160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Dinkes Tulungagung Lakukan Rakor untuk Optimalkan BIAN

Dinas kesehatan Tulungagung saat rapat koordinasi (rakor) pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Ballroom 2 Crown Victoria Hotel Senin, (18/7/2022).

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com Dinas kesehatan Tulungagung melakukan rapat koordinasi (rakor) pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Ballroom 2 Crown Victoria Hotel Senin, (18/7/2022). Tujuannya untuk mengoptimalkan BIAN.

Acara tersebut dihadiri  oleh para peserta yang berasal dari seluruh kepala puskesmas se-kabupaten, para organisasi perempuan, dan seluruh camat.

Kepala Dinkes Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmad, MMRS mengatakan bahwa saat pandemi Covid-19 ini terjadi penurunan cakupan imunisasi anak secara signifikan.

Sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya kejadian luar biasa (KLB) hingga terjadi penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD31) seperti Polio, Hepatitis B, Pertusis, Difteri, Haemophilus Influenza Tipe B, Campak dan Tetanus.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Di awal 2022 ini kasus Difteri juga sangat meningkat di Tulungagung,” jelasnya.

Sehingga perlu dilakukan imunisasi di BIAN yang akan dilakukan kick off pada (3/8/2022) mendatang. Pihaknya menarget 3 minggu setelah kick off tersebut imunisasi pada anak akan selesai. Kemudian di minggu ke-4 Agustus tinggal mencari sasaran anak yang belum terimunisasi.

“Semoga sesuai target, dan di awal September fokus kami sudah berbeda,” ujarnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Menurut Kasil, pada Agustus mendatang pihaknya bakal melakukan vaksinasi MR atau Measles (campak) and Rubella secara serentak, untuk anak usia 9 hingga 24 bulan tanpa melihat status vaksinasi MR anak sebelumnya.

“Maksudnya, pada Agustus nanti semua anak usia 9 hingga 24 bulan bakal kami suntik vaksin MR. Meski anak tersebut sudah mendapatkan MR akan kami suntik kembali,” katanya.

Disinggung mengenai data, pria ramah ini mengatakan data sasaran BIAN yaitu sebanyak 62.965 anak.

Pihaknya berharap BIAN bisa berjalan dengan optimal dan cepat dengan dukungan berbagai pihak dalam memberikan bantuan pelayanan seperti tempat pelaksanaan, sosialisasi pelaksanaan, dan melaporkan apabila terjadi kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI).

750 x 100 AD PLACEMENT

Diharapkan nantinya semua pihak antusias mensukseskan progam ini “Jadi semua lintas sektor berperan disini, semoga nanti berjalan dengan sukses,” tandasnya. (agp/RyMr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !