AD PLACEMENT

Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak.

Dan firman Alloh Ta’ala dalam surat At-Taghabun ayat 15

إِنَّمَآ أَمْوٰلُكُمْ وَأَوْلٰدُكُمْ فِتْنَةٌ  ۚ وَاللَّهُ عِنْدَهُۥٓ أَجْرٌ عَظِيمٌ

Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah pahala yang besar.

Dalam menutup keterangan, Kyai Najib menuturkan salah satu tujuan parenting adalah untuk menumbuhkan kepedulian orang tua murid. Para orang mampu mengontrol perilaku negatif anak.

Kyai Najib menambahkan, para orang tua sesungguhnya diingatkan oleh Alloh Ta’ala dalam surat Al-Munafiqun ayat 9

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوٰلُكُمْ وَلَآ أَوْلٰدُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ  ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذٰلِكَ فَأُولٰٓئِكَ هُمُ الْخٰسِرُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barang siapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.

Dan juga di At-Taghabun ayat 14

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوٓا إِنَّ مِنْ أَزْوٰجِكُمْ وَأَوْلٰدِكُمْ عَدُوًّا لَّكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ

Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka.”

Parenting bersama Abah Imam sebagai upaya mendapatkan solusi strategi mewujudkan anak kita menjadi penyejuk hati.

Abah Imam membuka sebagian materi parenting Ahad (21/7/2024), para orang murid akan diajak sharing bagaimana upaya kita untuk meningkatkan diri. Yaitu peran serta pengasuhan. Jika tidak maka akan berdampak pada ketidakmampuan orang tua dalam mengasuh dan melindungi anak, termasuk risiko kekerasan fisik, mental, seksual, dan penelantaran.

Parenting di Dusun Bledeg Desa Kutukan Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora akan disampaikan materi bagaimana diri kita mampu bersyukur dalam kondisi apapun.

Inilah yang dimaksud positive parenting yaitu pola pengasuhan anak yang selalu berperilaku positif. Pola ini adalah melalui pendekatan kasih sayang. Yaitu mengajak orangtua untuk mendisiplinkan anak melalui kebersamaan  dan selalu memberikan reward ucapan alhamdulillah di kala anak berperilaku maslahat.

Positive parenting akan berdampak pada pencapaian perkembangan anak optimal, termasuk baik aspek bahasa, kognitif, fisik, sosial, emosional, dan moral.

Abah Imam praktisi yang saat ini juga menjadi Sekretaris IPHI Jawa Timur ini akan memberi solusi para orang tua agar menjadi uswah, yaitu panutan perilaku efektif dan positif

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !