160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT


Kepala Dinkes : Waspadai Gejala Hepatitis dan Minta Warga Tidak Panik

Muhroji, Kasi P2M, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com — Merebaknya berita adanya temuan kasus hepatitis akut di RSUD dr.Iskak Tulungagung yang menimpa anak usia 7 (tujuh) tahun, kini menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dr. Kasil Rohmat memberikan imbauan pada seluruh jajaran termasuk Puskesmas dan Faskes untuk mewaspadai gejala ini. Serta pada masyarakat agar tidak panik dan tetap menjaga pola hidup sehat.

Disampaikan kepala dinas kesehatan melalui kasinya Muhroji.  “Masyarakat diharapkan agar jangan panik dan tetap menjaga pola hidup sehat Rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, Konsumsi makanan dan minuman yang matang sempurna, Gunakan alat makan pribadi, Kenakan masker saat berada di luar rumah, Jaga jarak dengan orang yang sakit, Batasi mobilitas anak, Rutin membersihkan benda yang disentuh anak.”

Ditambahkannya Sesuai dengan kriteria Kementerian Kesehatan dan WHO (World Health Organisation)) atau Organisasi Kesehatan Dunia, ada kriteria yang diantaranya ada gejala penyakit kuning, berusia di bawah 10 tahun, dan tidak ada penyebab lain. Gejala yang muncul adalah demam, diare, urine berwarna lebih pekat dan feses berwarna pucat.

750 x 100 AD PLACEMENT

Gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice akut, dan gejala gastrointestinal (nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah).

Menanggapi adanya dugaan anak usia 7 tahun yang meninggal karena Hepatitis, Muhroji menjelaskan bahwa itu masih dilakukan penyelidikan epidemiologi, jadi masyarakat harus bersabar dan menunggu hasilnya.

 

Jurnalis      : Agung Puji P

750 x 100 AD PLACEMENT

Editor         : Eddy Ngemplak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !