160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Dishub Edukasi Anak Usia Dini Tertib Berlalu Lintas

Edukasi tertib Berlalu Lintas Anak Usia Dini oleh Dishub Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com —  Dinas Perhubungan menggelar aksi nyata dengan memberikan edukasi berupa pemahaman tertib berlalu lintas, di Aula/Ruang Rapat lantai II Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung di Jalan Yos Sudarso 117, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (13/10/2022).

Kepala Dinas Perhubungan Galih Nusantoro melalui Kepala Bidang Keselamatan Jalan, Widjanarko, mengatakan, aksi nyata kami ini dalam rangka mewujudkan generasi penerus bangsa yang taat berlalu lintas dan mengerti tentang rambu lalu lintas, diperlukan edukasi kepada anak usia dini utamanya anak sekolah.

“Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada anak usia dini  tentang tertib berlalu lintas, guna mengantisipasi terjadinya pelanggaran berlalu lintas yang mengakibatkan kecelakaan dalam berkendara yang dilakukan oleh pelajar,” tuturnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Awalnya Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung melaksanakan pembinaan utamanya kegiatan edukasi berlalu lintas ini dilakukan secara door to door namum seiring berjalannya waktu karena kesadaran masyarakat, pihak sekolah memberikan surat ke sekolah-sekolah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung untuk mengadakan kunjungan sekolah.

Dalam kunjungan sekolah tersebut, anak – anak diajak berkeliling menggunakan bus sekolah sambil diberi informasi arti rambu lalu lintas yang ada di jalan.

Widjanarko menambahkan, untuk sekolah yang berkunjung ke Dinas Perhubungan akan menerima materi teori berupa Pengenalan Rambu Lalu Lintas, tertib Berlalu Lintas, Cara memakai Helm yang benar, dan juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan

“Setelah materi teori anak akan langsung berkeliling menggunakan bus sekolah agar mereka bisa secara langsung tahu rambu lalu lintas dan fungsinya saat berada di jalan,” tuturnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Widjanarko berharap sosialisasi ini berdampak nyata, agar hal-hal yang tidak diinginkan di jalan raya tidak terjadi.

Manfaat kegiatan kunjungan ini nampaknya sangat dirasakan oleh anak dan orangtuanya, terbukti setelah mengikuti kegiatan ini, anak – anak berani mengingatkan orang tuanya saat di jalan.

Seperti yang disampaikan Suwito (37) warga Desa Sambirobyong, Kecamatan Sumbergempol,  yang kebetulan mengantarkan anaknya kunjungan ke Dinas Perhubungan menyambut baik kegiatan ini.

“ Apresiasi untuk Dinas Perhubungan Tulungagung yang telah menerima kunjungan sekolah kami, setelah mengikuti kegiatan ini, anak saya sekarang sering mengatakan kalau ada rambu lalu lintas saat berada di jalan dirinya sering diingatkan anaknya,” katanya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Karena manfaatnya yang besar, Suwito berharap kepada  sekolah yang belum bekerjasama dengan dinas perhubungan untuk segera melakukan koordinasi langsung atau berkirim surat.

Angkutan Sekolah Gratis

Angkutan sekolah gratis buat pelajar ini merupakan program dari Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Perhubungan.

Angkutan Sekolah Gratis bertujuan agar anak sekolah dari SD, SMP dan anak kelas 1 SMA terutama yang belum memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) merasa aman, nyaman dan selamat sampai tujuan atau yang biasa kita sebut dengan (RASS) Rute Aman Selamat Sekolah.

Rute yang dilewati/disediakan untuk Angkutan Sekolah Gratis yaitu rute/jalur sekolah yang ada di Kabupaten Tulungagung.

Jumlah armada transportasi yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung yaitu 31 armada MPU (Mobil Penumpang Umum) dan 9 buah Bus Sekolah.

Diharapkan anak-anak dibawah usia 17 tahun dapat memanfaatkan Bus Sekolah Gratis saat berangkat ke sekolah, dan  tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi.

 

 

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !